Sponsors Link

Penyebab Kepala Berat, Kaki Dingin dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Diantara beberapa bagian tubuh lainnya dan tanpa mengesampingkan peran maupun fungsi yang ada, kepala menjadi salah satu bagian yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Adanya bagian bagian kepala yang memiliki fungsi vital menjadikannnya perlu untuk selalu dijaga kesehatannya dan dihindarikan dari berbagai macam bentuk permaslaahan kesehatan pada kepala yang dapat terjadi dengan dampak yang tentunya cukup berat tergantung dari jenis sakit kepala yang dialami.

ads

Dalam perkembangannya, ada berbagai macam bentuk jenis sakit kepala yang dapat terjadi dan memberikan dampak buruk pada kepala terutama yang paling berbahaya ketika sudah memberikan pengaruh atau efek negatif pada bagian otak dan fungsinya yang akan terganggu. Untuk dapat menjaga kondisi kepala dari berbagai macam permasalahan kesehatan maka salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik adalah beberapa penyebab dari kondisi kondisi yang memang mengarah sebagai keadaan gangguan kesehatan pada kepala.

Dalam pembahasan kali ini, drsakitkepala.com akan mengulas mengenai salah satu kondisi gangguan yang dapat terjadi pada kepala yakni keadaan dimana kepala berat kaki dingin. Kondisi kepala yang berat dan kaki yang dingin tersebut tentu harus diperhatikan sebagai keadaan yang bukan hanya sekedar sakit kepala biasa mengingat kemungkinan adanya kondisi berbahaya dibalik keadaan tersebut. Berikut ulasan mengenai penyebab kepala berat dan kaki dingin yang perlu diperhatikan dan beberapa cara untuk mengatasinya dalam pembahasan di bawah ini.

  1. Anemia

Penyebab pertama yang dapat menjadikan seseorang mengalami gejala kaki yang dingin dan kepala sakit adalah karena kondisi anemia. Anemia secara definisi merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normalnya. Anemia dapat disebabkan oleh karena beberapa hal diantaranya seperti defisiensi zat besi atau kekurangan asupan zat besi dimana senyawa tersebut dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, kondisi kekurangan nutrisi dan vitamin dalam tubuh, serta akibat permasalahan pada tubuh lainnya atau karena penyakit kronis tertentu. Kaki dingin kepala sakit serta kepala berat dan badan lemas  merupakan salah satu gejala tubuh mengalami kondisi anemia

  1. Stres dan cemas

Keadaan lain yang juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya kondisi sakit kepala dengan keadaan kaki yang dingin dalah karena stres berat dan kecemasan yang berlebihan. Kondisi stres yang berat dan rasa cemas berlebihan memang kerap kali akan menyebabkan beban yang besar pada bagian kepala. Stres dan cemas dapat menyebabkan kaki menjadi tinggi akibat dari adrenalin yang banyak dipompa ke aliran darah. Adanya adenalin dalam aliran darah tersebut dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan akibatnya ada aliran darah yang akan terhambat terutama di bagian terluar atau terjauh tubuh seperti kaki.

  1.  Diabetes

Penyebab lainnya yang juga dapat menjadikan seseorang mengalami kondisi kaki yang dingin disertai dengan kepala berat adalah karena diabetes. Diabetes merupakan istilah medis untuk kondisi penyakit degeneratif di mana kadar gula darah yang dimiliki cukup tinggi melebihi batas normalnya. Seseorang yang mengalami diabetes dapat menyebabkan hambatan pembuluh darah perifer sehingga menjadikan kaki menjadi dingin akibat kurangnya pasokan oksigen yang biasanya juga dapat disertai dengan gejala kepala berat. Selain karena penyempitan pembuluh darah perifer, kaki yang dingin pada penderita diabetes juga disebabkan oleh karena kerusakan saraf.

  1. Hipotiroidisme

Penyebab lainnya yang juga dapat menjadikan seseorang kerap kali merasa kepala berat kaki dingin adalah karena adanya permasalahan pada tiroid atau lebih tepanya kekurangan tiroid yang secara medis disebut dengan hipotiroidisme. Hipotiroidisme dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terganggu sehingga aliran darah ke seluruh bagian tubuh juga dapat mengalami gangguan yang dapat memicu terjadinya kondisi kaki dingin maupun kepala berat.

Sponsors Link

  1. Penyakit arteri perifer

Penyakit lain yang juga dapat memicu kondisi kaki dingin adalah karena pembengkakan pada arteri perifer. Kondisi tersebut dapat diserati dengan keadaan kepala yang berat maupun tidak. Kondisi penyakit arteri perifer dapat menyebabkan aliran darah menjadi terhambat sehingga bagian kaki akan terasa dingin hingga timbul sakit juga. Gejala tersebut akan merambat hingga bagian betis.

  1. Beberapa penyakit lainnya

Selain beberapa kondisi yang disebutkan diatas, ada penyakit lain juga yang dapat menyebabkan kaki menjadi dingin namun tidak diikuti dengan kondisi kepala berat. Keadaan kepala berat tersebut mungkin karena pengaruh lain yang tidak ada kaitannya dengan kaki dingin. Beberapa penyakit yang dimaksud diantaranya seperti ateroskelrosis atau penyempitan pembuluh darah arteri, neuropati atau kerusakan saraf, hingga kondisi sindrom rynaud atau keadaan dimana ada permasalahan pada aliran darah di dalam tubuh yang menuju ke kaki dan tangan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab yang menjadikan tubuh mengalami kondisi kepala berat kaki dingin. Dalam penjelasan diatas, ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan sebagai salah satu keadaan penyakit yang perlu mendapatkan tindakan medis yang tepat agat tidak menyebabkan bahaya bagi tubuh. Untuk dapat mengatasi kondisi kepala yang berat dan kaki dingin maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan tubuh waktu istirahat yang lebih banyak dan mencoba untuk menghangatkan bagian kaki yang dingin.

Istirahat akan membantu untuk mengatasi kondisi kepala terasa berat dan leher kaku. Jika dengan istirahat yang cukup kepala masih belum dapat diatasi dan tetap saja berat, bagian kakipun juga masih dingin maka langkah yang harus diambil adalah berkonsultasi dengan dokter secara langsung. Melalui konsultasi tersebut maka akan memperoleh diagnosis yang tepat sehingga cara pengatasan atau tindakan medisnya juga tepat.

, ,