Sponsors Link

Penyebab Kepala Pusing Setelah Makan Udang Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Setiap orang tentu pernah merasakan berbagai macam bentuk permasalahan kesehatan yang terjadi di kepala baik yang memiliki efek atau dampak ringan maupun yang serius berdampak buruk. Jenis sakit kepala yang ringan dan sering dialami oleh setiap orang adalah pusing sedangkan beberapa jenis sakit kepala yang dapat dikatakan cukup berat diantaranya seperti migrain, vertigo, sakit kepala cluster, dan berbagai macam kondisi lainnya.

ads

Keadaan pusing yang merupakan kondisi permasalahan paling ringan di kepala tentu tidak dapat dianggap remeh karena sering sekali menjadi gejala dari berbagai macam keadaan penyakit tertentu yang terjadi di kepala maupun bagian tubuh lainnya. Pusing atau sakit kepala seringkali dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan dalam berbagai hal mulai dari gangguan konsentrasi dan kemampuan berpikir, gangguan dalam bergerak dan beraktivitas, serta gangguan rasa sakit yang dapat menimbulkan kondisi tidak nyaman bagi penderitanya.

Kondisi pusing atau sakit kepala seringkali terjadi karena berbagai macam kondisi baik akibat adanya penyakit tertentu, konsumsi makanan tertentu, melakukan aktivitas yang cukup memberatkan, dan salah satu penyebabnya dapat juga terjadi karena konsumsi udang. Berikut ini penjelasan mengenai kondisi kepala pusing setelah makan udang yang akan diulas mengenai penyebab munculnya keadaan pusing tersebut hingga cara cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi pusing akibat konsumsi udang.

Hal pertama yang akan dibahas mengenai efek samping konsumsi udang yang bisa menyebabkan munculnya rasa sakit pada kepala atau pusing adalah mengenai penjelasan mengapa konsumsi udang dapat menyebabkan keadaan sakit kepala tersebut. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat menjadi alasan kenapa ketika makan udang dapat menyebabkan pusing diantaranya adalah :

  • Adanya kandungan arsenik

Di dalam udang dan makanan lunak lainnya terdapat beberapa persen kandungan arsenic pentoxide yang merupakan bahan pembentuk arsenic yang cukup berbahaya pada tubuh. Arsenic pentoxide dalam jumlah yang normal dan tidak timbul reaksi kimia di dalam tubuh untuk mengubahnya menjadi arsenik sebenarnya tidak berbahaya namun ketiak ada bahan lain seperti vitamin C yang bereaksi dengannya maka arsen dapat terbentuk di dalam tubuh dan dapat menyebabkan tubuh keracunan dengan gejala awal pusing atau sakit kepala hingga kematian. Karena hal tersebut menjadikan konsumsi udang bersamaan dengan vitamin C atau makanan dengan kandungan vitamin C tinggi sebaiknya dihindari meskipun kasus ini tidak banyak terjadi.

  • Peningkatan tekanan darah

Kandungan sodium yang terdapat di dalam udang dapat menyebabkan tubuh mengalirkan air lebih banyak pada darah sehingga volumenyapun menjadi bertambah. Penambahan volume darah tersebut menyebabkan tekanan darah akan ikut naik juga. Kondisi peningkatan tekanan darah di dalam tubuh tersebut mampu memicu munculnya gejala rasa pusing yang dampaknya tergantung dari tingkat keparahan tekanan darah yang meningkat tersebut. Kondisi ini banyak terjadi terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dan memang ada hubungan sakit kepala dengan hipertensi.

  • Reaksi alergi

Penyebab lainnya yang dapat menjadikan seseorang mengalami kondisi kepala pusing setelah makan udang adalah karena adanya reaksi alergi terutama hal ini terjadi bagi mereka yang memang memiliki riwayat alergi. Udang menjadi salah satu bahan makanan laut yang memang paling sering memicu terjadinya reaksi alergi. Reaksi alergi yang terjadi di dalam tubuh akan menjadikan proses produksi histamin berlangsung yang merupakan senyawan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Histamin dengan jumlah yang berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya beberapa gejala yang salah satunya adalah pusing atau sakit kepala. Beberapa gejala lain akibat tingginya histaming di dalam tubuh diantaranya seperti kulit gatal dan kemerahan, mual, bersin bersin, dan lain sebagainya.

  • Terlalu banyak konsumsinya

Penyebab lainnya yang diduga juga menjadikan seseorang mengalami kepala pusing setelah makan udang adalah karena terlalu banyak mengkonsumsinya. Konsumsi udang yang terlalu banyak dengan tambahan makanan lain akan menyebabkan perut terlalu kenyang dan menimbulkan gejala pusing. Selain karena konsumsi yang terlalu banyak, sikap atau aktivitas setelah makan seperti tidur atau berbaring juga dapat menyebabkan munculnya rasa pusing.

Penyebab sakit kepala karena udang yang disebutkan diatas dapat dicegah dengan cara memperhatikan konsumsi udang agar tidak berlebihan dan memastikan jika memang memiliki riwayat alergi maka tidak perlu atau menghindari konsumsi udang agar tidak muncul gejala pusing dan gejala lainnya. Ketika kondisi pusing sudah terlanjut terjadi maka ada beberapa langkah atau cara yang dapat dilakukan yang diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Segera hentikan konsumsi udang dan makanan lainnya saat itu juga ketika pusing atau sakit kepala datang.
  2. Istirahatkan tubuh pada posisi yang tepat yakni dengan duduk dan hindari berbaring terlebih dahulu karena kondisi seseorang setelah makan yang langsung berbaring malah akan memicu pusing.
  3. Konsumsi obat pereda nyeri atau pusing baik yang traditional ataupun yang obat jadi. Pilihan obat yang digunakan sebaikya yang sudah biasa dipakai dan memang mampu memberikan manfaat mengatasi pusing.
  4. Jika pusing yang dirasakan tidak kunjung menunjukan perkembangan ke arah yang lebih baik maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk memastikan penyebab dan tindakan medis yang diperlukan.

Adanya penyebab berbahaya yang terjadi ketika seseorang mengkonsumsi udang terutama dalam jumlah yang berlebihan menjadikan kondisi pusing yang muncul setelah makan udang tidak boleh disepelekan dan harus diatasi dengan baik untuk menghindari dampak dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Udang memang dikenal sebagai salah satu seafood dengan rasa yang enak namun dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan ketika terlalu berlebihan mengkonsumsinya.

, , ,
Oleh :