Sponsors Link

Kepala Terasa Berat dan Lemas : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kepala terasa berat dan lemas ini merupakan jenis sakit kepala yang bisa menjadi sakit kepala yang tidak serius, namun bisa pula menjadi sakit kepala yang serius, hal ini tergantung dari penyebab sakit kepala tersebut. Pada hal yang umum dan tidak dianggap serius ini, biasa terjadi pada kalangan orang yang biasa melakukan pekerjaan berat, sehingga saat kepala terasa berat dan lemas dianggap sebagai kelelahan yang biasa terjadi. Namun sebaliknya, hal ini bisa dianggap sebagai hal yang serius apabila disertai dengan tekanan darah rendah atau kadar hemoglobin yang rendah. Maka perlu adanya penanganan khusus untuk mengobatinya.

ads

Sakit kepala jenis ini memang banyak sekali dialami oleh masyarakat apalagi bagi para pegawai atau pekerja. Oleh karena itu, sebagai para pekerja rutin setiap harinya kita harus selalu konsisten dalam menerapkan pola makan dan juga gaya hidup sehat. Agar saat kelelahan tidak mudah terserang penyakit. Dengan memulainya melalui olahraga yang selalu dilakukan secara rutin setiap harinya, menghindari stres, rokok dan juga minuman beralkohol, serta cukup istirahat. Dalam pola makan juga perlu diperhatikan pada jam makannya serta jenis maknan yang dipilih, agar selalu memilih menu makanan yang sehat. Agar terhindar dari sakit kepala jenis ini dan sakit kepala terus menerus juga sakit kepala berdenyut hebat. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab kepala terasa berat dan lemas :

      1. Aktifitas yang terlalu berat

Seringkali akibat dari aktifitas fisik yang terlampau berat membuat tubuh ini menjadi timbul rasa berat pada kepala dan juga badan lemas. Hal ini terjadi karena tubu terlalu diforsir untuk melakukan aktifitas di luar kemampuannya, yang akhirnya menyebabkan kepala terasa berat dan juga badan yang menjadi lemas.

      2. Stres banyak pikiran

Stres tidak hanya menguras pikiran namun juga tenaga, maka tidak jarang pada orang yang stres ia akan terasa lemas terus menerus. Hal ini karena seluruh tenaga nya dihabiskan untuk berfikir dan memusingkan sesuatu. Sehingga hal inilah yang menyebabkan timbulnya kepala terasa berat dan juga badan yang terasa lemas.

      3. Kelaparan atau telat makan

Pernah tidak pada saat Anda merasakan lapar dalam waktu yang cukup lama atau telat makan lalu Anda merasakan kepala terasa berat dan badan Anda lemas? Hal ini dikarenakan, kurangnya energi yang dipasok ke otak Anda saat Anda lapar. Pada saat Anda telat makan atau kelaparan, tubuh kekurangan glukosa atau gula darah sehingga muncullah sakit kepala tersebut.Oleh karena itu, cobalah untuk mengatur pola makan Anda, dan makanlah sesuai dengan jam makan yang sudah Anda tetapkan.

      4. Anemia

Pada saat anemia tubuh kekurangan hemoglobin. Yang mana hal ini menyebabkan oksigen yang dipasok ke peredaran darah menjadi berkurang dan aliran oksigen yang menuju ke otak pun akan berkurang. Yang mana hal tersebut menyebabkan timbulnya gejala, kepala terasa berat, badan terasa lemas, letih, lesu.

      5. Tekanan darah tinggi

Pada saat tubuh mengalami tekanan darah tinggi juga menyebabkan timbulnya gejala pada penderitanya, seperti, kepala terasa berat dan leher kaku, pundak terasa berat.

Itulah tadi beberapa penyebab, timbulnya sakit kepala yang disertai badan lemas. Sebenarnya ada beberapa faktor lain lagi seperti tingginya kolesterol atau kadar gula darah yang rendah. Dan berikut ini beberapa cara mengatasi kepala terasa berat tersebut :

  • Aktif

Pada Anda yang selalu aktif setiap harinya, maka Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Dengan selalu aktif setiap harinya, peredaran darah pun menjadi lancar dan tidak ada lagi rasa kepala berat atau badan terasa lemas.

  • Melakukan hobi atau aktifitas favorit

Untuk mengatasi kepala terasa berat dan badan lemas akibat stres atau banyak pikiran Anda bisa mengatasinya dengan keluar dari rutinitas Anda dan lakukanlah kegiatan atau aktifitas yang Anda sukai. Selain itu, jangan lupa untuk mencoba lebih mendekatkan diri lagi kepada Yang Maha Kuasa, agar Anda bisa lebih tenang dalam menghadapi segala masalah Anda.

  • Jaga pola makan

Bagi Anda yang mengalami sakit kepala berat dan badan lemas akibat terkena anemia atau tekanan darah yang tinggi, maka mulai sekarang cobalah untuk menjaga pola makan sehat Anda. Karena waktu Anda makan dan juga jenis makanan yang Anda makan sangat mempengaruhi kesehatan Anda.

  • Olahraga rutin

Olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda, terutama bagi Anda yang suka mengalami sakit kepala disertai badan lemas. Dengan berolahraga, maka peredaran darah Anda akan lancar sehingga oksigen pun akan tercukupi pasokannya dalam otak dan tubuh Anda. Selain itu, pada saat Anda berolahraga juga mampu mengaktifkan hormon endorfin atau horon bahagia. Oleh karena itu mulai sekarang olahraga lah setiap hari minimal 15 menit.

Itulah tadi beberapa penyebab serta cara mengatasi kepala terasa berat dan lemas. Semoga bermanfaat!

, , ,