Sponsors Link

Mengapa Kepala Terasa Berputar Saat Bangun Tidur?

Sponsors Link

Jika suatu kondisi seperti sakit kepala biasa, mungkin hampir setiap orang pernah mengalaminya jenis sakit kepala biasa ini, yang umumnya pemicunya adalah, terlambat makan atau terlalu lama menatap layar hp dan laptop atau bisa juga karena kurang tidur. Namun, tidak jarang pula orang mengalami suatu kondisi seperti kepala terasa berputar saat bangun tidur. Yang terkadang kondisi tersebut dapat hilang setelah duduk sebentar, namun adapula yang tidak kunjung hilang, dan saat bangun ia akan kehilangan keseimbangan seperti orang mau pingsan. Pada kondisi yang dapat hilang dalam beberapa menit saja, kondisi tersebut dinamakan dengan presyncope. Namun, adapula yang tak kunjung hilang dan hal ini disebabkan oleh beberapa faktor.

ads

Pada pagi hari saat Anda bangun tidur, seringkali ada yang merasakan kepala berputar atau bahkan sampai merasakan sakit kepala berdenyut, yang sebenarnya penyebab sakit kepala saat bangun tidur ini adalah banyak faktor pemicunya. Yang mana antara satu orang dengan yang lainnya mungkin memiliki penyebab atau pemicu yang berbeda dan sakitnya juga terletak pada bagian – bagian kepala yang berbeda pula. Dan berikut ini pemicu timbulnya kepala terasa berputar saat bangun tidur :

      1. Hipotensi atau tekanan darah rendah

Pada Anda yang memiliki tekanan darah rendah, maka biasanya kondisi kepala berputar saat bangun tidur adalah suatu hal yang biasa terjadi. Dan pemicu terjadinya tekanan darah rendah ini adalah, kekurangan nutrisi, adanya masalah pada jantung, adanya perdarahan, kehamilan, atau kekurangan vitamin B12. Anda dapat mengobatinya dengan cara makan yang banyak dengan gizi seimbang, perbanyak konsumsi hati, dada ayam, telur, susu, sayur – sayuran serta buah – buahan. Selain itu juga jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat, dengan cara olahraga secara rutin, istirahat yang cukup, menghindari konsumsi alkohol, rokok.

      2. Vertigo

Penyebab kepala terasa berputar saat bangun tidur lainnya yaitu, vertigo. Vertigo ini adalah suatu kondisi dimana kepala terasa pusing dan berputar dikarenakan oleh koordinasi antara saraf dan otak yang melemah. Gejala lain dari vertigo yaitu, mual, nyeri otot, sensitif terhadap cahaya, gangguan pada pendengaran dan mudah lelah. Yang mana pemicunya yaitu, adanya infeksi pada telinga bagian dalam, atau karena penyebab lain yang jarang diketahui selain dokter. Oleh karena itu, disarankan pada penderita vertigo pada saat bangun tidur tidak langsung berdiri atau melakukan aktifitas. Tapi cobalah untuk duduk dulu sebentar.

3. Rasa cemas, takut dan gelisah 

Rasa cemas, takut dan gelisah yang dibawa pada saat tidur, akan membuat nafas Anda pada saat tidur menjadi cepat sehingga mengganggu keseimbangan oksigen yang masuk. Yang hal tersebut menimbulkan efek pembuluh arteri Anda menyempit dan akibatnya adalah ketika bangun tidur kepala menjadi terasa pusing. Oleh karena itu, pada saat Anda memiliki masalah cobalah untuk menyelesaikannya terlebih dahulu, sehingga tidak terbawa saat tidur. Atau jika memang belum terselesaikan karena tidak bisa diselesaikan secara cepat, cobalah pada saat Anda tidur lupakan terlebih dahulu masalah tersebut, karena waktu tidur adalah waktu Anda untuk mengistirahatkan diri Anda.

      4. Efek samping obat – obatan 

Pada obat – obatan seringkali kita lihat terdapat beberapa efek samping tertentu. Yang mana dari efek samping tersebut ada yang menyebabkan kepala terasa berputar saat Anda bangun dari tidur. Dan diantara obat yang memiliki efek samping yaitu adalah obat yang memiliki kandungan diuretik, analgetik, anticonvulsant, dan transquilizer.

      5. Bangun secara tiba – tiba

Penyebab lainnya yaitu bangun secara tiba – tiba atau mendadak. Menurut kutipan dari salah seorang dokter di artikel website viva.co.id, menyatakan bahwa, sebenarnya bangun secara kaget atau mendadak tiba – tiba tidak ada masalah dari segi medisnya, namun, dengan cara seperti ini saat Anda bangun tidur, membuat timbulnya perasaan yang tidak nyaman, dan juga mempengaruhi mood. Tidak hanya itu, bangun dengan cara seperti mendadak atau tiba – tiba juga sering membuat orang menjadi kaget dan akhirnya menimbulkan efek jantung berdebar dan kepala terasa pusing.

      6. Gerakan mendadak sesaat setelah bangun tidur

Ada baiknya pada saat Anda bangun tidur untuk duduk terlebih dahulu sejenak, hal ini agar darah mengalir terlebih dahulu secara normal, karena sehabis berbaring dalam waktu yang cukup lama. Karena jika saat bangun tidur Anda langsung berdiri dan melakukan aktifitas, terkadang hal tersebut menyebabkan kepala Anda terasa pusing.

Itulah tadi beberapa penyebab kepala terasa berputar saat bangun tidur. Cobalah untuk mencegah hal tersebut di atas, jika tak ingin lagi kepala pusing saat bangun tidur. Semoga bermanfaat!

, ,