Sponsors Link

Penyebab Kepala Terasa Berat dan Cemas yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Setiap orang tentu pernah merasakan adanya kondisi yang tidak nyaman pada kepalanya. Keadaan yang tidak nyaman tersebut dapat berupa kondisi sakit kepala atau pusing yang paling umum. Seseorang yang mengalami pusing sebagai salah satu jenis sakit kepala ringan dan tidak berbahaya kerap kali akan merasakan kondisi yang menyakitkan di bagian kepala, mendapatkan hambatan untuk berfikir, berkonsentrasi, dan bahkan sulit untuk menjalani aktivitas dengan normal, serta adanya keinginan untuk lebih banyak beristirahat daripada berkegiatan. 

ads

Kondisi kepala yang mengalami pusing seperti hal yang dijelaskan diatas saja sudah dapat menyebabkan seseorang menjadi merasakan hal yang sangat menganggu bahkan sulit beraktivits. Keadaan tersebut menujukan bahwa kepala dengan bagian bagiannnya merupakan salah satu organ tubuh yang sangat peting dalam kehidupan manusia berproses dan beraktivitas. Menjaga kondisi kepala menjadi hal yang harus selalu diperhatikan dengan baik oleh setiap individu yang ingin menjalani aktivitasnya dengan lancar dan tidak ingin mengalami permasalahan pada bagian otak dan fungsinya juga.

Selain pusing, ada banyak kondisi sakit kepala dengan berbagai macam jenis yang perlu diperhatikan dengan baik. Salah satu jenis sakit kepala yang dapat terjadi dan bisa jadi umum dialami adalah kondisi kepala terasa berat dan cemas. Kondisi tersebut tentu dapat disebabkan oleh keadaan tertentu yang perlu diperhatikan sehingga dapat menentukan upaya yang tepat dalam mengatasinya. Berikut penjelasan mengenai penyebab kepala terasa berat dan cemas serta beberapa cara yang dapat mengatasinya dalam uraian di bawah ini.

  1. Sakit kepala tegang

Kondisi pertama yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala disertai dengan perasaan cemas salah karena sakit kepala tegang. Sakit kepala tegang dapat disebabkan oleh karena kelelahan atau beratnya beban pikiran yang sedang ditanggung oleh kepala. Dengan beban berat dan tekanan yang kuat tersebut maka kepala yang terasa seperti sangat berat akan dialami. Kondisi kecemasan dapat menjadi keadaan lain yang muncul ketika sakit kepala tegang tersebut disebabkan oleh pikiran yang berat dalam kehidupan. 

  1. Gangguan psikosomatis

Penyebab lain yang dapat menjadikan seseorang mengalami kondisi kepala berat dan cemas adalah karena adanya gangguan psikosomatis yang terjadi. Gangguan psikosomatis merupakan kondisi dimana pikiran dapat memberikan pengaruh yang buruk bagi tubuh sehingga memicu munculnya beberapa gejala kesehatan yang terjadi pada tubuh. Gangguan psikosomatis dapat terjadi akibat pikiran yang berat seperti stres dan rasa cemas yang kuat. Kondisi gangguan psikosomatis tersebut salah satunya dapat menyebabkan kondisi kepala menjadi sakit karena beban pikiran yang ada disertai dengan rasa cemas yang berlebihan.

  1. Kecemasan yang berlebihan

Penyebab lainnya yang dapat menimbulkan kondisi seseorang mengalami sakit kepala yang cukup kuat dengan tanda kepala yang berat disertai dengan kecemasan adalah karena adanya pengaruh psikis kecemasan yang terlalu berlebihan. Kondisi kecemasan yang berlebihan memang kerap akan mempengaruhi kepala karena adanya paksaan otak untuk selalu merasakan kondisi yang cemas secara mendalam terhadap keadaan tertentu. Kecemasan yang berlebihan kerap kali dapat menyebabkan pengaruh pada kondisi fisik selain sakit kepala. Seseorang yang mengalami kecemasan berlebihan perlu diperhatikan untuk segera mendapatkan pengatasan yang tepat.

  1. Stres berat

Cemas dan stres memang bisa jadi merupakan kondisi yang sama namun biasanya berbeda dalam sikap dan perilaku. Cemas merupakan keadaan dimana seseorang mengkhawatirkan hal buruk yang dapat terjadi dari sebuah kondisi tertentu. Sedangkan stres merupakan keadaan dimana seseorang sendang terpuruk akibat terjadi kondisi yang buruk. Stres berat juga dapat menimbulkan gejala fisik yang sama yakni sakit kepala karena stres dan terkadang juga kondisi stres berat menjadikan seseorang cemas dan takut untuk menghadapi kenyataan yang memang sudah terjadi. Cemas dan stres memang akan kerap kali terjadi pada seseorang dalam kehidupannya ketika terlalu banyak mengalami masalah yang sebenarnya dibuat oleh dirinya sendiri.

Sponsors Link

  1. Penyebab kepala berat lainnya

Selain penyebab yang disebutkan diatas, ada beberapa kondisi lain yang juga akan memicu terjadinya keadaan dimana kepala terasa berat dan leher kaku diantaranya seperti kontraksi otot pada kepala dan leher yang berlebihan, salah dalam memposisikan kepala saat beraktivitas maupun berisitrahat, dan disebabkan oleh karena trauma kepada secara fisik akibat tekanan berat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dari kondisi kepala terasa berat dan cemas yang perlu diperhatikan dengan baik. Dari penjelasan penyebab yang ada diatas maka ada beberapa kondisi yang dapat dilakukan untuk mengatasi keadaan yang terjadi. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi sakit kepala berat disertai dengan kondisi cemas tersebut harus disesuaikan dengan penyebab yang ada sehingga cara pengatasannya akan lebih efektif dan benar. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala yang disebutkan diatas tersebut diantaranya seperti :

  • Mengkonsumsi obat pereda sakit kepala, seperti contohnya parasetamol ataupun asam mefenamat yang secara efektif membantu mengurangi rasa sakit kepala
  • Beristirahat, menghentikan semua aktivitas dan lebih banyak memberikan waktu istirahat bagi kepala merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi kondisi kepala tegang.
  • Konsultasi psikiater, melakukan konsultasi dengan psikiater perlu dilakukan mengingat dari penjelasan penyebab yang disebutkan diatas, kebanyakan kondisi sakit kepala yang berat dan cemas disebabkan oleh karena permasalahan psikologis. 

Cara pengatasan yang disebutkan diatas perlu dikontrol dan diperhatikan dengan baik. Ketika memang sudah ada keadaan yang cukup serius dan sulit untuk dikendalikan maka menghubungai dokter dan ahli psikologi dapat dilakukan demi memperoleh pengobatan yang lebih tepat dan efektif. 

, , , ,