Sponsors Link

9 Penyebab Kepala Pusing Sebelah Kanan Sampai ke Mata

Sponsors Link

Pada dasarnya sakit kepala memiliki banyak penyebab yang dari penyebab tersebut dibedakan menjadi dua jenis yaitu penyebab sakit kepala primer dan sekunder. Pada kasus kepala pusing sebelah kanan sampai mata ini juga memiliki banyak faktor tentunya, yang akan kita bahas disini secara tuntas. Karena jika ingin menyembuhkan atau mengatasi masalah sakit kepala yang diderita, terlebih dahulu kita perlu untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab sakit kepala tersebut.

ads

Dan pada kepala pusing sebelah kanan sampai mata ini biasanya penderitanya akan merasakan sakit kepala berdenyut yang disertai pula dengan nyeri pada bagian mata. Jika tidak segera diketahui penyebabnya dan tidak diatasi, maka hal tersebut akan terus berlanjut dan akan terus mengalami sakit kepala terus menerus. Berikut ini beberapa penyebab kepala pusing sebelah kanan sampai mata :

1. Mata kering

Pada kondisi mata kering ini sering dialami oleh seseorang yang sering melihat pada layar laptop atau handphone. Biasanya pada mata kering ini diaali dengan keluarnya air dari mata sebagai bentuk perlindungan dari mata agar tidak kekeringan, kemudian setelah itu mata akan terasa sakit berdenyut disertai dengan sakit kepala bisa pada sebelah kanan atau kiri. Oleh karena itu, bagi Anda yang memang bekerja menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer, cobalah untuk mengistirahatkan mata Anda setiap 2 jam sekali, selain itu juga jangan lupa untuk memakai kacamata anti radiasi agar mata terlindungi dari sinar komputer yang dapat membahayakan mata Anda.

2. Migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala yang dikenal dengan sakit kepala sebelah, karena biasanya hanya terjadi pada salah satu sisi kepala saja. Para penderita migrain juga sering mengeluh terasa sakit kepala sebelah disertai dengan nyeri berdenyut pada bagian matanya. Dan rasa nyerinya pun berbeda – beda ada yang nyerinya masih dalam kategori ringan, namun adapula yang berat. Bagi Anda yang terserang migrain ada baiknya Anda untuk cukup istirahat serta Anda dapat pula minum obat ibu profen jika sakit kepala migrain sudah tidak tertahankan.

3. Gangguan refraksi

Adanya gangguan refraksi juga menyebabkan rasa pusing atau sakit kepala serta adanya rasa nyeri pada mata. Gangguan refraksi ini biasa disebut juga dengan minus atau istilah medis nya adalah rabun jauh dan rabun dekat. Dimana pada penderitanya melihat objek di sekitarnya menjadi buram.

4. Skleritis

Skleritis adalah suatu keadaan dimana terjadinya peradangan pada sklera mata, sklera pada mata yaitu bagian putih yang ada pada mata. Dan tanda serta gejala pada orang yang mengalami skleritis ini yaitu sklera pada mata mengalami kemerahan, serta terasa nyeri pada mata dan disertai pula dengan rasa pusing atau sakit kepala.

5. Orbital inflammatory syndrome

Penyakit orbital inflammatory syndrome ini terjadi karena adanya peradangan pada bagian orbit ini, bagian orbit pada mata yaitu pada bagian rongga tulang tengkorak tempat mata dan juga sekelilingnya berada. Biasanya rasa sakit pada orbital inflammatory syndrome ini terasa saat mencoba melirik ke kanan dan ke kiri, yang disertai pula dengan rasa sakit kepala.

6. Kelumpuhan pada saraf kranial

Saraf kranial ini adalah saraf yang memiliki fungsi untuk mengumpulkan serta mentransfer informasi dari otak ke bagian tubuh lainnya. Saraf kranial ini sendiri adalah saraf yang muncul dari otak. Dan bila saraf kranial ini mengalami suatu masalah atau gangguan tertentu, maka akan berdampak pada masalah pada penglihatan serta adanya rasa nyeri pada mata dan juga sakit kepala. Biasanya yang menjadi penyebab kelumpuhan pada saraf kranial ini adalah penyakit diabetes.

7. Neuritis optik

Neuritis optik adalah suatu kondisi dimana lapisan mielin pada mata mengalami peradangan, sehingga mempengaruhi penglihatan dan menyebabkan nyeri pada mata serta rasa pusing atau sakit kepala. Jika tidak segera ditangani penyakit neuritis optik ini dapat menyebabkan penurunan penglihatan hingga kebutaan.

8. Sinusitis

Sinusitis atau peradangan pada dinding atau rongga sinus ini juga dapat menyebabkan timbulnya gejala kepala pusing dan mata yang terasa sakit. Kondisi sinus ini disebabkan oleh adanya alergi atau infeksi. Sehingga pada penderita sinus dianjurkan untuk mengkonsultasikan penyakitnya ke dokter agar mendapatkan antibiotik serta penanganan yang tepat.

9. Sakit kepala cluster

Sakit kepala jenis sakit kepala cluster ini biasa menyerang pria, namun tak sedikit wanita pun pernah mengalaminya. Pada sakit kepala cluster Anda akan megalami sakit kepala yang beraal dari sebagian atau salah satu sisi kepala yang kemudian merambat dan menyeluruh hingga ke seluruh bagian kepala. Sakit kepala jenis cluster ini juga disertai pada nyeri di bagian mata.

Itulah tadi beberapa penyebab kepala pusing sebelah kanan sampai ke mata. Semoga bermanfaat!

, ,