Penyebab Kepala Kesemutan Sebelah Kiri Atas dan Cara Mengatasinya

Kesemutan memang biasa dialami oleh semua orang. Biasanya kesemutan terjadi ketika terlalu lama duduk dengan posisi melipat kaki. Lalu saat bergerak ada sensasi berat dan tidak nyaman pada kaki itu. Hal ini juga bisa dialami pada bagian tangan. Namun biasanya kesemutan pada kaki dan tangan bisa hilang sendiri dalam waktu yang singkat.

Tapi terkadang kesemutan bisa terjadi pada kepala. Gejala ini paling sering bersama dengan datangnya sakit kepala. Sakit kepala yang terlalu sering bisa membuat kepala menjadi tidak nyaman dan terasa aneh. Hal ini juga bisa disertai pada bagian kepala tertentu seperti pada bagian kepala kiri atas saja. Berikut ini adalah penyebab kepala kesemutan sebelah kiri atas dan cara mengatasi.

• efek dari migrain

Salah satu bahaya migrain berkepanjangan adalah rasa yang tidak nyaman pada kepala. Salah satunya adalah muncul sensasi kesemutan yang bisa menjadi tidak nyaman sampai membuat sakit kepala. Anehnya hal ini bisa terjadi pada salah satu sisi kepala misalnya kepala sebelah kiri saja. Hal ini juga bisa merambat sampai ke salah satu sisi wajah, bibir, lidah, telinga dan bagian kepala yang lain. Kondisi ini ternyata juga bisa dipicu oleh masalah yang lain seperti stres, kelelahan, gangguan hormon, kurang gizi dan masalah genetik.

• Efek dari Neuropati kranial

Bagian-bagian kepala terdiri dari banyak sistem syaraf. Bagian utama ini terdiri dari 12 saraf kranial yang semuanya memiliki fungsi dan respon sendiri. Orang yang menderita gangguan sistem syaraf seperti neuropati kranial sebenarnya bisa merasakan gejala kesemutan mulai dari kepala kiri atas sampai menyebar ke sekitarnya. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi lain termasuk adanya infeksi virus berbahaya pada otak, penyakit hipertensi, adanya efek dari diabetes dan stroke. Jika tidak segera dirawat bisa menyebabkan mati rasa pada sisi kepala kiri.

• Efek dari Sinusitis

Sinusitis adalah kondisi penyakit yang menyerang pada rongga sinus. Bagian ini memproduksi lendir yang berlebihan sehingga menumpuk di dalamnya. Penyakit sering disertai dengan kondisi yang buruk seperti flu berkepanjangan, batuk, hidung berlendir berlebihan, sakit pada mata dan wajah, dahi dan hidung yang tidak nyaman. Bahkan jika sudah memburuk maka disertai dengan kesemutan pada kepala sisi kiri atas. Karena itu setelah merasakan flu lama maka ikuti cara mengobati sakit kepala akibat flu.

Orang yang pernah menderita sakit kepala akibat trauma kepala seharusnya mendapatkan perhatian yang lebih. Sakit kepala berdenyut hebat sering menjadi efek dari trauma kepala akibat jatuh atau kecelakaan. Karena itu efek dalam jangka panjang bisa membuat kepala sering kesemutan. Bagian yang terdampak biasanya pada kepala kiri atas sehingga bisa menyebabkan pandangan mata kabur, muntah, mual, dan kehilangan keseimbangan.

• Stres

Orang yang terkena stres bisa mengalami masalah pada kepala, selain hanya sakit kepala. Stres akan membuat otot di kepala dan sistem syaraf menjadi tegang sehingga menjadi kesemutan. Hal ini bisa terjadi dalam waktu yang singkat atau lebih lama. Stres bisa memicu masalah yang lebih parah karena kepala selalu merasa kesemutan. Stres harus mendapatkan perawatan jika sudah menyebabkan gangguan ini.

• Terjadi radang otak

Infeksi virus yang tidak diobati dengan tepat sering memicu masalah yang lebih parah seperti ensefalitis. Kondisi ini bisa juga terjadi karena infeksi seperti bakteri tubercolosis dan juga sifilis. Radang otak akan menyebabkan kesemutan termasuk pada kepala bagian kiri atas. Biasanya jika memang ini termasuk efek dari radang otak maka akan menyebabkan nafsu makan menurun, muntah, mual, sakit kepala, demam dan sakit pada bagian punggung dan leher. Ini gangguan yang cukup berbahaya sehingga perlu diatasi dengan intensif.

• Gejala stroke

Kesemutan pada kepala kiri atas kemudian menyebar ke beberapa bagian yang lain bisa jadi tanda dari stroke. Ini hal yang sangat merugikan karena kesemutan sering diabaikan. Penyakit ini terjadi ketika aliran darah ke otak terhambat atau terputus karena terjadi penyumbatan pembuluh darah. Aneurisma juga sering memicu kondisi ini sehingga beberapa bagian sel otak akan mengalami kematian.

• Efek penyakit multiple sclerosis

Penyakit multiple sclerosis sering diawali dengan gejala kesemutan pada kepala atas kemudian menyebar ke  bagian kepala yang lain. Hal ini bisa terjadi karena penyakit yang menyerang sistem imunitas ini akan menyebabkan gangguan pada otak dan sistem syaraf tulang belakang. Terkadang penyakit ini diawali dengan gejala ini namun terkadang juga tidak ada gejala sama sekali.

• Gejala tumor otak

Kesemutan pada sebelah kiri kepala seharusnya memang diwaspadai. Hal ini karena bisa menjadi tanda dari adanya tumor otak. Namun adanya kesemutan pada tumor otak tidak hanya satu-satunya gejala. Tumor otak juga sering disertai dengan beberapa gejala lain seperti mual, muntah, kejang-kejang, sakit kepala, tidak bisa berjalan dengan normal dan kehilangan keseimbangan.

Cara Mengatasinya

1. Tes kesehatan. Sebaiknya penderita kesemutan melakukan pemeriksaan ke dokter. Dalam hal ini dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Kemudian pemeriksaan yang lain dilakukan dengan tes darah, tes fungsi tiroid, tes kadar elektrolit, MRI kepala, EMG, CT Scan kepala dan pemeriksaan ronsen. Pemeriksaan diperlukan untuk mengetahui apa penyebabnya.
  2. Tidur santai. Jika kesemutan menyerang sebaiknya tidak melakukan aktifitas dulu. Lebih baik langsung tidur dengan posisi kepala lebih tinggi. Langkah ini untuk mengurangi gejala atau mencegah risiko berbahaya seperti jatuh.
  3. Mengatur nafas. Setelah mengalami kesemutan sebaiknya segera mengatur nafas. Lakukan tarik dan buang nafas secara teratur. Kebiasaan ini akan membuat kadar oksigen dan darah yang masuk ke otak lebih besar sehingga kesemutan bisa berkurang.
  4. Pijat kepala. Jika Anda hanya mengalami kesemutan ringan dan tidak terlalu sering maka cobalah untuk memijat kepala. Lakukan mulai dari bagian kepala yang sakit dan menyebar ke semua arah. Lebih baik lagi jika dipijat oleh orang lain sehingga Anda bisa santai.
  5. Minum air putih. Untuk mengatasi gejala ini Anda bisa juga minum air putih. Terkadang sakit kepala dan kesemutan bisa terjadi ketika tubuh kekurangan air putih. Jadi coba saja minum air putih hangat untuk mengurangi gejala.

Begitulah ternyata penyebab kepala kesemutan sebelah kiri atas dan cara mengatasi. Kondisi ini mungkin karena gejala penyakit tertentu atau kondisi medis yang cukup serius sehingga segera lakukan pemeriksaan.

, , , , ,