Sponsors Link

Bahaya Dan Penyebab Kepala Bergetar Yang Patut Diwaspadai

Sponsors Link

Kepala merupakan bagian penting yang terdapat pada tubuh manusia karen perannya yang melindungi organ organ penting seperti otak sebagai pusat sistem syaraf, mata sebagai indera penglihatan, hidung sebagai indera penciuman, telinga sebagai indera pendengaran, lidah sebagai indera perasa, mulut sebagai awal mulai masuknya nutrisi bagi kehidupan manusia, dan berbagai orang penting lainnya. Bagian bagian kepala terdiri dari beberapa susunan tulang seperti tulang rahang, tulang dahi, tulang pelipis, dan terutama adalah tulang tengkorak.

ads

Susunan tulang pada kepala memiliki daya regenerasi yang lebih cepat dibandingkan dengan tulang pada bagian tubuh lain agar ketika mengalami trauma fisik dan cedera dapat segera sembuh serta kembali seperti semula. Namun dalam perjalanan hidup, setiap manusia pastinya pernah mengalami masalah masalah kesehatan pada kepala baik yang sifatnya hanya berupa gejala penyakit seperti sakit kepala atau pusing, vertigo, migrain maupun kondisi serius yang langsung berpengaruh pada bagian bagian kepala.

Salah satu kondisi masalah pada kepala yang dapat terjadi dan mungkin belum banyak yang memahaminya yakni keadaan dimana kepala bergetar. Kepala bergetar yang merupakan pengertian umum kondisi medis yang disebut sebagai tremor pada daerah kepala. Kondisi kepala bergetar tersebut ditandai dengan keadaan dimana bagian kepala seolah olah mengalami gerakan berulang tanpa tujuan dan termasuk ke dalam jenis sakit kepala yang perlu diwaspadai. Kondisi kepala yang bergetar biasanya akan disertai dengan beberapa keadaan sakit kepala ataupun kondisi leher yang berat. Untuk lebih memahami keadaan kepala yang bergetar tersebut maka perhatikan beberapa penjelasan di bawah ini.

Bahaya Kondisi Kepala Yang Bergetar

Keadaan kepala yang bergetar atau tremor pada bagian kepala merupakan kondisi yang tidak umum terjadi pada tubuh manusia. Kondisi kepala bergetar yang terjadi cukup lama tanpa adanya indikasi penyebab apapun merupakan keadaan yang perlu diperhatikan dan segera membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Kepala yang bergetar secara lama dan terjadi dalam kondisi yang cukup parah maka sebagian besar pastinya disebabkan oleh keadaan yang berbahaya atau penyakit berat.

Penyebab Kepala Bergetar

Seperti yang dijelaskan diatas, kepala yang bergetar dapat menjadi sebuah indikasi atau tanda adanya keadaan berbahaya yang perlu diperhatikan. Beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab kepala goyang sendiri atau  kepala yang bergetar tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Parkinson

Parkison merupakan penyakit degenerasi sel syaraf pada otak bagian tengah sebagai pengatur gerak tubuh yang terjadi secara bertahap. Penyakit parkinson sebenarnya tidak menandakan secara langsung bagian kepala yang bergetar namun tremor dapat terjadi pada seluruh tubuh terutama diawali pada salah satu tangan saat beristirahat. Penyakit parkinson dapat menyebabkan tubuh kehilangan keseimbangan dan tidak dapat bergerak secara normal. Penyakit tersebut lebih banyak menyerang orang tua terutama yang berjenis kelamin laki laki. Kondisi parkinson merupakan keadaan yang paling tidak diinginkan terjadi karena sejauh ini belum ada obat atau tindakan medis yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

  • Kelainan pada serebellum atau otak kecil

Penyebab terjadinya tremor pada kepala dan beberapa anggota tubuh lain selanjutnya adalah kemunkinan adanya kelainan pada serebellum atau otak kecil. Otak kecil merupakan bagian dari otak yang memiliki fungsi sebagai pusat keseimbangan, gerakan dan koordinasi tubuh manusia. Adanya permasalah atau gangguan pada otak kecil tentu menyebabkan terjadinya kondisi ketidak teraturan pada gerakan serta koordinasi tubuh. Gangguan tersebut dapat menyebabkan terjadinya tremor yang salah satunya pada daerah kepala. Beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan pada bagian otak kecil tersebut diantaranya faktor genetika atau keturunan, infeksi bakteri maupun virus, penyakit genetik dan degenerasi sel sel otak, serta adanya kanker.

  • Tumor

Kondisi lain yang juga dapat memicu terjadinya tremor atau kepala yang bergetar adalah karena adanya sel abnormal yang terbentuk pada otak. Sel sel abnormal tersebut jika masih dalam kondisi jinak disebut sebagai tumor. Tumor yang tumbuh terutama pada bagian pengatur gerak otak seperti otak kecil tentu menyebabkan gangguan pengaturan gerak serta keseimbangan pada tubuh yang memicu terjadinya tremor. Kondisi tumor yang berkembang dan tidak teratasi dapat berubah menjadi lebih ganas dan berbahaya yang disebut sebagai kenker.

  • Efek Obat

Penyebab sakit kepala bergetar lainnya yang juga dapat menjadikan kepala mengalami getaran lembut maupun getaran pada bagian tubuh lain adalah adanya efek samping dari obat yang dikonsumsi. Beberapa oabt memang dapat memberikan efek samping pada seseorang yang salah satunya adalah menyebabkan terjadinya tremor. Salah satu obat yang dapat menyebabkan kondisi tersebut adalah metoclopramid yang bertindak sebagai obat anti mual dan muntah.

Itulah beberapa hal yang dapat menjelaskan mengenai kondisi kepala yang bergerta serta penyebab dan bahayannya. Karena kondisi kepala yang bergetar bukan merupakan keadaan yang normal dan dapat menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya maka para penderitanya harus segera mendapatkan pemeriksaan yang lebih dalam secara medis untuk mengetahui penyebab dan tindakan medis yang akan dilakukan.

, , , , ,