Sponsors Link

Kepala Berputar Saat Hamil

Sponsors Link

Selama masa kehamilan tentu wanita akan mengalami berbagai macam perubahan yang terjadi baik dalam fisik maupun kondisi mentalnya. Perubahan yang terjadi selama kehamilan tersebut menjadi suatu hal yang umum terjadi dan harus dihadapi oleh semua wanita hamil. Kondisi perubahan fisik pada kehamilan dapat disebabkan oleh berbagai macam hal mulai dari akibat adanya aktivitas janin di dalam rahim atau kandungan wanita hamil sertai kondisi perubahan hormonal yang meningkat cukup drastis terutama pada awal awal proses kehamilan.

ads

Setiap wanita hamil dituntut untuk dapat kuat dalam menghadapi perubahan yang terjadi selama kehamilan tersebut sebagai bentuk tanggung jawabnya pada janin di dalam rahim. Beberapa perubahan fisik yang terjadi pada kehamilan diantaranya seperti munculnya permasalahan pencernaan yakni sembelit dan sering buang air kecil, pendarahan, morning sickness atau mual dan muntah, beban perut yang membesar, kondisi perubahan mood, sensitif terhadap bau, serta keadaan dimana tubuh wanita akan mudah mengalami kelelahan serta kondisi lainnya.

Selain perubahan perubahan yang umum dan normal sebagai pertanda bahwa kondisi kehamilannya berkembang dengan baik dan berjalan secara normal sesuai usia kehamilan, setiap wanita hamil juga harus mengetahui dan merasakan apakah semua kondisi perubahan tersebut merupakan keadaan yang normal atau menjadi pertanda adanya gangguan kehamilan. Dalam artikel ini, drsakitkepala.com akan mengulas mengenai salah satu kondisi yang mungkin dirasakan oleh wanita hamil yakni kepala berputar saat hamil yang masih sering dipertanyakan apakah merupakan kondisi yang normal atau sebagai tanda berbahaya untuk kehamilan.

Penyebab Kepala Berputar Saat Hamil

Kondisi sakit kepala berputar pada ibu hamil merupakan keadaan yang sangat menganggu dan tentu cukup berbahaya. Keadaan pusing kepala yang berputar tersebut perlu diatasi dengan baik. Sebelum mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut maka penyebab dari keadaan pusing berputar harus diketahui terlebih dahulu. Berikut ini beberapa penyebab kepala yang berputar saat hamil diantaranya seperti :

  • Perubahan hormonal, kondisi pertama yang dapat menjadi salah satu penyebab permasalahan pada kepala adalah adanya perubahan hormonal yang terjadi selama proses kehamilan. Kondisi munculnya sakit kepala merupakan hal yang umum dan pasti dirasakan setiap wanita hamil. Kondisi pusing yang berputar dapat menjadi permasalah umum pada wanita hamil akibat perubahan hormonal yang juga didukung oleh keadaan tubuhnya yang mudah lelah. Perubahan hormonal sering kali menjadi salah satu penyebab sering sakit kepala dan mual.
  • Vertigo, kepala yang berputar saat hamil bisa jadi bukan merupakan gejala yang umum terjadi akibat adanya perubahan pada wanita dalam proses kehamilannya. Kondisi kepala yang berputar tersebut lebih dapat diprediksi sebagai salah satu keadaan sakit kepala yang disebut sebagai vertigo. Vertigo yang terjadi pada wanita hamil tentu harus mendapatkan perhatian yang lebih tinggi dibandingkan vertigo yang terjadi pada orang yang tidak hamil. Kondisi kehamilan juga bukan menjadi penyebab vertigo dan lebih dikarenakan karena riwayat wanita hamil yang sudah memiliki kondisi vertigo sebelum hamil.

Cara Mengatasi Kepala Berputar Saat Hamil

Melihat dari penyebab yang ada, kondisi kepala berputar pada wanita hamil dapat disebabkan oleh kondisi perubahan hormonal selama proses kehamilan dan yang mungin lebih tepat adalah karena vertigo yang diidap oleh wanita hamil tersebut jauh sebelum mengalami proses kehamilan. Kondisi kepala yang berputar atau sakit kepala saat hamil tentu harus diatasi dengan benar agar tidak membahayakan kehamilan. Berikut ini beberapa cara mengatasi kepala yang berputar bagi wanita hamil :

  • Mengurangi sensasi berputar, hal pertama yang dapat dilakukan oleh wanita hamil ketika mengalami kondisi kepala yang berputar tersebut adalah dengan mencoba untuk mengurangi sensasi berputar yang ada tersebut. Untuk mengurangi sensasi berputar maka wanita hamil dapat mencoba untuk memejamkan mata beberapa saat dalam posisi istirahat yang baik yakni dengan duduk ataupun berbaring.
  • Mengurangi aktivitas pada kepala, untuk mengatasi kondisi kepala yang berputar maka wanita hamil juga perlu mengurangi aktivitas pada kepalanya dengan merebahkan kepala dalam posisi berbaring yang benar.
  • Mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter, ketika keadaan pusing berputar yang terjadi pada wanita hamil tidak kunjung membaik maka melakukan konsultasi dengna dokter untuk mendapatkan tindakan medis atau obat yang tepat harus dilakukan. Dalam mengkonsumsi obat maka wanita hamil tidak boleh sembarangan dikarenakan beberapa obat obatan dapat menimbulkan efek pada janin secara langsung.
  • Mencegah serangan kepala berputar, selain melakukan usaha untuk mengatasinya secara langsung, wanita hamil juga perlu menjaga pola makan, beristirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan sehat untuk mencegah terjadinya serangan vertigo atau kepala yang berputar tersebut terjadi kembali. Lakukan beberapa cara mengatasi kepala pusing seperti berputar lainnya.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi tambahan wawasan bagi ibu hamil ketika mengalami keadaan kepala berputar saat hamil. Kondisi kepala yang berputar saat hamil tersebut perlu dipahami penyebabnya untuk dapat mengatasinya dengan benar. Ketika kondisi sakit kepala berputar tersebut semakin parah maka sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter merupakan langkah yang tepat untuk menghindari dampak pada kesehatan ibu maupun kondisi janin di dalam kandungannya.

, , , ,