Sponsors Link

Penyebab Jerawat di Kepala Bayi dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Memperhatikan kondisi kesehatan bayi merupakan salah satu bentuk peran dan tanggung jawab yang perlu dilakukan oleh orang tua baik itu ibu maupun ayah. Kondisi kesehatan dan keadaan tubuh bayi yang masih sangat rentan akan sangat bergantung dari bentuk perhatian dan perawatan yang dilakukan oleh orang tua tersebut agar bayi dapat tehindar dari berbagai macam bentuk penyakit dan permasalahan kesehatan yang dapat berbahaya bagi kondisi fisik bayi .

ads

Dalam prosesnya melakukan perawatan tersebut, orang tua perlu mengetaui berbagai macam bentuk kondisi yang dirasa normal atau tidak dari keadaan yang ditunjukan oleh bayi tersebut. Dengan memahami kondisi kondisi perkembangan dan perubahan fisik bayi tersebut maka orang tua dapat dengan segera melakukan upaya dan proses pengatasan atau berkonsultasi dengan dokter agar tidak terjadi kondisi yang lebih berbahaya. Salah satunya dengan memperhatikan macam macam bentuk kepala bayi.

Salah satu keadaan yang mungkin dapat terjadi pada bayi dan menjadi kondisi yang mungkin tidak terfikirkan oleh orang tua adalah munculnya jerawat di kepala bayi. Kondisi jerawat di kepala bayi pastinya akan dirasa cukup jangal dan tidak biasa karena semestinya jerawat terjadi saat usia usia yang lebih dewasa pada manusia akibat kebersihan yang kurang terjaga dengan baik. Berikut ini penjelasan mengenai penyebab jadanya jerawat pada kepala bayi dan penjelasan lainya dalam ulasan di bawah ini.

Jerawat pada bayi dapat muncul pada dua sampai empat minggu awal pasca kelahirannya. Kondisi jerawat tersebut lebih banyak muncul di bagian wajah dari bayi seperti di daerah pipi, hidung, dan dahi. Kondisi jerawat pada bayi ditandai dengan adanya bintik kemerahan atau putih pada wajah bayi yang sebenarnya hampir mirip dengan bentuk jerawat pada remaja namun tidak semua bintik kecil berwarna putih dan kemerahan pada bayi merupakan jerawat. Ada beberapa hal yang diduga dapat menjadi penyebab terjadinya jerawat pada bayi meskipun belum sepenuhnya benar seperti dijelaskan dibawah ini.

  • Hormon, penyebab terjadinya jerawat memang sangat berkaitan dengan hormon tapi pada bayi tentu bukan hormon yang dimilikinya melainkan hormon yang diterima oleh bayi dimasa akhir proses kehamilan mendekati persalinan yang diberikan oleh ibunya.
  • Produk perawatan bayi, efek samping dari produk perawatan bayi juga dapat menyebabkan munculnya kondisi jerawat  di kepala bayi maupun bagian tubuh lainnya. Produk perawatan yang berminyak akan menyebabkan pori pori di kepala menjadi terhalang sehingga memciu munculnya jerawat di daerah kepala.
  • Obat obatan, obat yang dikonsumsi oleh ibu menyusui seringkali juga beberapa dapat terserap dan masuk kedalam tubuh bayi meksipun hal ini secara legal sulit untuk terjadi. Obat yang dikonsumsi oleh dapat memicu kondisi terjadinya jerawat pada bayi terutama di awal awal tahun. Adanya penyebab kepala bayi sering berkeringat juga dapat memicu jerawat.

Itulah kondisi penyebab yang dapat menjadikan kulit kepala bayi muncul jerawat yang perlu diperhatikan dengan baik. Kondisi jerawat pada kulit kepala bayi memang secara umum akan dapat sembut dengan sendirinya meskipun dalam tempo waktu yang cukup lama. Ada beberapa usaha dan upaya yang dapat dilakukan untuk membantu mempercepat penyembuhan kondisi jerawat pada kulit kepala bayi dan menghindari kesalahan pengobatan dalam ulasan di bawah ini.

  1.  Mencukur rambut bayi

Langkah pertama yang dapat dilakukan dalam mengatasi kondisi jerawat yang terjadi pada kepala bayi adalah dengan mencukur rambut dari bayi tersebut. Mencukur rambut dapat membantu mempermudah akses untuk mengobati kondisi jerawat tanpa terganggu dengan adanya rambut pada kepala bayi. Mencukur rambut bayi juga dapat membersihkan sisa kotoran bekas persalinan maupun kotoran dari produk perawatan bayi yang menimbulkan jerawat. Mencukur rambut bayi juga dapat mengetahui apakah bayi memiliki bentuk kepala bayi peyang atau normal.

  1. Menjaga kebersihan kepala bayi

Kondisi selanjutnya yang juga menjadi salah satu cara mengatasi jerawat di kepala bayi adalah dengan menjaga kebersihan bayi secara menyeluruh terutama pada bagian kepala. Dengan menjaga kebersihannya maka kondisi kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat dapat dihindari sehingga jerawat yang telah muncul akan lebih mudah diatasi. 

  1. Tidak menggunakan produk perawatan bayi 

Jika kondisi jerawat terjadi atau muncul setelah menggunakan produk perawatan bayi tertentu maka langkah yang harus diambila adalah dengan tidak lagi menggunakan produk tersebut dan mengantinya dengan produk lain yang lebih memiliki kualitas baik namun efek samping yang sangat minim. Penggunaan lotion pada rambut juga harus dihindari karena dapat menyebabkan terhambatnya pori pori dikepala yang merupakan salah satu penyebab jerawat. 

  1. Berkonsultasi dengan dokter

Langkah selanjutnya perlu diambil yakni dengan berkonsultasi bersama dokter ketika memang kondisi jerawat yang ada pada bayi berlangsung sangat lama dan tidak kunjung sembuh lebih dari 4 – 5 bulan dimana pada waktu itu jerawat pada bayi secara alami akan hilang serta ketika kondisi kulit kepala mengelupas dan berdarah. Dokter mungkin akan memberikan resep obat topikal atau obat oles luar yang digunakan untuk membantu mengatasi jerawat.

  1.  Memperhatikan hal tertentu

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan jerawat pada bayi bisa sembuh maupun memperparah keadaan jerawat yang muncul pada bayi. Menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan jerawat pada kepala bayi semkin para maka perlu diperhatikan beberapa hal seperti tidak menggunakan obat jerawat secara sembarangan, selalu membersihkan area jerawat, mengkonsumsi makanan pencegah dan pengatasan kondisi jerawat, dan lain sebagainya. Adanya jerawat akan menjadikan bayi merasa gatal dan memicu kondisi bayi geleng geleng kepala saat tidur.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab jerawat dikepala bayi yang perlu diperhatikan. Kondisi jerawat di kepala anak anak atau bayi sering kali tidak terdeteksi secara awal. Kebersihan masih menjadi suatu kondisi yang perlu untuk diperhatikan dan diusahakan agar tidak terjadi permasalahan kesehatan yang lebih besar lagi.

, ,



Oleh :
Kategori : Kesehatan