Sponsors Link

5 Penyebab Kulit Kepala Kering dan Berkerak Serta Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Setiap bagian tubuh diciptakan tentu memiliki peran dan fungsinya masing masing yang berguna untuk mendukung segala bentuk proses dan aktivitas manusia. Kepala menjadi salah satu bagian tubuh yang penting dan vital perannya bagi kelangsungan hidup manusia. Pada kumpulan organ teratas tubuh manusia tersebut terdapat beberapa bagian bagian kepala yang memiliki peran serta fungsi satu sama lain guna berlangsungnya segala bentuk proses di dalam tubuh maupun aktivitas yang dijalani oleh seseorang setiap hari.

ads

Bagian bagian kepala yang dimaksud tersebut diantaranya seperti tulang tengkorak yang melindungi otak, rambut yang melindungi kepala dari perubahan cuaca, mata sebagai indera penglihatan, hidung sebagai indera penciuman dan awal dari saluran pernafasan, mulut yang merupakan tempat lidah sebagai indera pengecap berada dan menjadi pintu masuk awal makanan ke saluran pencernaan, kuping sebagai indera pendengaran, dan yang utama adalah otak yang memiliki peran sebagai pusat kendali dan pusat saraf.

Adanya permasalahan pada bagian kepala dapat memberikan dampak yang cukup berarti bagi kondisi kesehatan sehingga harus dapat dihindari. Permasalahan pada kepala bukan hanya berupa kondisi sakit kepala saja namun juga dapat menyasar bagian bagian tertentu pada kepala yang salah satunya adalah bagian kulit kepala. Berikut penjelasan mengenai salah satu bentuk permasalahan yang dapat terjadi pada bagian kulit kepala yakni penyebab kulit kepala kering dan berkerak dan cara mengatasinya dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Dehidrasi

Penyebab pertama yang menjadikan kulit kepala mengalami kondisi kering dan lanjut menjadi berkerak adalah ketika adanya keadaan dehidrasi di dalam tubuh terutama di bagian kulit kepala baik secara internal maupun eksternal. Dehindrasi sendiri menjadi salah satu kondisi dimana tubuh kekurangan cairan dan gejalanya menyebabkan kulit kering. Kondisi dehidrasi pada bagian kulit kepala dapat disebabkan oleh karena paparan sinar matahari yang terlalu terik, terlalu sering keramas, atau karena keramas dengan air yang panas. Untuk mengatasinya maka gunakan pelembab pada kulit kepala dan bantu atasi dehidrasi dari dalam tubuh melalui pemenuhan cairan.

  1.  Eksim

Penyebab kulit kepala kering dan berkerak lainnya adalah karena kondisi penyakit eksim. Eksim dapat menyebabkan kulit kepala menjadi berkerak dan menimbulkan kondisi yang sangat gatal. Eksim banyak terjadi pada anak anak dan kulit bayi yang secara medis belum diketahui dengna pasti pemicunya namun di duga karena kondisi sistem imunitas tubuh yang kurang dan kondisi reaksi alergi. Untuk mengatasi eksim dapat dilakukan dengan cara menggunakan krim kortikosteroid dan pelembab atas persetujuan atau rekomendasi dari dokter secara rutin pada bagian kulit kepala yang memiliki kondisi berkerak dan kering. Selama proses penyembuhan, hindari mengaruk bagian yang berkerak dan jangan menggunakan sabun atau shampo yang keras. Antiradang, antihistamin, dan antibiotik terkadang dibutuhkan untuk mengatasi kondisi eksim tersebut.

  1.  Psoriasis

Kondisi lainnya yang juga dapat menyebabkan kulit kepala kering dan berkerak adalah karena kondisi permasalahan kesehatan yang disebut sebagai psoriasis. Psoriasis merupakan kondisi peradangan pada kulit kepala yang ditandai dengan adanya ruam, tebal, kulit kering, bersisik atau berkerak, dan mudah terkelupas seperti ketombe, serta dapat juga disertai dengan kondisi nyeri atau gatal. Psoriasis kulit kepala lebih banyak disebabkan oleh kondisi gangguan pada sistem imun, faktor keturunan, stres, dan pengaruh cuaca dingin. Psoriasis bukan hanya terjadi pada kulit kepala namun juga dapat menyerang bagian kulit lainnya seperti lutut, siku, dan punggung bagian belakang.

Psoriasis dapat menyebabkan penderitanya mengalami kondisi yang kurang nyaman dan memang dapat terjadi pada semua usia. Untuk mengatasi kondisi psorisasi tersebut tentu berbeda pada masing masing individu tergantung dari kondisi yang dialami. Beberapa terapi yang digunakan untuk mengatasi psoriasis pada kulit kepala diantaranya seperti obat oles, obat minum seperti kortikosteroid, methotrexate, derivat vitamin D dan vitamin A, serta ciclosporin, obat suntik, hingga terapi menggunakan penyinaran sinar ultraviolet.

Sponsors Link

  1. Dermatitis seboroik

Penyebab lainnya yang juga akan menjadikan kulit kepala menjadi kering dan berkerak adalah karena dermatitis seboroik yang merupakan kondisi dimana kulit kepala menjadi merah, bersisik, dan berketombe. Penyebab dermatitis seboroik ini bukan karena kondisi rambut dan kulit kepala yang kurang terjaga kebersihannya saja namun juga karena faktor lain seperti adanya jamur Malassezia  di kulit kepala. Penyakit ini biasanya akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang sehingga perlu penanganan yang bertahap dan berulang. Pada awal pengatasannya, dokter akan memberikan shampo untuk mengatasi ketombe lalu bertahap mengatasi kondisi dermatitis seboroik dengan memberikan obat anti jamur dan obat obatan lainya.

  1. Minyak alami yang berkurang

Selain karena keadaan yang disebabkan diatas, kulit kepala yang menjadi kering dan berkerak juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi lainnya seperti ketika minyak alami yang melembabkan kepala berkurang jumlahnya. Hilangnya minyak alami sebagai bahan pelembab kulit kepala tersebut disebabkan oleh karena adanya pengaruh dari produk perawatan rambut yang digunakan. Untuk mengatasi kondisi hilangnya minyak alami kulit kepala tersebut dapat dilakukan dengan cara menghindari penggunaan produk perawatan rambut yang berpengaruh pada minyak dan memberikan kelembapan lebih pada kulit kepala sementara.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kulit kepala kering dan berkeran serta beberapa cara yang dapat dilakukan sesuai dengan hal yang mendasari munculnya keadaan tersebut. Menjaga kulit kepala tetap bersih, menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi kulti kepala kering.

, ,