Sponsors Link

Penyebab serta Cara Mengatasi Kepala Bayi Panas, Tangan dan Kaki Dingin

Sponsors Link

Bayi menurut definisi yang diberikan oleh wikipedia adalah anak dari manusia yang memiliki usia di bawah 12 bulan. Dengan usianya yang masih sangat muda tersebut menjadikan bayi sangat membutuhkan bantuan dan perhatian dari orang tuanya karena belum mampunya bayi untuk hidup secara mandiri. Usia usia bayi merupakan usia dimana tubuhnya masih sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit dan ancaman fisik lain di sekitar lingkungannya yang dapat menganggu perkembangan bayi.

ads

Setiap orang tua tentunya tidak menginginkan adanya permasalahan pada tumbuh kembang dan kesehatan bayi. Orang tua terutama ibu memiliki tanggung jawab yang besar dalam memastikan bayi selalu memiliki keadaan yang sehat dengan melakukan beberapa cara dan usaha seperti merawat bayi dengan baik sejak awal lahir, memastikan terpenuhinya kebutuhan nutrisi untuk perkembangan bayi, kontrol rutin dengan dokter, imunisasi, menjaga kebersihan bayi, dan mengajarkan beberapa hal pada bayi yang berguna untuk kehidupannya.

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa bayi sangat rentan terhadap berbagai macam bentuk permasalahan yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap ibu hamil. Salah satu bentuk permasalahan yang perlu dipahami penyebabnya oleh ibu  adalah kondisi dimana muncul keadaan kepala bayi panas tangan dan kaki dingin yang ditunjukan dengan bayi sering memegang kepala. Berikut penjelasan mengenai beberapa penyebab kepala bayi panas dan tangan maupun kakinya dingin serta beberapa cara untuk mengatasinya dalam penjelasan di bawah ini.

Penjelasan pertama dari artikel ini akan membahas mengenai penyebab dari munculnya kondisi kepala bayi panas tangan dan kaki dingin. Dengan mengetahui penyebabnya maka orang tua terutama ibu dapat mencegah kondisi tersebut tidak menjadikan bayi mengalami keadaan kepala yang panas dengan kaki dan tangan dingin. Berikut penyebab kepala bayi yang panas namun kaki dan tangannya dingin :

  1. Infeksi

Penyebab bayi mengalami kondisi demam tapi kaki dan tangannya dingin lebih utama dikarenakan adanya kondisi infeksi yang terjadi pada bayi yang merupakan salah satu penyakit paling sering terjadi pada bayi. Infeksi yang paling sering terjadi pada bayi diantaranya :

  • Flu atau pilek, penyakit flu dan pilek merupakan kondisi gejala yang disebabkan oleh infeksi virus di dalam saluran pernafasan bayi. Pilek atau flu termasuk penyakit yang paling umum muncul ketika anak memiliki kondisi daya tahan tubuh yang lemah atau karena udara dingin sehingga mengaktivasi proses infeksi virus flu di dalam tubuh. Flu dapat sembuh dengan sendirinya maupun menggunakan obat yang akan mengurangi gejala flu pada bayi. Flu yang berkepanjangan harus mendapatkan tindakan medis yang tepat. Flu juga merupakan salah satu penyebab sakit kepala pada bayi.
  • Infeksi saluran pencernaan, jenis infeksi yang paling umum terjadi pada bayi selanjutnya adalah  infeksi saluran pencernaan yang akan menyebabkan bayi mengalami diare maupun gejala lainnya. Infeksi pencernaan pada bayi dapat menjadi penyakit yang sering dialami karena kondisi bayi yang belum dapat menjaga kebersihannya dan sering secara sembarangan memasukun barang kotor ke mulutnya.
  • Infeksi lainnya, selain flu dan infeksi saluran pencernaan, beberapa kondisi penyakit infeksi lainnya yang juga dapat sering dialami oleh bayi diantaranya seperti infeksi telinga akibat penumpukan cairan serta infeksi saluran pernafasan atas. Kondisi infeksi pada bayi seringkali menjadikan ubun ubun terasa panas.
  1. Trauma fisik

Penyebab lainnya yang dapat menjadikan bayi mengalami kondisi kepala panas dan tangan maupun kakinya dingin adalah karena munculnya trauma kepala secara fisik seperti bayi yang terjatuh dan menyebabkan kepalanya terbentur sehingga akan menimbulkan kondisi panas hanya pada bagian kepala saja namun bagian lainnya tidak.

  1. Sirkulasi darah yang kurang baik

Jika demam atau sakit kepala yang panas pada bayi muncul sebagai salah satu gejala adanya infeksi di dalam tubuhnya atau juga dapat disebabkan oleh trauma fisik maka kondisi kaki dan tangan yang dingin adanya sirkulasi darah yang kurang baik ke pembuluh darah perifer yang terdapat pada kaki dan tangan. Kondisi sirkulasi darah yang kurang baik dan terhambat tersebut dapat disebabkan adanya kondisi kekurangan darah pada ibu bayi atau lebih disebut sebagai dehidrasi. 

Itulah penyebab kepala bayi panas tangan dan kaki dingin yang perlu diperhatikan oleh setiap orang tua. Dengan memahami penyebab tersebut maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Berikut cara mengatasi kepala bayi yang panas namun kaki dan tangannya dingin diantaranya seperti :

  1. Mengatasi penyebabnya, mengobati infeksi dapat membantu mengatai kondisi kepala panas dan kaki maupun tangan yang dingin. Infeksi dapat diatasi dengan meningkatkan daya tahan tubuh bayi maupun menggunakan obat anti bakteri dan anti virus tergantung jenis infeksinya.
  2. Mengobati gejala panas dan demam, selain mengatasi penyebab dari munculnya panas pada bayi, ibu juga perlu mengatai gejala tersebut dengan mengkompres kepala bayi menggunakan air dingin maupun air hangat, serta menggunakan obat obatan yang memang aman dikonsumsi untuk bayi sesuai usianya.
  3. Menjaga asupan makanan dan cairan pada bayi, ibu juga perlu memastikan bayi mendapatkan asupan makanan maupun minuman yang cukup agar kondisi kesehatannya selalu terjaga dan tidak mengalami kekurangan cairan. 
  4. Berkonsultasi dengan dokter, jika ibu sangat khawatir dengan kondisi bayi maka langkah yang harus dilakukan untuk memberikan ketenangan lebih adalah membawa bayi untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan diagnosis yang tepat dan cepat serta tindakan medis untuk mengatasinya secara benar. 

Beberapa cara yang disebutkan diatas harus dilakukan oleh setiap orang tua dengan cepat dan tepat serta tidak menyepelekan berbagai gejala kesehatan yang terganggu pada bayi mengingat resikonya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan orang dewasa.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan