Sponsors Link

5 Penyebab Kepala Sakit Saat Digerakkan yang Perlu Anda Ketahui

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami kepala sakit saat digerakkan? Jika memang pernah, ini adalah suatu kondisi yang bisa mengidentifikasikan penyakit tertentu yang berhubungan dengan saraf dan juga jaringan di otak Anda.

ads

Kepala yang sakit saat digerakkan memiliki banyak penyebab, mulai dari penyebab yang biasa sampai yang cukup serius, oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali berbagai penyebab tersebut. Berikut beberapa penyebab kepala sakit saat digerakkan :

      1. Salah bantal

Istilah salah bantal ini biasa dikenal pada orang-orang yang mengeluh sakit kepala dan nyeri saat digerakkan. Meski kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya, namun, jika tidak diatasi dengan segera sangat mengganggu aktifitas Anda tentunya. Hal ini karena, kepala tidak dapat digerakkan, karena jika digerakkan terasa sakit dan juga kaku.

Perlu Anda ketahui, bahwa kepala sakit saat digerakkan karena salah bantal ini terjadi karena. saat tidur Anda berada pada posisi tidur yang kurang tepat, sehingga hal tersebut menyebabkan otot-otot sekitar leher dan kepala menjadi tegang dan kaku.

      2. Terlambat makan

Pada saat Anda terlambat makan, hal tersebut akan memicu timbulnya rasa sakit pada kepala saat digerakkan karena otot-otot menjadi kaku. Dengan terlambatnya makan, maka hal tersebut dapat menyebabkan otot-otot sekitar leher dan kepala menjadi kaku dan sakit bila digerakkan. Sehingga selain menyebabkan rasa sakit pada kepala saat digerakkan juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk makan sesuai dengan jadwal makan sehari-hari Anda dan juga mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

      3. Meningitis

Meningitis di Indonesia terkadang masih sering disalah artikan dengan penyakit infeksi lain. Padahal penyakit meningitis ini adalah termasuk penyakit yang serius yang harus segera ditangani dengan tepat, karena jika tidak mendapatkan penanganan dengan tepat dan dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan kematian pada seseorang. Meningitis ini adalah suatu kondisi yang mana selaput pelindung otak mengalami infeksi.

Pada penyakit meningitis ini kepala menjadi terasa sakit saat digerakkan, leher menjadi kaku, sakit kepala berdenyut hebat, demam tinggi, sensitif terhadap cahaya, nafas menjadi cepat hingga kejang.  Dan jika Anda mengalami kepala yang sakit saat digerakkan dengan disertai gejala lain seperti yang telah disebutkan di atas, maka segeralah untuk ke dokter.

      4. Sinusitis

Rongga kecil yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi inilah yang disebut sinus. Yang fungsinya yaitu untuk menghasilkan lendir yang nantinya akan dialirkan hidung  untuk selanjutnya dialirkan ke tenggorokan untuk ditelan saluran pencernaan. Dan pada saat Anda mengalami sinusitis, aliran lendir ini mengalami penyumbatan. Yang jika dibiarkan penumbatan tersebut akan menyebabkan timbulnya peradangan pada sinus.

Jika sinusitis ini tidak diobati atau dibiarkan begitu saja, maka akan menyebabkan gejala sakit kepala terus menerus, nyeri berdenyut di area sekitar wajah mata hidung dahi dan pipi, nyeri pada kepala yang semakin terasa saat kepala digerakkan, nyeri hebat pada pagi hari dan mulai mereda saat siang hari, dan nyeri ini dirasakan saat terjadinya perubahan suhu.

      5. Sakit kepala cluster

Jenis sakit kepala cluster ini merupakan sakit kepala yang disebabkan oleh adanya kelainan pada bagian hipotalamus. Karena adanya kelainan pada hipotalamus ini menyebabkan hubungan antara otak dan sistem saraf menjadi terganggu. Sehingga hal ini menyebabkan timbulnya gejala kepala sakit saat digerakkan, sakit kepala pada malam hari, mata berair dan kemerahan, gangguan penglihatan, dan wajah memerah serta berkeringat, serta pada sakit kepala jenis ini memiliki pola, yakni timbul pada waktu yang sama setiap harinya.

Itulah tadi beberapa penyebab kepala sakit saat digerakkan. Dan berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasinya :

  • Cobalah untuk memperbanyak minum air putih hangat, agar aliran darah lancar. Dengan lancarnya aliran darah Anda maka rasa sakit pada kepala saat digerakkan pun akan hilang.
  • Kepala sakit saat digerakkan juga bisa disebabkan oleh otot-otot yang kaku atau bahkan adanya cedera pada otot. Oleh karena itu, Oleh karena itu, cobalah untuk mengangkat beban yang sekiranya terlalu berat yang dapat mencederai otot Anda.
  • Kompres dengan air hangat. Siapkan air hangat lalu celupkan handuk atau kain kecil, dan kompreskan kain atau handuk kecil tersebut pada daerah kepala sampai ke leher. Dengan tindakan ini, dapat mengurangi ketegangan pada otot serta rasa sakit yang timbul pada otot.
  • Kompres dengan air dingin. Setelah tadi telah disebutkan sebelumnya tentang kompres dengan air hangat. Kompres dengan air dingin ini juga dapat meredakan kepala Anda yang sakit saat digerakkan.
  • Melakukan pijatan. Menghilangkan sakit kepala dengan pijatan merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan nyeri di kepala atau di otot-otot sekitar leher yang terasa sakit dan kaku saat digerakkan. Selain dengan melakukan pemijatan pada daerah yang sakit tersebut, juga Anda dapat melakukan peregangan pada leher, dengan memutar leher searah jarum jam kemudian kembali lagi. Karena hal ini dapat memberikgan pengobatan secara alami pada otot-otot Anda yang tersa kaku.
  • Mengubah posisi tidur. Cobalah untuk mengubah posisi tidur Anda dengan posisi yang tepat dan juga nyaman. Karena dengan posisi tidur yang tepat akan memberikan rileksasi tersendiri pada otot kepala serta leher yang sakit dan tegang.

Sekian pembahasan mengenai penyebab kepala terasa sakit saat digerakkan dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

, ,