Sponsors Link

Kepala Terasa Berat dan Leher Kaku : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kepala terasa berat dan leher kaku sebagai penyerta dalam sakit kepala merupakan suatu kondisi sakit kepala pada jenis sakit kepala tegang atau tension headache. Biasanya kondisi sakit kepala ini terjadi apabila seseorang sedang stres atau kelelahan dan kurangnya waktu istirahat. Dan jenis sakit kepala tegang ini biasa terjadi pada para pekerja kantoran yang terus dikejar oleh deadline, yang menjadikan ia pusing karena banyak pikiran dan kepala serta leher terasa berat dan juga kaku.

ads

Biasanya orang yang mengalami sakit kepala jenis ini dan yang disebabkan oleh stres cenderung suka melamun, kebingungan, mudah cemas, mudah tersinggung, kehilangan semangat hidup dan sering tidur. Namun bila yang menyebabkannya adalah hal lain selain stres, maka gejala nya adalah sakit kepala terus menerus, kepala terasa berat, dan leher sulit digerakkan atau terasa kaku. Dan penyebab sakit kepala jenis ini timbul, disebabkan oleh beberapa faktor, dan berikut ini faktor penyebab dan cara mengatasi kepala terasa berat dan leher kaku, yaitu :

      1. Faktor stres atau banyak pikiran

Saat seseorang mengalami tekanan atau stres, ia cenderung memikirkan segala sesuatunya, sehingga menyebabkan otak kelelahan dan juga menghambat mengalirnya darah menuju ke otak, dan juga dapat menyebabkan otot – otot sekitar leher kaku. Sehingga hal ini menyebabkan sakit kepala tegang atau biasa disebut tension headache. Apalagi pada orang yang sedang mengalami stres, ia cenderung menjauh dan mengurung diri, yang mana hal ini akan semakin memperburuk keadaan psikologisnya. Yang mana dapat menimbulkan sakit kepala berdenyut hebat disertai leher yang tegang dan kaku.

Dan cara mengatasinya untuk sakit kepala jenis ini yaitu, Anda dapat mencoba menenangkan pikiran Anda, lebih mendekatkan diri lagi pada yang Maha Kuasa Allah swt, melakukan hal yang Anda sukai dengan meninggalkan dulu sebentar hal membuat Anda stres tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk rutin berolahraga, seperti lari pagi atau renang, karena olahraga selain dapat membuat tubuh sehat dan bugar juga ia dapat mengaktifkan hormon endorfin yang memicu rasa bahagia.

      2. Kepala terbentur keras

Pada saat kepala Anda terbentur keras atau mengalami kecelakaan yang menyebabkan kepala terbentur keras, hal tersebut adalah salah satu pemicu timbulnya sakit kepala tegang atau tension headache. Saat kepala terbentur dengan keras, maka dinding tengkorak mengalami keretakan yang mengakibatkan mudah luka bahkan mudah terjadi perdarahan. Dengan adanya keretakan atau perdarahan tersebut menyebabkan aliran darah tersumbat dan menyebabkan terjadinya tension headache ini.

Cara mengatasi sakit kepala tegang yang disebabkan oleh hal tersebut, yaitu, sesaat setelah terjadi benturan pada kepala Anda segeralah untuk mengompresnya dengan es batu yang telah dibalut oleh kain. Hal ini untuk meredakan perdarahan, pembengkakan serta mengurangi rasa sakit dan juga yang terpenting adalah menghindari penyempitan pada pembuluh darah.

      3. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Jika tubuh kekurangan cairan akan berdampak pada timbulnya rasa sakit kepala, lemas, leher terasa kaku, bibir kering, dll. Hal tersebut terjadi karena pada saat dehidrasi, peredaran darah menjadi tidak lancar, sehingga hal inilah yang menyebabkan timbulnya sakit kepala dan leher kaku. Cara mengatasinya yaitu, jika Anda sudah mengalami dehidrasi cobalah untuk minum larutan oralit serta makanlah buah dan sauran yang banyak. Namun jika baru terdapat tanda dan gejala, maka cukupilah kebutuhan cairan Anda setiap harinya dengan minum air putih yang cukup dan juga tidak lupa untuk mengkonsumsi sayuran, dan juga buah.

      4. Radiasi sinar matahari

Sinar matahari yang sangat menyengat sangat berbahaya bagi kesehatan Anda khususnya pada bagian dalam kepala Anda. Oleh karena itu, pada saat cuaca sangat menyengat, pakailah pelindung seperti payung atau topi. Karena sinar matahari yang menyengat tersebut dapat menyebabkan ketidaklancaran peredaran darah, yang nantinya akan memicu pada timbulnya sakit kepala. Jadi, jangan lupa untuk memakai topi atau payung saat cuaca panas menyengat!

      5. Mengkonsumsi minuman berkafein, beralkohol dan juga rokok

Mengkonsumsi kopi jika tidak terlalu berlebihan, memang mempunyai manfaat positif bagi tubuh. Namun, jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan, maka hal tersebut akan menyebabkan timbulnya sakit kepala dan juga leher terasa kaku. Selain itu, minum alkohol dan juga merokok, telah kita ketahui bahwa ini tidak boleh dikonsumsi sama sekali, bahkan bagi umat islam rokok dan juga minuman beralkohol ini adalah haram hukumnya dalam Al qur’an. Hal ini karena, mengkonsumsi rokok dan juga alkohol, dalam jumlah sedikit saja dapat berefek negatif bagi tubuh dan tidak ada sama sekali efek positifnya bagi tubuh. Jadi apakah Anda masih mau merugikan diri Anda sendiri? rokok dan juga alkohol selain dapat menyebabkan pusing dan juga leher kaku, juga dapat merusak seluruh anggota tubuh.

Cara mengatasinya, yaitu, dengan mengurangi konsumsi minuman berkafein Anda. Dengan tidak mengkonsumsi minuman berkafein lebih dari 3 cangkir perharinya. Serta dengan menjauhi minuman beralkohol dan juga rokok.

Itulah tadi beberapa penyebab dan juga cara mengatasi kepala terasa berat dan leher kaku. semoga bermanfaat!

 

, ,