7 Penyebab Kepala Terasa Berputar Putar Dan Mual

Kondisi kepala yang sehat menjadi suatu keharusan yang perlu diperhatikan oleh setiap orang meningat adanya bagian bagian penting pada kepala yang memiliki peran dalam aktivitas sehari hari yang akan terganggu ketika mengalami masalah kesehatan pada bagian kepala tersebut. Menghindari kepala terbentur dari benda benda tumpul atau hadirnya trauma kepala secara fisik menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi munculnya kondisi permasalahan pada kepala.

Seperti dalam penjelasan diatas, beberapa bagian atau organ penting pada kepala tentu beresiko terganggu peran dan fungsinya ketiak mengalam permasalahan kesehatan pada kepala bahkan hanya masalah yang ringan seperti sakit kepala. Beberapa bagian bagian kepala yang penting diantaranya seperti mata sebagai salah satu bagian indera manusia untuk melihat, kuping sebagai alat pendengaran, lidah sebagai indera pengencah, hidung untuk membau dan menhirup nafas, serta otak sebagai pusat kendali sistem syaraf.

Untuk menjaga adanya permasalahan kepala yang dapat memberikan pengaruh buruk secara langsung pada kesehatan tentu memperhatikan setiap bentuk perubahna dan kondisi yang terjadi pada kepala harus dilakukan. Salah satu bentuk masalah atau sakit kepala yang perlu diperhatikan dan harus diketahui penyebab dan cara mengatasinya adalah kondisi kepala terasa berputar dan mual. Berikut ini beberapa cara untuk dapat mengatasi dan jugan penyebab dari kepala terada berputar dan mual tersebut.

1. Vertigo

Permasalahan pertama yang dapat menjadi penyebab munculnya kondisi kepala terasa berputar putar dan mual adalah karena penyakit kronis pada kepala yang disebut sebagai vertigo. Vertigo sendiri secara definisi menurut wikipedia adalah  salah satu bentuk sakit kepala di mana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang) yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular atau sistem yang berhubungan dengan pengendalian keseimbangan, koordinasi, dan pergerakan tubuh.

Vertigo menjadi kondisi yang sangat mungkin menyebabkan kepala berputar disertai mual sebagai gejala yang umum terjadi pada penyakit tersebut. Selain gejala kepala yang berputar, vertigo juga dapat menyebabkan beberapa gejala lain seperti keseimbangan yang terganggu, sulit berjalan maupun berdiri, keringat berlebih, terkadang disertai dengan kondisi nistagmus atau gerakan mata yang tidak normal, telinga yang berdenging serta munculnya perasaan akan muntah.

1. Perubahan hormonal

Kepala yang sakit hingga terasa berputar dan mual dapat juga disebabkan oleh adanya perubahan hormonal pada tubuh. Kondisi perubahan hormonal tersebut lebih banyak terjadi pada wanita ketika memasuki masa haid, menopouse, penggunaan alat kontrasepsi, suntik hormon, serta kehamilan. Pada kondisi kehamilan, kepala terasa berputar putar dan mual bahkan dapat menjadi salah satu tanda kehamilan yang cukup signifikan pada awal awal proses kehamilan. Kondisi perubahan hormonal juga dapat memicu terjadinya beberapa gejala lainnya.

1. Migrain

Migrain menurut wikipedia adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga sangat berat yang seringkali berhubungan dengan gejala-gejala sistem saraf otonom. Kondisi migrain dapat menjadi salah satu penyebab munculnya kepala yang terasa berputar putar dan memicu kondisi mual atau akan muntah. Migrain harus benar benar diperhatikan karena adanya bahaya migrain berkepanjangan seperti meningitis, tumor otak, kanker otak, stroke, penyakit jantung, dan beberapa permasalahan psikologis pada penderitanya.

1. Motion Sickness

Motion Sickness juga menjadi salah satu penyebab munculnya kondisi kepala terasa berputar putar dan mual. Kondisi motion sickness tersebut merupakan istilah yang digunakan dalam dunia medis untuk menjelaskan kondisi mabuk yang terjadi akibat perjalanan. Mual dan muntah merupakan keadaan yang akan muncul pertama kali sebagai gejala awal motion sickness yang juga dapat memicu terjadinya sakit kepala hingga terasa berputar putar. Kondisi motion sickness dapat memberikan gangguan yang sangat berat bagi penderitanya dan hanya dapat berhenti gejalanya ketika tidak lagi melakukan perjalanan.

1. Dehidrasi

Keadaan lain yang juga memicu munulnya mual dan muntah disertai sakit kepala berputar adalah dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan dengan berbagai macam penyebabnya. Menurut wikipedia, dehidrasi sendiri adalah kondisi di mana terjadi kekurangan kandungan air pada tubuh secara keseluruhan, disertai dengan gangguan proses metabolisme tubuh. Tanda tanda lain sesorang mengalami dehidrasi dapat terlihat dari urinnya yang mengalami perubahan warna, selain itu beberapa kondisi gejala lain juga dapat muncul seperti demam, kram otot, melemahnya kemampuan mental, rasa lemah dan lesu, dan lain sebagainya. Kondisi dehindari perlu mendapatkan perhatian khusus terutama pada anak kecil karena beresiko menyebabkan kematian.

1. Trauma kepala

Trauma pada kepala juga dapat terjadi sebagai penyebab munculnya kondisi kepala berputar putar dan memicu mual maupun muntah. Keadaan tersebut akan muncul ketika bagian kepala mendapatkan tekanan atau benturan yang cukup keras baik oleh benda tumpul maupun pada saat terjatuh. Kondisi trauma kepala tersebut memiliki resiko menimbulkan masalah yang lebih besar yakni gegar otak yang dapat muncul dengan gejala sakit pada kepala disertai dengan rasa mual dan ingin muntah. Meskipun sering terjadi namun terkadang gegar otak tidak menunjukan gejala apapun.

1. Infeksi

Adanya infeksi yang menyerang sistem syaraf pusat seperti otak dan sum sum tulang belakang sebagai pusat kenadli syaraf dapat juga menyebabkan munculnya gejala sakit kepala yang disertai dengan mual. Beberapa infeksi yang dapat menyerang bagian kepala diantaranya seperti meningitis atau radang membran pelindung otak maupun sum sum tulang belakang dan enchepalitis atau radang pada jaringan otak.Kondisi infeksi pada sistem syaraf pusat tersebut harus diperhatikan  dengan baik dan benar mengingat adanya bahaya atau dampak yang sangat buruk.

Itulah beberapa penyebab kepala terasa berputar putar dan mual yang perlu diperhatikan dengan baik sebagai salah satu upaya untuk dapat menentukan cara mengatasinya yang tepat baik secara medis maupun non medis.

, , , , ,