15 Penyebab Keringat Dingin di Kepala yang Perlu Diwaspadai

Pada saat suhu udara disekitar kita terasa panas, atau apabila suhu tubuh anda meningkat, misalkan saja disebabkan karena demam, maka secara otomatis tubuh kita akan mengeluarkan keringat. Biasa disebut dengan istilah keringat dingin, dimana kondisi ini merupakan hal yang sangat umum terjadi, bahkan hampir setiap orang sudah pernah mengalaminya. Kondisi panik, stress, tegang merupakan faktor yang menyebabkan munculnya gejala keringat dingin di kepala atau bagian tubuh yang lain. Keringat dingin biasa terjadi apabila permukaan kulit terasa dingin, namun lembap karena produksi keringat. Berbeda halnya dengan keringat biasa, yang akan muncul pada saat tubuh merasa kepanasan, maka suhu tubuh juga akan meningkat. Sementara jika muncul keringat dingin, anda akan merasa kedinginan.

Namun, anda haruslah berhati-hati apabila muncul gejala keringat dingin di kepala ataupun bagian organ tubuh lain yang disertai dengan gejala lain. Hal tersebut mungkin akan menjadi pertanda bahwa anda  mengidap penyakit yang anda sendiri belum ketahui penyebabnya. Keringat dingin merupakan gejala keringat yang muncul disebabkan oleh cuaca yang sangat panas. Keringat dingin ini pun sebenarnya dapat muncul pada bagian tubuh manapun. Gejala yang terjadi pada keringat dingin ini tentu berbeda dengan keringat yang muncul pada saat tidur, dan hanya dialami pada saat tidur saja. Sedangkan keringat dingin bias terjadi kapan saja, baik saat tidur, beraktivitas atau lain sebagainya. Gejala ini juga disebut dengan hiperhidrosis sekunder, yang merupakan gejala yang terjadi dari sejumlah penyakit medis, dan beberapa diantaranya merupakan kondisi yang berbahaya dan tergolong darurat.

1. Syok

Syok merupakan kondisi berkurangnya aliran darah ke organ vital lain dan otak, sehingga dapat menyebabkan organ tersebut kekurangan oksigen dan nutrisi. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami guncangan. Syok tergolong kondisi darurat yang dapat mengancam nyawa apabila jika tidak segera ditangani. Syok menjadi salah satu penyebab sakit kepala disertai keringat dingin.

1. Hipotensi

Merupakan kondisi disaat tekanan darah berada dibawah batas normal pada umumnya. Kondisi ini biasa terjadi pada aktivitas ringan ataupun disaat sedang tidur. Hipotensi ini dapat membahayakan apabila organ vital yang lain dan otak tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Hipotensi sendiri juga bias berkembang menjadi keadaan syok apabila tekanan darah menurun yang signifikan.

1. Hipertiroidisme

Merupakan kondisi dimana kalenjar tiroid terlalu aktif dan memproduksi hormone tiroksin yang terlalu banyak. Gejala ini juga tergolong dalam kategori kondisi darurat, sehingga membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin.

1. Hipoksia

Merupakan gejala dimana berkurangnya pasokan oksigen dalam tubuh akibat kurangnya menghirup oksigen. Kondisi ini biasa terjadi pada orang yang berada pada ruangan yang udaranya tipis.

1. Hipoglikemia

Merupakan keadaan dimana kadar gula darah berada pada batas dibawah normal juga dapat memicu keluarnya keringat dingin. Keringat dingin ini muncul diakibatkan reaksi tubuh pada hipoglikema .

1. Kanker

Keringat dingin yang muncul dapat berkaitan dengan gejala kanker, seperti hati, tulang ataupun kanker darah. Selain itu, pengobatan kanker juga dapat mengakibatkan munculnya keringat dingin.

1. Infeksi

Gejala ini dapat terjadi apabila bakteri atau virus menyerang kondisi tubuh kita. Virus ini biasa terjadi pada virus HIV, hepatitis, influenza, ataupun tuberkolosis. Infeksi yang menyebabkan demam juga dapat menyebabkan keringat dingin. Patut anda waspadai, apabila disertai dengan gejala lemas, nyeri otot, dan demam.

1. Vertigo

Merupakan gejala pusing yang berlebih yang membuat penderita merasa sekelilingnya berputar. Segera hubungi dokter terdekat, apabila keringat dingin disertai dengan gejala vertigo.

1. Serangan jantung

Keringat dingin juga merupakan salah satu tanda serangan jantung. Segera cari pertolongan pertama, apabila muncul keringat dingin yang disertai dengan gejala seperti sesak napas, nyeri yang teramat pada bagian dada, nyeri atau rasa tidak nyaman pada area leher, rahang dan perut, serta merasa pusing dan akan jatuh pingsan.

1. Migrain

Merupaka jenis sakit kepala dengan nyeri yang parah dalam kurun waktu yang cukup lama. Biasanya, keringat dingin akan muncul saat migrain menyerang, hal tersebut terjadi karena tubuh merespons gejala tersebut dalam merasakan sakit.

1. Pingsan

Pingsan biasa terjadi saat otak tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Keringat dingin biasanya akan muncul beberapa saat, baik sebelum pingsan ataupun sesudah pingsan.

1. Mual

Merupakan sensasi yang tidak nyaman dalam perut, yang membuat seseorang ingin muntah.

1. Nyeri dikarenakan cedera

Rasa nyeri yang diakibatkan oleh cedera patah tulang, cedera kepala, dan cedera lain tentu dapat menyebabkan keringat dingin.

1. Stress

Biasa terjadi akibat rasa cemas yang berlebih, atau rasa takut. Ketika anda merasakan takut, cemas, panik, ataupun stress tubuh akan mengartikan hal tersebut sebagai ancaman. Kalenjar keringat akan memicu produksi keringat, meskipun suhu udara disekitar kita tidak meningkat. Perasaan seperti itulah yang dapat memicu munculnya keringat dingin.

1. Overdosis obat

Terlalu sering mengkonsumsi jenis obat juga menyebabkan munculnya keringat dingin. Obat antibiotik, suplemen herbal, tekanan darah, paracetamol dan tamoxifen menjadi penyebab munculnya keringat dingin.

Pada dasarnya, cara meredakan keringat dingin sangat bergantung pada penyebab yang mendasari munculnya keringat dingin tersebut. Tentu, munculnya keringat dingin akan membuat aktivitas anda akan terganggu. Meredakan keringat dingin, cobalah dengan menarik napas dalam-dalam selama beberapa kali hingga anada merasakan ketenangan. Anda juga harus memakan makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Apabila keringat dingin muncul, diimbangi dengan gejala-gejala yang disebutkan diatas maka segeralah periksalah ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, guna untuk mencari akar permasalahan yang terjadi dan segera mendapatkan penanganan yang tepat. Itulah sedikit penyebab keringat dingin di kepala atau bagian organ tubuh yang lain. Semoga bermanfaat.

, , , ,