Sponsors Link

7 Penyebab Kepala Sering Sakit Dan Rambut Rontok

Sponsors Link

Semua orang pasti pernah mengeluh dengan sakit kepala dan beberapa gejala medis yang menyertainya. Kondisi ini memang tidak bisa dibiarkan karena saat sakit kepala menyerang maka biasanya disertai juga dengan gejala yang lain. Hal ini bisa menjadi parah jika tidak dirawat dengan tepat. pengobatan yang salah juga bisa membuat gejala lebih buruk lagi.

ads

Sakit kepala bisa sangat mengkhawatirkan jika disertai dengan beberapa masalah seperti rambut rontok. Memang sakit kepala dan rambut rontok berhubungan namun biasanya penderita cenderung lebih sering mengabaikan. Sakit kepala bisa menjadi hal yang lebih buruk lagi karena disertai dengan kebotakan pada salah satu sisi kepala. Berikut ini akan kami sampaikan mengenai penyebab kepala sering sakit dan rambut rontok.

  • Sakit kepala tension

Sakit kepala berdenyut hebat bisa menyebabkan kepala mengalami sensasi otot yang sangat  tegang. Kemudian juga disertai dengan masalah tekanan dan sesak pada bagian kepala.  Gejala yang bisa diamati dari sakit kepala tegang adalah sakit yang bersifat ringan atau berat dan bersifat mendadak. Kemudian mata menjadi sangat peka terhadap cahaya dan sulit untuk berkonsentrasi. Penyebab yang sering terjadi termasuk seperti stres, kurang tidur, sangat gelisah, kelaparan dan rasa lelah.

Cara mengatasinya bisa minum obat penghilang sakit seperti paracetamol, membuat otot di leher dan kepala menjadi lebih santai, konsumsi makanan yang bergizi namun tidak tinggi karbohidrat, biasakan duduk dengan posisi yang nyaman, tidur dengan nyenyak, dan mandi air hangat agar tubuh lebih santai.

  • Meningitis aseptik

Orang yang mengalami meningitis aseptik biasanya akan menunjukkan beberapa gejala seperti sakit kepala yang parah, demam, peka terhadap cahaya, nyeri otot, mual, muntah, kejang dan juga rambut yang rontok. Kondisi ini terjadi akibat infeksi virus meningitis yang menyerang selaput di bagian otak dan sum sum tulang belakang. Virus disebabkan lewat beberapa media termasuk serangga, dan jamur.

Penyakit ini sangat berbahaya jika tidak dirawat atau terlambat untuk diobati. Untuk itu perawatan selain dengan obat antibiotik khusus juga harus istirahat dan tidur yang cukup. Demam bisa diatasi dengan obat seperti ibuprophen dan acetaminophen.

  • Stres akut

Stres akut akan menyebabkan sakit kepala yang cukup parah disertai dengan rambut rontok. Stres ini berkembang dari mulai stres ringan sampai stres yang berat. Stres akut ini bisa mempengaruhi fisik dan mental yang bisa menyebabkan detak jantung lebih cepat, tekanan darah meningkat, cemas, rasa khawatir berlebihan dan juga sesak nafas. Kemarahan, tekanan dan insomnia akan membuat semua gejala menjadi lebih parah. Untuk menghilangkan efek sakit kepala akibat stres maka cobalah untuk meringankan pikiran. Buat pikiran menjadi lebih segar dengan bepergian, bersantai, menjadi lebih sehat, mengurangi kafein, cuti dari pekerjaan dan istirahat dengan baik.

  • Sinusitis

Sinusitis akan membuat penderita mengembangkan beberapa gejala seperti sakit kepala, nyeri pada rongga sinus, nyeri pada mata, sakit pada alis, wajah menjadi sangat merah dan bengkak pada rongga sinus. Kemudian semakin lama sakit kepala bisa memicu rambut rontok dan pusing sampai hilang keseimbangan. Kondisi yang lebih buruk bisa menyebabkan hidung mengeluarkan lendir secara berlebihan dan terkadang disertai darah dan bau yang tidak sedap.

Penyakit ini sering diabaikan karena menyebabkan gejala yang umum seperti flu atau pilek biasa. Namun ketika tidak dirawat maka bakteri yang menumpuk pada rongga sinus bisa sampai ke otak. Terkadang peradangan ini juga akan menyebabkan sakit kepala sampai tidak sadar. Untuk mengatasi efek dari hubungan sinusitis dengan sakit kepala bisa dilakukan dengan cara mengompres pada dahi dengan kompres hangat, mengonsumsi obat pereda sakit, obat demam dan antibiotik, cobalah untuk membuat suasana ruangan nyaman, tidak terlalu panas atau dingin. Hindari juga semua pemicu alergi yang akan membuat sinusitis bisa lebih parah.

Sponsors Link

  • Diabetes tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 akan menyebabkan nafsu makan penderita meningkat dan tidak biasanya. Kondisi ini disertai dengan gejala lain seperti rasa lelah yang parah, jika luka maka sulit untuk kering, buang air kecil yang berlebihan, haus, mengalami disfungsi ereksi bagi pria dan pandangan mata yang kabur serta sakit kepala dan rambut rontok.

Kondisi ini terjadi ketika kadar gula dalam darah menjadi sangat tinggi sehingga jumlah insulin dalam tubuh untuk memecah darah tidak mencukupi. Akhirnya diabetes yang tidak dikelola dengan baik akan membuat tubuh mengalami kerusakan organ. Untuk menurunkan efek dari sakit kepala dan diabetes maka selain melakukan pemeriksaan kadar gula darah harian, juga harus mengelola  berat badan yang sehat. Anda bisa mencoba untuk diet dengan makanan sehat, menjaga tubuh tetap aktif bergerak, mendapatkan insulin harian dan menjaga tubuh dari luka.

  • Penyakit lupus

Orang yang menderita penyakit lupus juga bisa mengalami sakit kepala dan rambut rontok yang sangat parah. Kondisi ini bisa memicu gejala lain seperti sendi bengkak, sakit pada sendi jari, pergelangan, tangan dan lutut. Terkadang juga akan menyebabkan tubuh merasa sangat lelah, nyeri pada dada, demam, rambut banyak yang rontok, sariawan, banyak gelembung dalam air seni, batuk darah dan gangguan pencernaan.

Sponsors Link

Dokter biasanya menyarankan perawatan khusus lupus dengan obat yang tergolong dalam NSAID, obat krim kortikosteroid, obat oral dan obat untuk mengendalikan sistem kekebalan tubuh. Terkadang dokter juga akan memberikan obat untuk memisahkan cairan dalam darah. Perawatan alami juga sangat dibutuhkan yaitu dengan banyak tidur atau istirahat pada siang hari, menjaga kulit dari sinar matahari, olahraga seperti berjalan kaki dan mengendalikan stres.

  • Penyakit hipokalsemia

Orang yang menderita penyakit hipokalsemia juga sangat rentan dengan kondisi ini. Hal ini bisa memicu gejala selain rambut rontok dan sakit kepala yaitu mudah marah, depresi, bingung, kehilangan memori, kram otot, sulit untuk bernafas, kejang dan gangguan irama jantung.

Masalah ini disebabkan karena menurunnya kadar kalsium dalam darah. Akibatnya tubuh mengalami kekurangan kalsium yang bisa membuat kerja sistem syaraf terganggu dan proses pembekuan darah juga terhambat. Langkah untuk mengatasi kondisi ini termasuk seperti memberikan kalsium melalui intravena, kalsium oral, vitamin D, konsumsi makanan yang kaya kalsium, dan minum jus jeruk.

Itulah semua penyebab kepala sering sakit dan rambut rontok. Untuk lebih pastinya maka ketika merasakan beberapa gejala segera saja pergi ke rumah sakit agar segera mendapatkan perawatan yang tepat.

,



Oleh :