Sponsors Link

8 Penyebab Kepala Berdenyut Seperti Jantung dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sebagai salah satu bagian tubuh yang vital dan penting perannya, kepala harus mendapatkan perhatian yang lebih agar tidak mengalami berbagai bentuk gangguan yang berarti sehingga menjadikan fungsi dari bagian bagian kepala terganggu. Gangguan fungsi pada bagian bagian kepala tersebut tentu dapat menyebabkan aktivitas seseorang menjadi terhambat seperti contohnya sakit kepala atau pusing yang merupakan kondisi paling ringan, dapat menyebabkan gangguan konsentrasi, gangguan berfikir, gangguan beraktifitas bagi yang mengalaminya.

ads

Gangguan pada kepala dapat memberikan dampak yang berbeda tergantung dari bagian mana yang mengalami masalah. Demi menghindari berbagai macam dampak berbahaya pada bagian vital di kepala seperti indera indera tubuh (mata, hidung, telinga, dan lidah) maupun otak yang merupakan lusat dari sistem saraf dab kendali tubuh, maka harus ada upaya untuk selalu menjaga dan memperhatikan bagian bagian kepala.

Salah satu bentuk aktivitas yang termasuk dalam bagian untuk menjaga kepala agar tidak mengalami kondisi permasalahan tertentu adalah memahami setiap bentuk perubahan yang terjadi pada kepala dengan detail. Untuk membantu memberikan pemahaman tersebut, drsakitkepala.com akan memberikan salah satu ulasan yang berkaitan dengan masalah pada kepala yakni kondisi kepala berdenyut seperti jantung yang penyebab, akibat, gejala, dan cara pengatasannya dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

Hal pertama yang akan dibahas dalam kaitannya dengan kondisi kepala berdenyut dengan irama yang menyerupai denyut dari jantung tersebut adalah mengenai penyebab dari munculnya keadaan tersebut. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat menjadikan kepala berdenyut seperti jantung diantaranya seperti :

  1. Stres akut

Kondisi stres memang menjadi salah satu penyebab umum yang akan menjadikan kepala mengalami sakit kepala. Keadaan stres akut menjadi pemicu pertama yang akan menjadikan kepala tidak hanya mengalami kondisi sakit atau nyeri saja namun karena kondisi stres yang parah tersebut dapat menyebabkan kepala berdenyut seperti jantung.

  1. Hipoglikemia

Kondisi lainnya yang juga dapat menjadi memicu adalah karena keadaan gula darah yang kurang di dalam tubuh. Kondisi gula darah yang kurang tersebut disebut sebagai hipoglikemia. Gejala lain yang menunjukan tubuh kekurangan gula darah adalah kondisi lemah dan letih serta keadaan tubuh yang merasakan seperti mau pingsan.

  1. Tekanan darah tinggi

Penyebab selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah karena tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi memang banyak kaitannya dengan peredaran darah yang masuk ke kepala sehingga salah satu gejala dari adanya peningkatan tekanan darah tersebut adalah rasa sakit kepala yang kuat tegantung dari keparahan kondisi hipertensi.

  1. Konsumsi kafein berlebihan

Penyebab lainnya yang juga dapat memicu adalah karena konsumsi kafein yang terlalu berlebihan. Konsumsi kafein memang dapat memberikan efek samping denyut jantung yang tinggi serta mampu menyebabkan terjadinya sakit kepala.

  1. Anemia

Anemia menurut wikipedia merupakan keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Kondisi anemia tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal yang paling sering karena zat besi yang kurang. Anemia merupakan salah satu jenis sakit kepala yang dapat menyebabkan terjadinya kondisi sakit kepala yang seperti denyut jantung.

  1. Sakit kepala tegang

Hal lainnya yang juga dapat menjadi penyebab terjadinya keadaan seperti denyut jantung di kepala adalah karena sakit kepala tegang. Sakit kepala tegang menjadi salah satu jenis sakit kepala yang memang banyak dialami. Kondisi sakit kepala tegang akan diawali dengan kondisi nyeri serta tekanan yang cukup kuat pada bagian kepala terutama di daerah belakang maupun samping disertai dengan gejala kepala terasa berat dan leher kaku.

  1. Kepanikan dan kecemasan

Kepanikan dan kecemasan merupakan salah satu hal yang memang dapat terjadi ketika permasalahan yang sedang dihadapi tidak dapat diselesaikan dengan baik. Kepanikan dan kecemasan tersebut menjadi salah satu masalah psikologis yang dapat menyebabkan munculnya keadaan kondisi kepala seperti berdenyut mirip jantung.

Sponsors Link

  1. Migrain

Jenis sakit kepala lainnya yang juga dapat menyebabkan terjadinya kondisi kepala berdenyut seperti yang terjadi pada jantung adalah karena migrain. Migrain merupakan sakit kepala intens yang menyebabkan kepala seperti berdenyut dan terjadi pada salah satu sisi kepala saja. Migrain akan terjadi beberapa waktu ketika kambuh dan menyebabkan rasa nyeri seperti terhantam benda keras atau kondisi sakit kepala berdenyut hebat.

Itulah beberapa penyebab kondisi kepala berdenyut seperti jantung yang perlu diperhatikan dengan baik dan dapat dihindari agar keadaan berdenyut pada kepala tidak terjadi. Dengan memperhatikan dan mengetahui penyebab dari munculnya kondisi kepala yang sakit dan berdenyut seperti jantung maka dapat menentukan cara mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersbeut diantaranya melalui langkah berikut.

  • Mengelola stres, stres dan permasalahan psikologis seperti kepanikan dan kecemasan menjadi salah satu penyebab terjadinya kondisi kepala yang berdenyut tersebut sehingga cara awal yang dilakukan adalah dengan mengelola dengan baik stres tersebut. Stres dapat dikelola dengan cara istirahat atau melakukan aktivitas relaksasi dan berkonsultasi dengan orang lain.
  • Memperbaiki nutrisi dan hidrasi tubuh, dengan memperbaiki nutrisi melalui konsumsi makanan sehat dan meminum lebih banyak air putih untuk mengembalikan hidrasi tubuh maka akan membantu tubuh dalam mengembalikan kondisinya secara alami termasuk dalam mengatasi kondisi sakit kepala yang berdenyut seperti jantung tersebut.
  • Mengatasi penyakit penyebab, beberapa penyakit yang disebutkan diatas juga menjadi penyebab terjadinya kondisi sakit kepala seperti dalam pembahasan artikel ini. Sehingga untuk dapat menyembuhkannya maka perlu dilakukan upaya untuk mengatasi anemia, migrain, hiplogikemia, dan lainnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dari munculnya kondisi kepala berdenyut seperti jantung dan cara atau langkah yang dapat dilakukan dalam mengatasi serta menyembuhkannya.

, , ,