Sponsors Link

Mengapa Tiba-Tiba Kepala Terasa Berputar dan Mual?

Sponsors Link

Pernahkah Anda tiba – tiba mengalami suatu kondisi dimana kepala terasa berputar dan mual? Biasanya jenis sakit kepala satu ini menyebabkan Anda harus berbaring seharian jika dirasakannya dalam waktu yang cukup lama. Namun, ada juga yang mengalami ini dalam waktu yang singkat. Sakit kepala jenis ini biasanya menyebabkan timbulnya sakit kepala berdenyut dan terasa menyerang pada seluruh bagian – bagian kepala.

ads

Umumnya sakit kepala ini terbagi menjadi dua jenis berdasarkan penyebab sakit kepala, diantaranya yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Yang mana pada sakit kepala primer disebabkan oleh adanya pemicu seperti, terlalu lama berada di depan layar, posisi duduk yang salah, istirahat dan tidur yang kurang, dan berbagai pemicu lainnya yang sejenis. Sedangkan pada sakit kepala sekunder, biasanya disebabkan oleh adanya suatu kondisi dari penyakit tertentu, seperti adanya masalah pada telinga, mata, sinusitis, flu dan berbagai penyebab sejenis lainnya.

Kondisi kepala terasa berputar dan mual ini adalah suatu kondisi sakit kepala yang disebut sebagai vertigo. Vertigo ini merupakan suatu kondisi dimana kepala terasa berputar tujuh keliling dan biasanya terjadi secara tiba – tiba. Vertigo ini ada yang terasa ringan dan adapula yang berat. Pada vertigo ringan biasanya sensasi kepala berputar tersebut hanya dirasakan sebentar saja dan tidak dirasakan dalam jangka waktu lama. Namun, berbeda kasus dengan vertigo berat, biasanya dapat berlangsung dalam waktu yang cukup lama, sehingga menyebabkan penderitanya tidak dapat beraktifitas normal.

Pada sakit kepala vertigo ini, pada beberapa kasus terdapat gejala lain penyertanya seperti, muntah, hilangnya keseimbangan, sulit berdiri dan berjalan, adanya pergerakan mata yang tidak normal, berkeringat. Jika terdapat tanda – tanda tersebut tadi, harap untuk segera memeriksakan diri Anda ke dokter. Dan biasanya vertigo ini terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor penyebab sebagai berikut :

  • Karena adanya perubahan pada posisi kepala
  • Adanya masalah atau gangguan pada telinga bagian dalam
  • Karena adanya peradangan atau inflamasi pada telinga bagian dalam
  • Terdapat suatu penyakit tertentu seperti tumor
  • Sakit kepala yang tidak tertahankan seperti migrain
  • Beberapa obat yang menimbulkan efek samping yang dapat menyebabkan kerusakan pada telinga
  • Adanya trauma atau cedera di kepala dan leher

Jenis vertigo

Vertigo ini dibagi menjadi dua jenis, sesuai dengan faktor penyebabnya. Diantaranya yaitu :

  • Vertigo perifer

Jenis vertigo yang pertama ini merupakan yang paling umum terjadi pada kalangan umum. Yang mana pada vertigo perifer ini dipicu oleh adanya gangguan keseimbangan yang letaknya yaitu pada bagian telinga dalam. Labrinitis, vestibular neuronitis, dan meniere . Itulah beberapa gangguan yang terjadi.

  • Vertigo sentral 

Adapun pada vertigo sentral ini terjadi karena adanya masalah pada otak kecil atau serebellum, yang letak otak kecil ini yaitu di bawah otak besar. Dan selain penyebab ini, terdapat beberapa penyebab lainnya yang diantaranya yaitu, sklerosis multipel, migrain, stroke, TIA, dan akibat obat – obatan tertentu, tumor otak kecil serta tumor jinak pada saraf pendengaran.

Pencegahan agar vertigo tidak menyerang

Selain melakukan pengobatan dengan dokter, Anda juga membutuhkan penanganan awal di rumah, yang mana penanganan ini meskipun kecil namun berarti, untuk mencegah vertigo datang lagi. Beberapa penanganan tersebut yaitu :

  • Saat tidur, cobalah untuk menggunakan bantal yang lebih tinggi
  • Hindari gerakan yang dilakukan secara tiba – tiba atau mendadak
  • Jika vertigo datang menyerang segeralah duduk
  • Sebisa mungkin untuk menghindari gerakan kepala mendongak, gerakan tubuh berjongkok atau membungkuk.
  • Jika vertigo datang menyerang cobalah untuk segera ambil posisi duduk
  • Kenalilah hal yang memicu vertigo Anda, dan lakukanlah hal tersebut. Hal ini untuk melatih otak Anda agar terbiasa.

Selain berbagai penanganan di atas, Anda juga jangan lupa untuk selalu menerapkan pola makan dan juga gaya hidup sehat. Seperti, membatasi makanan dan minuman yang manis – manis, membatasi makanan gorengan dan berminyak, memperbanyak konsumsi sayuran dan juga buah – buahan, serta menhindari rokok, minuman beralkohol, cukup istirahat dan tidur, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu, olahraga yang teratur, minimal setiap hari selama 15 sampai 30 menit.

Sekian pembahasan mengenai “mengapa tiba – tiba kepala terasa berputar dan mual ?” . Semoga bermanfaat!

, ,