Kulit Kepala Mengelupas dan Berdarah : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Permasalahan yang paling umum dialami pada kulit kepala adalah kulit kepala yang terasa gatal dan berketombe. Ketombe merupakan masalah di kepala yang banyak di alami. Kulit kepala yang berketombe dapat membuat kepala terasa gatal serta tidak nyaman. Ketombe juga bisa mengganggu penampilan seseorang, karena rambut menjadi terkesan kotor dan kurang terawat. Kulit kepala yang berwarna putih yang mengelupas akan terlihat di sekitar rambut anda, dan  membuat penampilan anda menjadi kurang maksimal.

Banyak orang mengira ketombe disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan rambut. Meskipun hal tersebut merupakan salah satu pemicunya, namun itu bukanlah penyebab utama. Pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru akan secara otomatis dilakukan oleh tubuh. Akan tetapi, pergantian sel-sel kulit mati yang terlalu cepat akan menimbulkan masalah, sehingga menyebabkan rambut berketombe.

Tubuh secara teratur akan merontokkan sel kulit mati setelah membentuk sel kulit baru. Yang menjadi masalah adalah sel-sel kulit yang tumbuh dan mati dengan terlalu cepat. Kematian sel kulit yang lebih cepat akhirnya menyebabkan munculnya ketombe. Beberapa penyebab yang mungkin menjadi pemicu terjadinya kondisi ini adaah pemakaian produk perawatan rambut yang berlebihan, terlalu sering ataupun terlalu jarang keramas, stress ataupun karena dermatitis seborik.

Untuk mencegah rambut berketombe anda bisa melakukannya dengan memulai langkah-langkah sederhana seperti lebih memperhatikan kebersihan rambut anda. Anda bisa berkeramas secara teratur sesuai kebutuhan, serta melakukan perawatan rambut seperlunya. Apabila anda sudah mengalami masalah ketombe, anda bisa menggunakan shampo anti ketombe untuk mengatasinya.

Lalu bagaimana dengan kulit kepala yang mengelupas dan berdarah? Apakah kondisi tersebut berhubungan dengan masalah ketombe pada kulit kepala?

Psoriasis

Kulit kepala yang berkerak dan apabila dikelupas berdarah mungkin saja merupakan gejala psoriasis. Psoriasis adalah kelainan pada kulit yang ditandai dengan munculnya bercak putih, memerah, bersisik serta terasa kering dan terkelupas. Apabila sisik dikelupas maka dapat menimbulkan bintik perdarahan di kulit dibawahnya. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun, yakni penyakit yang muncul sebagai akibat dari sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini bisa terjadi pada berbagai bagian tubuh terutama pada kaki, lutut, sikut, serta kulit kepala.

Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang tidak menular. Psoriasis memiliki tingkat keparahan yang berbeda dengan gejala yang ringan bahkan tidak menunjukan gejala, sampai gejala-gejala yang parah. Psoriasis umumnya terjadi pada orang dewasa, dan bisa menyerang baik pria maupun wanita.

Penyebab

Penyebab pasti penyakit psoriasis ini belum diketahui. Namun kondisi ini diduga dipengaruhi oleh lingkungan serta sistem kekebalan tubuh. Pada penderita psoriasis sistem imun menyerang sel-sel kulit yang sehat seolah-olah terjadi luka atau infeksi. Produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan sehingga akan menimbulkan penumpukan sel kulit dan pada akhirnya akan membentuk penebalan. Pada kondisi normal, tubuh akan memproduksi mengganti sel-sel kulit mati dalam beberapa minggu, namun pada penderita psoriasis kondisi ini terjadi lebih cepat.

Selain disebabkan karena gangguan sistem kekebalan tubuh, faktor lain seperti faktor lingkungan dan faktor keturunan juga diduga mempengaruhi munculnya penyakit ini. Seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ini diduga lebih beresiko. Faktor lain seperti stress, cedera pada kulit, serta penggunaan obat-obatan tertentu juga diduga menjadi pemicu munculnya penyakit ini.

Gejala

Kondisi psoriasis yang dialami setiap orang memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda, mulai dari kondisi yang ringan hingga parah. Beberapa orang menunjukan gejala-gejala tertentu, sebagian bahkan tidak mengalami gejala apapun dan sebagian yang lain mengalami gejala-gejala yang cukup parah. Psoriasis bisa terjadi pada berbagai bagian tubuh termasuk pada kulit kepala.

Adapun gejala-gejala yang umum dialami oleh orang yang menderita psoriasis adalah, bagian kulit yang memiliki bercak putih, perak serta kemerahan dengan kulit yang terasa tebal, kering serta bersisik. Kulit yang bersisik tersebut bisa pecah-pecah dan apabila terkelupas kadang bisa berdarah. Pada kasus yang parah, psoriasis yang terjadi pada kulit kepala dapat menyebabkan ketombe serta rambut rontok. Gejala yang dialami setiap orang berbeda-beda. Jadi bisa saja satu orang engan orang lainnya mengalami gejala yang berbeda.

Pengobatan

Pengobatan pada kondisi ini dilakukan dengan menyesuaikan tingkat keparahan penyakit ini. Anda bisa mengobati penyakit ini dengan obat luar seperti obat oles, ataupun dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi gejalanya. Selain itu anda juga perlu lebih memperhatikan kesehatan kulit agar kondisi yang anda alami tidak semakin parah. Adapun apabila kondisi cukup parah maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penyakit yang tepat terhadap kondisi anda.

Masalah Kulit Kepala Lainnya

• Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik adalah penyakit kulit yang disebabkan karena produksi minyak yang tinggi dan jamur. Penyakit ini selain terjadi pada kulit kepala bisa juga menyerang area tubuh yang berminyak lainnya seperti punggung, wajah dahi, paha, serta ketiak. Penyakit ini memiliki gejala yang hampir mirip dengan psoriasis yakni kulit kepala bersisik, kemerahan, serta berketombe.

• Kurap

Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Penyakit ini dapat menyerang kuku, kulit tubuh bagian atas, serta kulit kepala. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya ruam kemerahan berbentuk cincin, bersisik serta terasa gatal. Ruam ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Kurap merupakan penyakit yang menular melalui kontak langsung dengan penderita ataupun penggunaan barang bersama seperti handuk ataupun pakaian.

Pencegahan

Gangguan pada kulit kepala bisa disebabkan oleh kondisi yang beragam. Masalah ketombe mrupakan permasalahan yang paling umum dialami oleh banyak orang. Permasalahan pada kulit kepala baik ketombe, psoriasis, dermatitis, ataupun kondisi lainnya dapat terasa sangat mengganggu. Apalagi jika malsalah pada kulit kepala anda diikuti dengan gejala gatal-gatal, hal ini dapat sangat mengganggu anda. Kondisi kulit kepala yang berketombe juga dapat merusak penampilan anda. Rambut yang berketombe dapat membuat anda tidak percaya diri karena membuat anda terkesan seperti orang yang kurang menjaga kebersihan.

Oleh karena itu, sebelum masalah-masalah kulit kepala menghampiri anda, alangkah lebih baiknya anda mencegah penyakit tersebut datang. Selalu jaga kondisi kebersihan dan kesehatan rambut anda. Bersihkan rambut anda dengan berekeramas secara teratur. Apabila dibutuhkan, anda bisa melakukan tambahan perawatan rambut dan kulit kepala lainnya. Apabila mulai muncul tanda-tanda kulit kepala anda bermasalah, anda sebaiknya memberikan perhatian lebih serta mengamati gejala-gejala yang mucul untuk mengetahui kondisi kulit kepala anda.

, , , ,