Sponsors Link

7 Penyebab Kepala Terasa Berputar Tapi Tidak Pusing dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Apakah Anda pernah merasakan sensasi kepala seperti berputar tapi Anda tidak merasa gejala sakit kepala sebelumnya? Semua orang biasanya pernah merasakan beberapa kondisi ini dan kemudian bisa pulih sendiri. Tapi sebenarnya reaksi tubuh ketika merasa kepala melayang bukanlah hal yang normal. Ini berarti memang ada masalah pada tubuh dan harus segera diatasi.

ads

Kepala berputar bisa terjadi secara mendadak tanpa gejala apapun. Ini juga bisa terjadi kapan saja termasuk saat tidur. Dan tentu saja penderita akan merasa tidak nyaman karena takut sewaktu-waktu bisa jatuh. Lalu apa saja penyebab kepala terasa berputar tapi tidak pusing dan cara mengatasinya? Ikuti penjelasan dibawah ini:

Itulah semua daftar penyebab kepala berputar tapi tidak pusing dan cara mengatasinya. Semua orang yang mulai merasakan gejala ini sebaiknya segera periksa ke dokter agar bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

  • Terjadi ketika tubuh berdiri dengan cepat

Ketika Anda  baru dalam posisi jongkok atau duduk terlalu lama, kemudian langsung berdiri maka ini bisa menyebabkan reaksi melayang. Kepala Anda akan terasa berputar dan juga akan merasa sedikit mual. Hal ini juga bisa menyebabkan kepala pusing saat melihat ke atas.

Penyebab utama dari masalah ini adalah ketika terjadi penurunan tekanan darah dalam waktu yang sangat cepat. Bahkan tekanan darah akan menurun selama beberapa detik saja. Semua juga sangat terpengaruh oleh gaya gravitasi ketika Anda dalam posisi duduk lalu berdiri. Juga karena aliran darah langsung masuk ke kaki dan menggenang di sana.

Selain merasa kepala berputar maka bisa disertai gejala lain seperti mual, berkunang-kunang, bingung, pandangan gelap atau kabur, dan ada sensasi mau pingsan. Jika sering mengalami kondisi ini sebaiknya segera pergi ke dokter. Cara mengatasinya cobalah untuk berdiri secara perlahan dengan gerakan yang lambat dan tidak langsung bergerak tapi istirahat dulu. Jangan langsung bergerak atau berjalan agar tidak melayang dan pingsan.

  • Lapar

Lapar ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala yang ditandai dengan sensasi kepala melayang. Reaksi ini bisa diawali dengan pusing atau tidak. Reaksi lapar mungkin hanya akan terasa pada perut tapi sebenarnya kepala juga bisa membuat reaksi yang sangat cepat. Saat lapar maka darah tidak menyimpan kadar gula darah yang cukup sehingga akhirnya kadar gula menurun dengan cepat. Kemudian pada saat tubuh beraktifitas terlalu banyak maka bisa membuat penurunan kadar gula menjadi lebih cepat.

Kadar gula darah yang rendah juga akan menghambat proses metabolisme sehingga tubuh tidak menghasilkan energi, menghambat kerja otak dan aliran darah yang tidak lancar. Selain menimbulkan reaksi kepala berputar tanpa pusing maka bisa membuat tubuh lemah, pingsan dan sangat tidak berenergi. Cara mengatasinya silahkan untuk mencoba mengatur waktu makan yang tepat. Hilangkan kebiasaan makan tidak teratur yang bisa membuat kadar gula darah tidak normal. Jika sudah merasakan gejala maka segera makan yang manis-manis.

  • Kaget atau shock

Setiap tubuh bisa memberikan respon yang berbeda-beda termasuk dengan reaksi kepala berputar. Hal ini bisa membuat tubuh mengalami drop dalam waktu yang sangat cepat. Biasanya terjadi ketika ada bagian syaraf yang mengatur sistem tekanan darah menjadi tidak normal. Saat shock bisa membuat tekanan darah naik atau turun dengan cepat. Kemudian akhirnya kepala merasa berputar. Pada orang yang shock atau kaget biasanya ditambah dengan gejala seperti pening, sangat pucat dan keluar keringat dingin. Cara mengatasinya jika bisa atau memungkinkan maka cobalah untuk duduk perlahan, bernafas dengan teratur untuk mengatur detak jantung atau mengambil nafas panjang sampai merasa lebih baik.

  • Kurang cairan atau dehidrasi

Sakit kepala akibat dehidrasi juga bisa diawali dengan sensasi kepala melayang atau berputar dan sangat tidak nyaman. Ketika tubuh kehilangan cairan dalam waktu yang cepat maka biasanya tubuh akan mengeluarkan keringat yang lebih banyak. Saat sudah mengeluarkan keringat dingin maka biasanya akan memicu rasa pusing yang sangat hebat. Kemudian akhirnya tubuh mengalami penurunan suhu akibat tekanan darah yang turun dengan cepat.

Lalu akhirnya kepala akan menjadi melayang dan terjadi dengan sangat cepat. Jika terjadi secara terus menerus maka akhirnya tekanan darah akan turun dan tidak ada darah yang mengalir ke otak. Sensasi kepala melayang sebenarnya terjadi karena pengaruh tekanan darah yang turun dalam waktu yang cepat. Kemudian akan di tambah dengan gejala lain seperti gelap, mual dan penglihatan kabur. Cara mengatasinya segera minum secara perlahan dan berbaring untuk mengendalikan tekanan darah. Sangat disarankan untuk perawatan di rumah sakit karena cairan akan diberikan melalui infus sehingga tubuh bisa pulih lebih cepat.

Sponsors Link

  • Akibat efek samping obat

Ternyata ada beberapa jenis obat yang memang bisa menyebabkan kepala berputar. Efek samping obat ini bisa langsung terjadi setelah minum obat atau  berjarak beberapa jam. Beberapa obat yang bisa menyebabkan masalah ini seperti obat untuk menghilangkan rasa sakit, obat untuk diuretik, obat anti depressan dan jenis obat penenang. Semua obat ini akan bekerja langsung ke pusat otak sehingga membuat detak jantung lambat, kerja jantung lebih lambat, dan bisa menurunkan tekanan darah.

Biasanya setelah merasa sensasi kepala melayang atau berputar maka akan muncul gejala sakit kepala berdenyut hebat. Jika reaksi ini terus terjadi maka kemungkinan tubuh menolak obat atau menderita alergi obat tertentu. Cara mengatasinya silahkan berbaring setelah minum obat dan cukupi kebutuhan cairan. Jika terjadi terus menerus maka konsultasikan dengan dokter sehingga dokter bisa merubah jenis obat dan menyesuaikan dosis sesuai kondisi penyakit.

  • Efek flu

Terkadang ketika sudah sakit flu atau sedang akan flu maka kepala juga bisa menjadi tidak nyaman. Gejala ini biasanya terjadi dengan sangat cepat dimana kepala menjadi berputar bahkan saat tubuh beraktifitas. Hal ini terjadi ketika tubuh menghadapi kekurangan cairan dan gula darah yang cukup rendah akibat flu. Cara mengatasinya cobalah minum air putih hangat untuk membantu kebutuhan cairan dan menyembuhkan flu secara alami. Jika sudah cukup buruk maka jangan lagi menunda pergi ke dokter agar cepat sembuh.

  • Serangan jantung

Kondisi kepala berputar dan tidak disertai dengan sakit kepala juga bisa menjadi gejala dari serangan jantung atau stroke. Kemudian setelah kepala melayang maka dada akan terasa sakit atau nyeri, sesak nafas yang buruk, mual, rahang sakit, otot lemah, sulit bicara dan akhirnya kebas lalu jatuh. Hal ini bisa disebabkan karena tidak ada darah yang mengalir ke otak dan terjadi pembekuan darah pada otak. Cara mengatasinya segera pergi ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Itulah penyebab kepala terasa berputar tapi tidak pusing serta cara pengatasannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan