Sponsors Link

3 Cara Mengatasi Kepala Terbentur dan Telinga Mengeluarkan Darah

Sponsors Link

Dalam menjalani aktifitas kita sehari hari, tentunya ada banyak hal yang kita lalui. Termasuk, kecelakaan – kecelakaan kecil yang tidak terduga yang tentunya tidak pernah kita harapkan kedatangannya. Salah satu contoh kecelakaan kecil yang mungkin terjadi adalah kepala terbentur dan telinga mengeluarkan darah. Kondisi yang demikian akan sangat mungkin untuk sembuh dan tidak menjadi semakin parah apabila mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. Untuk membantu mempersiapkan kemungkinan adanya terjadi hal ini, maka berikut ini adalah informasi yang bisa saya bagikan kepada Anda untuk mengetahui penyebab dan cara penanganan pendarahan pada bagian telinga. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai akhir.

ads

Kepala terbentur dan telinga mengeluarkan darah sebenarnya tidak selalu seperti itu. Tidak selalu benturan yang keras pada kepala yang menyebabkan adanya pendarahan pada telinga. Ada juga faktor lain yang menyebabkan terjadinya pendarahan pada telinga. Berikut ini adalah beberapa penyebab telinga berdarah:

1. Benturan yang keras

Sama seperti judul pembahasan kita pada hari ini, penyebab telinga berdarah yang pertama diakibatkan oleh adanya benturan yang cukup keras pada bagian kepala. Karena kerasnya benturan ini, maka tubuh merespon adanya permasalahan pada bagian dalam telinga dengan cara mengeluarkan darah untuk mengindikasikan bahwa ada sesuatu yang tidak normal yang sedang terjadi pada bagian telinga dalam. Dan hal ini juga bisa mengindikasikan adanya kerusakan telinga.

2. Infeksi pada telinga

Penyebab selanjutnya adalah terjadinya infeksi pada bagian dalam telinga. Infeksi ini biasanya akan sering dialami oleh anak – anak. Meski infeksi pada telinga akan diikuti oleh adanya pendarahan, tetapi bagian telinga yang terinfeksi ini biasanya adalah bagian telinga terluar atau bagian telinga tengah. Selain adanya pendarahan yang dialami, ada juga gejala lain yang ikut muncul seperti terjadinya demam dan pembengkakan pada bagian telinga.

3. Kerusakan gendang telinga

Pendarahan pada telinga juga bisa diakibatkan oleh adanya kerusakan atau pecahnya gendang telinga. Tetapi, kerusakan atau pecahnya gendang telinga tidak selalu mengeluarkan indikasi atau gejala pendarahan pada bagian telinga. Meski demikian, hal ini tentunya akan perlu untuk ditanggapi secara serius dan dengan segera agar permasalahan pendengaran bisa segera teratasi. Ketahui juga mengenai apakah sakit kepala sebelah kiri belakang telinga mengindikasikan gejala pada penyakit telinga lainnya. Kerusakan atau pecahnya gendang telinga bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Beberapa contohnya adalah masuknya benda asing pada telinga, suara yang terlalu keras, perbedaan tekanan dalam dan luar telinga yang terlalu tinggi. Untuk mencegah adanya kerusakan gendang telinga karena beberapa hal ini maka ketahui beberapa teknik menyelam ataupun teknik untuk menyeimbangkan tekanan udara pada telinga pada saat mengudara agar kerusakan pada gendang telinga dapat dicegah. Ketahui juga penyebab telinga berdengung dan sakit kepala, karena kedua hal ini bisa mengindikasikan adanya kerusakan pada telinga bagian dalam.

4. Kolesteatoma

Ada juga suatu kondisi lainnya yang menyebabkan telinga berdarah. Kondisi ini disebut sebagai kolesteatoma. Kolesteatoma adalah kondisi dimana keratin kulit menyumbat telinga bagian tengah. Adanya kondisi ini bisa disebabkan oleh adanya infeksi pada bagian telinga yang terjadi secara berulang. Apabila tidak segera diatasi maka kerusakan akan terjadi sampai ke bagian telinga dalam.

Setelah mengetahui beberapa penyebab telinga berdarah, maka langkah selanjutnya adalah pentingnya bagi kita untuk mengetahui cara penanganan telinga berdarah. Berikut ini adalah beberapa cara penanganan telinga berdarah yang bisa Anda lakukan untuk membantu penanganan pertama pada kondisi ini.

1. Membersihkan dan menutup telinga

Sudah ada banyak bentuk pertolongan pertama yang kita ketahui untuk membantu penanganan seseorang yang terluka seperti penanganan vertigo di rumah. Sama seperti hal ini, apabila ada seseorang yang mengalami pendarahan pada telinganya, maka kita juga bisa melakukan pertolongan pertama untuk orang tersebut. Yang perlu kita lakukan adalah membersikan telinga.

Pertama – tama gunakanlah kasa yang steril untuk menekan bagian telinga mengalami pendarahan yang terjadi. Penekanan bagian telinga ini akan membantu berkurangnya pendarahan pada bagian telinga. Setelah pendarahan mulai berkurang maka kita bisa mulai membersihkan telinga penderita. Selanjutnya, jangan lupa untuk menutup telinga penderita agar tidak terjadi infeksi pada telinga yang mengalami pendarahan.

Sponsors Link

2. Memeriksakan diri ke dokter

Seusai kita melakukan pertolongan pertama pada penderita  pendarahan di bagian telinga, maka kita perlu segera merujuk penderita untuk memeriksakan dirinya ke dokter yang bersangkutan. Dengan melakukan pemeriksaan, maka dokter bisa memastikan penyebab pendarahan pada telinga penderita dengan tepat. Setelah mengetahui penyebab pendarahan tersebut, maka dokter juga bisa memberikan penanganan dan pengobatan yang mampu membantu penderita untuk pulih dengan cepat.

Pemeriksaan dari dokter akan membantu penderita untuk mengetahui hubungan sebab dan akibat dari telinga yang berdarah sama seperti hubungan yang ada diantara vertigo dan asam lambung. Dengan begini, maka penderita akan mengetahui penyebab dari telinganya yang berdarah. Hal ini akan membantu penderita untuk menghindari berbagai hal / faktor penyebab yang bisa mengakibatkan telinganya berdarah kembali.

3. Konsumsi antibiotik

Pada beberapa kasus ketika pendarahan pada bagian telinga dilihat cukup parah, maka penderita akan diminta untuk mengkonsumsi obat – obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Dan tentunya, akan ada obat antibiotik diantara obat – obatan yang diberikan oleh dokter. Obat antibiotik adalah obat yang khusus dan tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan seperti obat vertigo di apotek yang memiliki logo obat hijau yang diperjualkan dan dapat dikonsumsi secara bebas misalnya. Maka, konsumsilah obat antibiotik ini sesuai dengan aturan dan anjuran dokter. Jangan mencoba untuk membelinya lagi tanpa ada rujukan resep obat lanjutan dari dokter yang bersangkutan.

Itulah informasi yang bisa saya berikan mengenai kepala terbentur dan telinga mengeluarkan darah. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda bisa mengetahui penyebab dan cara – cara penanganan pendarahan pada telinga apabila memang hal ini terjadi. Temukan juga artikel kesehatan yang akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi seperti bahaya pendarahan otak.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan