Sponsors Link

Penyebab Kulit Kepala Mati Rasa dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Setiap orang tentu pernah mengalami masalah kesehatan yang terjadi di daerah kepala. Kondisi permasalahan pada daerah kepala tersebut menjadi salah satu hal yang sering menggangu aktivitas sehari hari. Selain pusing ada beberapa jenis sakit kepala lain yang dapat terjadi pada setiap orang dengan penyebabnya masing masing diantaranya seperti migrain, leher berat, trauma kepala, sakit kepala cluster, dan sakit kepala akibat penyakit tertentu seperti meningitis, sinusitis, bahkan akibat kanker pada daerah kepala dan vertigo,

ads

Kondisi permasalahan pada daerah kepala tentu harus menjadi perhatian serius setiap orang dikarenakan adanya pelung resiko besar terhadap kesehatan bahkan jiwa seseorang. Kondisi ini terutama di karenakan pada bagian bagian kepala terdapat berbagai macam organ penting yang fungsinya sangat sentral bagi kehidupan manusia seperti otak sebagai pusat dari sistem syarat, mulut sebagai alat berbicara dan awal masuknya makanan maupun minuman ke dalam tubuh, serta berbagai macam indera dengan segala fungsinya yakni mata, kuping, lidah, dan hidung.

Kondisi tersebut menjadikan setiap permasalahan kesehatan yang terjadi pada daerah kepala harus diketahui secara jelas sebab dan mungkin akibat yang dapat terjadi serta bagaimana cara mengatasinya. Selain sakit dan nyeri kepala, kondisi lain dikepala yang perlu dipahami adalah keadaan dimana kulit kepala mati rasa. Dalam artikel ini, drsakitkepala.com akan menjelaskan mengenai penyebab dan hal yang perlu diwaspadai dari keadaan kulit kepala yang mengalami mati rasa tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

Penyebab Kulit Di Daerah Kepala Mati Rasa

Kondisi mati rasa dapat terjadi ketika ada penekanan yang lama pada daerah permukaan tubuh tertentu. Adanya penekanan tersebut dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah ke daerah daerah ujung syarat. Kondisi terhambatnya aliran darah tersebut dapat menyebabkan syaraf pada bagian ujung mengalami kekurangan oksigen atau disebut sebagai keadaan hipoksia. Kondisi kekurangan oksigen inilah yang dapat menjadikan permukaan kulit pada bagian yang tertekan mengalami mati rasa.

Pada bagian kepala, kondisi kulit kepala mati rasa dapat disebabkan oleh penekanan seperti posisi tidur yang salah, penggunaan topi atau helm yang terlalu ketat, dan beberapa jenis penekanan dalam waktu yang lama. Jika penyebab yang terjadi pada mati rasanya kulit kepala tersebut karena penekanan yang terlalu lama maka kondisi tersebut akan membaik dengan sendirinya dan tidak menyebabkan keadaan berbahaya. Akan tetapi ada beberapa kondisi kulit mati rasa pada daerah kepala yang tentunya disebabkan oleh penyakit berbahaya yang perlu diperhatikan diantaranya seperti :

  • Penyakit Diabetes, tulang belakang yang kecetit, herpes, kusta.
  • Kelainan pada otak seperti AVM atau koneksi pembuluh darah yang abnormal
  • TIA atau Transient Ischaemic Attack yang merupakan gejala awal stroke atau memang sudah terjadi kondisi stroke
  • Peradangan pada saluran pembuluh darah yang menyebabkan terhambatnya aliran darah
  • Riwayat trauma kepala maupun operasi kepala hingga muncul kondisi cedera kepala yang permanen serta berbagai macam kondisi berbahaya lainya.

Tanda Mati Rasa Yang Perlu Di Waspadai

Kulit kepala mati rasa dapat disebabkan oleh kondisi yang normal terjadi dan tidak berdampak buruk namun juga dapat disebabkan oleh hal yang sangat berbahaya bagi kehidupan seseorang. Kondisi yang dapat minumbulkan babak berbahaya tersebut biasanya akan memiliki beberapa ciri atau tanda tambahan yang perlu diwaspadai. Berikut ini beberapa tanda kulit daerah kepala yang mati rasa akibat dari beberapa kondisi berbahaya yang perlu diperhatikan oleh setiap orang diantaranya ketika muncul rasa sakit kepala yang hebat disertai dengan keadaan mual muntah, kesulitan berbicara, linglung, hingga kehilangan kesadaran.

Cara Mengatasi Mati Rasa Di Daerah Kepala

Kondisi mati rasa pada daerah kepala sejatinya lebih banyak disebabkan oleh kondisi yang tidak berbahaya ketika penyebab mati rasa tersebut bukan karena penyakit atau kondisi berbahaya lainnya. Mati rasa pada daerah kepala juga perlu untuk diatasi karena dapat menyebabkan keadaan yang tidak nyaman dan tentu menganggu. Untuk mengatasinya adalah dengan cara mengkompres daerah kulit mati rasa dengan air hangat, menghindari penggunaan topi dan helm, tidur dengan bagian kepala yang diberi alas lembut, dan jangan tidur dalam posisi terlentang.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui dari kondisi kulit kepala mati rasa baik dalam hal penyebab sampai cara mengatasi keadaan tersebut. Dalam uraian penjelasan diatas diketahui bahwa keadaan mati rasa lebih sering disebabkan oleh kondisi yang tidak berbahaya akan tetapi tetap saja ada beberapa penyebab yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan seseorang. Karena kondisi tersebut maka ketika muncul beberapa keadaan yang perlu diwaspadai dari kondisi mati rasa, sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan tindakan medis yang tepat serta dapat menghindari kondisi yang berbahaya tersebut.

, , , ,