Sponsors Link

Penyebab Kepala Bagian Belakang Seperti Ditusuk Jarum Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Setiap orang pasti pernah mengalami permasalah pada daerah kepala yang umum seperti sakit kepala atau nyeri di daerah kepala. Kondisi sakit kepala yang umum merupakan gejala dari suatu penyebab utama yang dapat berdampak ringan maupun berat. Kondisi sakit kepala baik ringan maupun apalagi berat tentu dapat menjadi suatu kondisi yang sangat menganggu bahkan beberapa orang tidak dapat menjalani aktivitas secara normal karena konsentrasi yang terganggu dan rasa nyeri yang ada.

ads

Selain menganggu dan menyebabkan aktivitas menjadi tidak normal pada seseorang yang mengalami sakit kepala, kondisi tersebut harus menjadi perhatian mengingat bagian bagian kepala terdiri dair beberapa organ penting yang fungsinya sangat utama bagi kelangsungan hidup manusia. Beberapa organ penting tersebut seperti mata sebagai indera penglihatan, hidung sebagai indera penciuman, telingga sebagai indera pendengaran, dan terutama otak sebagai pusat sistem syaraf serta beberapa organ lainnya.

Salah satu kondisi sakit di daerah kepala yang mungkin dapat terjadi adalah kondisi kepala bagian belakang seperti ditusuk jarum. Kondisi kepala belakang yang bermasalah tersebut harus mendapatkan perhatian lebih bagi penderitanya karena bisa jadi merupkan tanda adanya keadaan berbahaya. Berikut ini beberapa penjelasan menganai kondisi sakit kepala belakang seperti ditusuk jarum mengenai penjelasan dari penyebab kondisi tersebut yang perlu diperhatikan dengan baik di bawah ini.

  1. Sakit kepala tegang

Kondisi sakit kepala belakang yang nyeri hingga seperti ditusuk jarum sebenarnya tidak menunjukan secara spesifik suatu pertanda adanya kondisi berbahaya tertentu pada daerah kepala dengan berbagai jenis sakit kepala yang berbeda. Penyebab pertama yang dapat menjadikan kepala bagian belakang seperti ditusuk jarum adalah karena sakit kepala tegang. Sakit kepala tegang tersebut dapat muncul karena kondisi kepala belakang dan leher yang terlalu kecapaian. Untuk mengatasi kondisi ini dapat dibantu dengan memberikan pijatan ringan di daerah tersebut, memberikan kompress air hangat, hingga mengkonsumsi obat sakit kepala yang dapat secara bebas di beli di toko obat maupun apotek seperti paracetamol.

  1. Sakit kepala migrain

Migrain merupakan kondisi nyeri di bagian kepala tertentu saja dan terjadi terus menerus yang berdenyut sehingga pada kepala bagian belakang akan terasa seperti mengalami tusukan jarum. Kondisi sakit kepala migrain bisanya dapat kambuh dan terjadi dengan aura atau tanpa aura yang merupakan ciri khas penderita migrain. Kondisi sakit kepala migrain dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti perubahan hormonal, pengaruh gen atau keturunan, konsumsi msg berlebihan sejak kecil, adanya perubahan zat kimia di dalam tubuh, stres dan lain sebagainya. Untuk mengatasi kondisi sakit kepala migrain maka dapat dilakukan dengan beristirahat dan mengkonsumsi obat khusus penderita migrain yang seharusnya sudah pernah diberikan oleh dokter yang menangani.

  1. Sakit kepala cluster

Kondisi lain yang juga dapat menjadi penyebab kepala bagian belakang seperti ditusuk jarum adalah karena sakit kepala cluster. Sakit kepala cluster merupakan kondisi sakit kepala yang terjadi berulang ulang dengan pola tertentu sehingga dapat menimbulkan kondisi kepala bagian belakang seperti ditusuk jarum. Sakit kepala cluster lebih banyak disebabkan oleh kondisi gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi minuman alkohol terlalu berlebihan, kurang istirahat, dan juga karena pengaruh gen atau keturunan. Mengatasi kondisi sakit kepala cluster sangat dianurkan untuk membawanya ke dokter agar mendapatkan cara pengatasan yang baik dan benar.

  1. Infeksi selaput otak

Selain kondisi sakit kepala, munculnya rasa nyeri di bagian kepala belakang hingga terasa seperti ditusuk jarum juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi selaput otak maupun infeksi otak. Kondisi infeksi pada daerah otak tentu perlu diperhatikan dengan benar dan harus segera terdiagnosis dengan cepat sehingga tidak menimbulkan dampak lebih buruk pada salah satu bagian tubuh penting manusia tersebut. Untuk mencegah adanya kondisi kondisi yang berbahaya maka sebaiknya ketika merasakan sakita kepala seperti tertusuk jaruh maka melakukan konsultasi dengan dokter merupakan pilihan yang tepat.

  1. Penyebab lainnya

Selain beberapa kondisi yang disebutkan diatas, ada beberapa keadaan lain yang juga dapat memicu terjadinya sakit kepala belakang seperti ditusuk jarum diantaranya seperti kurang tidur, dehindrasi atau tubuh yang kekurangan cairan, kurang gula darah, terlalu banyak konsumsi alkohol, kafein, msg, anemia, dan kemungkinan terjadinya keracunan gas CO, kurang istirahat, terlalu banyak digunakan untuk fokus atau berfikir, dan beberapa kondisi lainnya.

Itulah beberapa penyebab kepala bagian belakang seperti ditusuk jarum yang perlu dipahami dengan dan harus segera diketahui penyebabnya agar proses mengatasinya berlangsung dengan benar. Kepala menjadi bagian yang sangat penting bagi tubuh sehingga harus diperhatikan dengan baik agar tidak timbul kondisi cedera pada kepala yang buruk ataupun permasalahan lainnya. Adanya gangguan di daerah kepala lebih sering menyebabkan aktivitas seseorang menjadi terganggu.

 

 

, , ,