Sponsors Link

5 Penyebab Kulit Kepala Gatal Terkena Matahari dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kepala menjadi salah satu bagian penting dari tubuh manusia yang perannya sangat vital terhadap segala bentuk aktivitas dan proses yang terjadi di dalam tubuh tersebut. Bagian bagian kepala terdiri dari berbagai macam organ yang memiliki fungsi penting masing masing. Beberapa bagian vital kepala tersebut diantaranya seperti mata sebagai alat penglihatan manusia, hidung sebagai indera penciuman dan awal masuknya oksigen ke dalam tubuh, mulut sebagai alat pencernaan awal dan tempat dimana lidah yang merupakan indera perasa, telinga sebagai indera pendengaran, dan tentunya otak yang merupakan pusat saraf dan kendali tubuh.

ads

Kondisi permasalahan atau penyakit yang terjadi pada kepala tentu harus dihindari karena pastinya akan memberikan pengaruh yang besar bagi kesehatan tubuh. Seperti halnya kondisi sakit kepala atau pusing yang sering dialami dapat menyebabkan seseorang menjadi kehilangan konsentrasi dan fokus bahkan akan menganggu aktivitas harian yang sedang dilakukan. Selain jenis sakit kepala, pemasalahan lainnya yang juga dapat terjadi pada kepala menyerang bagian yang lain yakni kulit kepala dan rambut.

Kulit kepala dan rambut merupakan bagian protektif pada kepala yang melindungi dari adanya perubahan lingkungan atau kondisi pengaruh lingkungan lainnya yang salah satunya adalah sinar matahari. Beberapa orang ternyata memiliki masalahan yang menjadikan kulit kepalanya gatal ketika terkena sinar matahari tersebut. Berikut beberapa ulasan mengenai kondisi kulit kepala gatal terkena matahari terkait penyebab dan cara yang bisa dilakukan dalam mengatasinya dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Kerusakan kulit kepala

Sinar matahari yang panas bukan hanya menjadikan bagian kepala terasa hangat namun adanya sinar UV juga dapat menjadikan kondisi kulit kepala rusak. Kerusakan tersebut seringkali dapat menimbulkan kondisi kulit kepala yang gatal dan tentunya akan sangat menganggu. Kerusakan pada kulit kepala akibat sinar UV yang dapat menembus bagian rambut disebabkan oleh karena rambut yang tipis atau tidak adanya rambut pada beberapa bagian dari kulit kepala.

Untuk dapat mengatasi kulit kepala gatal akibat kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV matahari terutama siang hari adalah dengan cara selalu mencuci rambut setelah beraktifitas di luar lingkungan yang terpapar sinar matahari secara langsung, menggunakan pelindung kepala bagi mereka yang memang memiliki masalah dengan rambut yang tipis atau adanya kebotakan sehingga sinar matahari dengan gelombang UVnya tidak langsung mengenai bagian kulit kepala.

  1. Kepala yang digaruk

Rasa panas dari sinar matahari memang akan menimbulkan rasa yang gatal. Menggaruk bagian kepala yang gatal tersebut malah lebih memperburuk kondisi gatal yang dirasakan karena kulit yang lebih sensitif ketika terpapar oleh sinar matahari. Menggaruk juga dapat menyebabkan munculnya iritasi pada kepala sehingga bisa jadi muncul masalah lainnya yang lebih berbahaya yakni infeksi pada kulit kepala. Untuk dapat mengatasi dan mencegahnya maka sebaiknya tidak sering menggaruk kulit kepala yang gatal akibat adanya sinar matahari.

  1. Keringat berlebih

Tubuh yang mendapatkan sinar matahari tentu akan merespon dengan mengeluarkan keringan karena perubahan suhu tubuh yang juga ikut meningkat. Keringat muncul sebagai bagian yang digunakan untuk menurunkan suhu tubuh kearah yang lebih normal. Adanya keringat berlebih dari hasil paparan sinar matahari dapat menyebabkan terjadinya rasa gatal dikarenakan adanya pertumbuhan bakteri aktif di bagian kulit kepala yang berkeringat tersebut. Keringat berlebih juga dapat menyebabkan munculnya reaksi alergi pada sebagian orang yang menjadikan kulit kepala gatal. Untuk mengatasi kondisi tersebut maka dapat dilakukan dengan cara mencuci kulit kepala hingga bersih dan menggunakan pelindung ketika beraktivitas diluar lingkungan.

  1. Alergi

Penyebab kulit kepala gatal terkena matahari ini sebenarnya secara tidak langsung sudah sedikit diulas dalam pembahasan terkait kondisi munculnya banyak keringat saat kepala terpapar oleh panas sinar matahari. Kondisi alergi memang dapat muncul akibat paparan sinar matahari dan adanya keringat berlebih sehingga dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi bebebrapa makanan maupun minuman hingga obat antialergi ketika keadaan yang terjadi semakin lebih parah.

Sponsors Link

  1.  Suhu lingkungan yang panas dan kotor

Kondisi sinar matahari yang cukup terik seringkali menjadikan suhu lingkungan semakin panas dan kotor akibat banyaknya debu yang bertebaran. Salah satu bentuk penyebab kulit kepala gatal terkena matahari lainnya adalah karena faktor ekternal tersebut. Kondisi debu dapat menyebabkan munculnya banyak kotoran pada kulit kepala terutama ketika muncul juga keadaan dimana kulit kepala berkeringat cukup banyak. Untuk mengatasinya sebenarnya sederhana yakni dengan mencuci rambut secara rutin terutama saat beraktivitas di luar dengan terik matahari yang kuat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab  kulit kepala gatal terkena matahari yang perlu diperhatikan dengan baik dan dapat dihindari serta dicegah melalui beberapa upaya yang disebutkan diatas. Selain dengan upaya upaya yang disebut diatas tersebut, mencegah kulit kepala gatal juga dapat diatasi dengan cara menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala melalui pembersihan yang rutin maupun penggunaan bahan alami lainnya. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi kulit kepal yang kotor diantaranya seperti lidah buaya, teh hijau.

Selain melalui bahan tersebut, pengantian model rambut menjadi lebih pendek juga dapat mencegah munculnya rasa gatal pada kulit kepala yang disebabkan oleh karena keringat berlebih yang dapat dihasilkan oleh kulit kepala pada beberapa orang tertentu. Gaya rambut pendek tentu lebih mudah mencegah kondisi rambut yang berkeringat dan lembab sebagai penyebab kulit kepala yang gatal.

, , ,