Sponsors Link

Penyebab Kepala Pusing Setelah Berhubungan Intim dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Hubungan intim merupakan kegiatan bersama pasangan yang dapat membuat anda merasa lebih rileks, bahkan tak jarang berhubungan intim juga dapat sebagai cara menghilangkan sakit kepala akibat stres. Namun pada beberapa kasus, sebagian besar orang justru mengalami rasa sakit kepala setelah melakukan hubungan intim. Rasa sakit yang dirasakan seperti menusuk, entah itu di kepala bagian belakang maupun terjadi satu sisi saja seperti jenis-jenis migrain. Kondisi sakit kepala ini bisa terjadi secara tiba-tiba, yang paling sering dirasakan adalah sesaat sebelum mencapai fase orgasme, ketika orgasme, hingga setelah melakukan hubungan intim. Bahkan ada pula beberapa kasus dimana sakit kepala tersebut bisa muncul setelah menonton film porno. Lalu apa sebenarnya penyebab kepala pusing setelah berhubungan intim?

ads

Sakit kepala setelah melakukan hubungan intim memang sangat jarang sekali terjadi, meskipun pada beberapa orang bisa terjadi namun kemungkinan yang sangat tinggi terjadi pada pria. Bahkan resikonya bisa 3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. Kondisi seperti ini memang umumnya tidak bersifat tetap atau permanen. Namun tetap saja, penting untuk mengetahui apakah penyebab dari rasa sakit kepala ini muncul.

Kebanyakan kasus kepala pusing setelah melakukan hubungan intim maupun aktivitas seksual lainnya biasanya memiliki sifat yang tidak terlalu serius. Rasa sakit ini bisa berangsur pulih dengan sendirinya, tanpa membutuhkan obat sakit kepala. Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti apakah yang menjadi penyebab kepala pusing setelah berhubungan intim. Namun pendapat para ahli percaya jika rasa sakit kepala ini muncul dikarenakan tubuh yang memproduksi hormon adrenalin dalam jumlah banyak dan secara tiba-tiba. Adrenalin ini diproduksi oleh tubuh ketika anda melakukan aktivitas-aktivitas yang cukup intens, seperti misalnya saat berhubungan intim dan mencapai orgasme. Namun belum ada penjelasan pasti dan memadai tentang bagaimana pengaruh hormon tersebut bisa menyebabkan sakit kepala.

Dan pendapat lainnya yang juga banyak dipercaya dapat menjadi penyebab kepala pusing setelah melakukan hubungan intim adalah ketika tubuh hampir mencapai klimaks, maka tekanan darah serta detak jantung bisa melonjak tinggi. Dan bagi yang mengidap hipertensi, tentunya terdapat hubungan sakit kepala dengan hipertensi yang kambuh. Sehingga anda menjadi lebih rentan mengalami sakit kepala setelah berhubungan intim. Selain tersebut, ada pula yang berspekulasi jika saat mencapai orgasme atau klimaks, maka otot-otot leher, kepala, dan rahang bisa menegang diakibatkan terjadinya kontraksi. Sehingga kontraksi otot inilah yang kemudian menyebabkan kepala terasa nyeri. Begitu pula dengan penderita Tekanan darah, yang bisa saja berfluktuasi sepanjang hari. Pusing yang dirasakan bisa menjadi tanda jika tekanan darah anda rendah.

Meskipun sakit kepala yang terjadi setelah berhubungan intim tidak membahayakan kesehatan dan nyawa, namun tetap saja anda perlu berhati hari. Sakit kepala yang tiba-tiba muncul bisa saja menjadi gangguan kesehatan yang berbahaya dan serius. Berikut ini ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa saja berkaitan dengan rasa sakit kepala yang dirasakan setelah bercinta.

  • Perdarahan otak
  • Radang otak atau ensefalitis
  • Tumor Otak
  • Aneurisma Otak
  • Penyakit jantung koroner
  • Stroke
  • Efek samping penggunaan obat-obatan, seperti pil KB

Dan selain itu, faktor lainnya yang bisa juga memicu rasa sakit kepala adalah mengkonsumsi obat-obatan tanpa adanya resep semisal dekongestan untuk obat pilek dan flu yang bisa menyebabkan sakit kepala. Jenis obat-obatan ini juga menyebabkan penyempitan serta pelebaran pada pembuluh darah yang berlebihan. Dan ditambah lagi dengan gaya hidup yang kurang sehat, seperti obesitas, terlalu banyak duduk, merokok dan minum alkohol juga dapat meningkatkan resiko nyeri kepala saat dan setelah berhubungan intim.

Jika anda pernah atau bahkan sering merasakan sakit kepala setelah berhubungan intim, jangan panik dulu. Hal ini bukan berarti menunjukkan jika anda tidak dapat melakukan aktivitas seksual. Jika sakit kepala ini menyerang anda saat maupun  setelah berhubungan intim, anda bisa mencoba hal-hal berikut ini untuk membuat rasa sakit kepala mereda.

  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol, ibuprofen, dan aspirin
  • Mengkonsumsi kunyit, sebagai salah satu obat sakit kepala tradisional
  • Menghirup aromaterapi peppermint
  • Jika sakit kepala ini muncul saat anda sedang melakukan sesi intim, maka sebaiknya hentikan terlebih dahulu aktivitas hubungan intim tersebut hingga sakit kepala mereda
  • Cobalah duduk atau berbaring rileks, jangan lupa menarik napas yang dalam beberapa kali
  • Jika kondisi ini sering terjadi, maka periksakan diri ke dokter dan mengkonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan dokter Biasanya dokter akan meresepkan obat migrain, penyakit jantung koroner, atau hipertensi

Agar sesi hubungan intim anda bersama dengan pasangan tidak berakhir dengan merasakan sakit kepala, maka anda bisa menghindari hubungan intim dengan posisi maupun gerakan yang dapat menyebabkan pusing. Misalnya saja gerakan intim yang terlalu cepat ataupun berhubungan intim sambil berdiri. Banyak kasus, dimana orang yang sering mengalami sakit kepala saat berhubungan intim melakukan hubungan intim secara perlahan dan berhasil untuk mengurangi resiko sakit kepala setelah berhubungan intim. Dan untuk langkah pencegahan, anda juga dapat mengkonsumsi obat migrain atau obat pereda nyeri, sekitar 1 jam sebelum melakukan hubungan intim maupun aktivitas seksual tertentu. Selain itu, rubahlah gaya hidup anda menjadi gaya hidup yang lebih sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi baik, waktu tidur yang cukup, serta melakukan olahraga yang rutin.

Namun tetap saja, perhatikan rasa sakit kepala yang dirasakan. Jika anda belum pernah mengalami rasa sakit kepala yang sehebat itu, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter. Dan jika setelah bercinta maupun melakukan aktivitas seksual, muncul rasa sakit kepala dan disertai gejala lainnya seperti muntah, mual, leher kaku, rasa sakit yang tidak kunjung hilang, hingga pingsan, maka segera hubungi pelayanan darurat maupun periksakan segera ke fasilitas kesehatan terdekat. Nah itu tadi penjelasan mengenai penyebab kepala pusing setelah berhubungan intim serta cara mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup