Sponsors Link

3 Penyebab Kulit Kepala Berjerawat dan Rambut Rontok

Sponsors Link

Kepala menjadi salah satu orang penting di tubuh manusia yang disana terdapat berbagai macam bentuk organ atau bagian bagian kepala yang penting dan sangat vital terhadap aktivitas maupun setiap proses yang terjadi di tubuh. Bagian kepala yang vital perannya tersebut diantaranya seperti mata sebagai indera penglihatan, hidung sebagai indera penciuman, lidah sebagai indera perasa, kuping sebagai indera pendengaran, dan otak sebagai pusat saraf dan kendali tubuh.

ads

Selain bagian bagian kepala yang penting tersebut, di kepala juga terdapat rambut yang berperan dalam menjaga kepala dari perubahan iklim lingkungan serta dapat dibentuk untuk memberikan dukungan pada penampilan. Permasalahan pada rambut dan kulit kepala tentu dapat menyebabkan penampilan seseorang menjadi menurun dan bisa juga akan menyebabkan kondisi berbahaya pada bagian kepala lainnya. Permasalahan tersebut memang akan terjadi karena berbagai macam bentuk penyebab.

Salah satu bentuk permasalahan pada rambut dan kulit kepala tersebut yang perlu dan sangat sering terjadi adalah munculnya kondisi rambut rontok disertai dengan kondisi kulit kepala yang berjerawat. Kulit kepala berjerawat dan rambut rontok akan sangat mengganggu dan perlu segera diatasi dengan baik dan benar. Untuk dapat mengatasi kondisi kulit kepala dan rambut rontok tersebut tentu perlu mengetahui penyebab dari munculnya kondisi tersebut yang dijelaskan dalam uraian dan ulasan di bawah ini.

  • Folikulitis

Penyebab munculnya kondisi kulit kepala berjerawat dan rambut rontok adalah folikulitis. Folikulitis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada folikel rambut. Selain rambut rontok, gejala lain yang juga akan terjadi adalah munculnya rasa gatal disertai dengan benjolan. Penyebab utama terjadinya folikulitis adalah infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan virus maupun jamur. Bakteri tersebut sebenarnya hidup normal di permukaan kulit namun ketika muncul luka dapat menyebabkannya menginfeksi folikel rambut. Folikulitis menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan rambut rontok dan sakit kepala.

Untuk dapat mengatasi kondisi folikulitis tersebut maka langkah awal adalah memastikannya dengan diagnosis yang benar melalui dermoskopi. Pengobatan folikulitis dapat dilakukan dengan dua cara yakni menggunakan obat obatan yang mengandung antibakteri dalam bentuk krim atau menggunakan shampo anti jamur. Selain menggunakan obat obatan, tindakan operasi kecil untuk mengeluarkan nanah agar proses penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat.

Untuk yang memiliki faktor resiko terjadinya folikulitis tersebut maka harus lebih memberikan perhatian terkait kemungkinan besar folikulitis terus terjadi dan sulit disembuhkan. Beberapa bentuk faktor resiko tinggi folikulitis diantaranya seseorang yang menderita penyakit penurunan sistem imunitas tubuh, adanya jerawat dan radang pada kulit diperparah dengan kondisi kebersihannya yang tidak terjaga, penggunaan obat tertentu seperti kortikosteroid dan antibiotik, serta adanya kerusakan jaringan permukaan kulit kepala.

  •  Alopecia aerata

Alopecia aerata merupakan kondisi kerontokan rambut yang terjadi akibat serangan sistem imunitas tubuh terhadap folikel rambut. Kondisi serangan sistem imunitas tersebut lebih sering terjadi pada rambut di kulit kepala meskipun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada bagian lain seperti alis, kumis, dan bulu mata. Alopecia aerata akan ditandai dengan kondisi kebotakan berbentuk bulat maupun lurus yang gejala awalnya adalah kondisi kulit kepala berjerawat dan rambut rontok. 

Kondisi alopecia aerata banyak terjadi pada mereka yang masih berumur di bawah 20 tahun dan menjadi salah satu jenis penyakit auto imun. Penyebab terjadinya penyakit auto imun tersebut memang masih samar dan belum terlalu jelas dan diprediksi diakibatkan oleh adanya infeksi virus, kondisi trauma, perubahan hormonal, serta adanya tekanan psikis atau fisik yang dialami oleh seseorang. 

Untuk dapat mengatasi kondisi tersebut maka memang harus disadari bahwa tidak ada obat yang secara lansung menyembuhkan alopecia aerata. Pertumbuhan rambut terkadang dapat kembali dengan sendirinya tanpa melakukan usaha atau upaya apapun. Beberapa obat obatan dan dikonsumsi untuk membantu merangsang kembali pertumbuhan rambut seperti minoxidil maupun menggunakan kortikosteroid untuk dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ada anthralin yang juga dapat mempengaruhi imunitas dan Diphencyprone (DPCP) untuk mengatasi alergi maupun gejala lainnya. Alopecia aereta juga merupakan salah satu penyebab yang perlu diperhatikan dalam mengatasi kulit kepala gatal

  •  Infeksi jamur ringworm

Penyebab lainnya yang juga dapat menimbulkan kondisi kulit kepala yang berjerawat disertai dengan kondisi rambut yang rontok cukup parah. Kondisi infeksi jamur ringworm ini dapat terjadi akibat penularan secara langsung dari mereka yang sudah terkontaminasi melalui penggunaan sisir dan handuk bersama, penularan melalui kontak langsung dengan hewan berbulu, serta adanya kemungkinan penularan secara langsung dari penyebaran spora jamur tersebut lewat udara. 

Gejala yang dapat menunjukan adanya kondisi infeksi jamur ringworm tersebut diantaranya seperti kerontokan yang terjadi pada rambut, tampak adanya binti bintil yang menyerupai jerawat namun berisi nanah, munculnya rasa gatal dan kondisi peradangan di tempat yang terinfeksi, munculnya jaringan parut, dat pasti akan menyebabkan terjadinya demam sebagai pertanda adanya kondisi infeksi pada bagian tubuh tertentu, serta dapat menyebabkan munculnya kondisi kulit kepala mengelupas dan berdarah. Untuk dapat menangani kondisi infeksi jamur ringworm tersebut maka perlu dilakukan pemeriksaan medis yang lebih mendapat dan pilihan penanganan yang tepat dapat dilakukan.

Itulah beberapa penyebab kulit kepala berjerawat dan rambut rontok yang perlu diperhatikan beserta cara pengatasannya. Selain kondisi yang dijelaskan tersebut, memperhatikan kesehatan kulit kepala dan rambut merupakan salah satu langkah utama yang harus dilakukan dengan baik dan benar dengan salah satunya menjaga kondisi kebersihannya. Kebersihan yang terjaga dapat mencegah infeksi bakteri, jamur, dan virus, sebagai salah satu penyebab munculnya kondisi permasalahan kesehatan yang terjadi di kulit kepala dan rambut sehingga kondisi rontok tidak akan terjadi. Berkonsultasi dengan dokter merupakan hal yang lebih baik dilakukan dibanding secara asal asalan mengobatinya sendiri.

, ,