Sponsors Link

Kulit Kepala Seperti Ada yang Bergerak : Penyebab, Gejala, Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Anda mungkin pernah mengalami sensasi kulit kepala seperti ada yang bergerak, semacam kesemutan, tapi terjadi pada kepala. Kesemutan memang pada umumnya terjadi pada bagian lengan atau kaki. Kesemutan dapat terjadi karena karena anda diam pada posisi tertentu dalam waktu yang cukup lama. Diam pada posisi tertentu dalam waktu yang lama dapat menyebabkan saraf tertekan, serta terhambatnya peredaran darah pada bagian tubuh tertentu sehingga terjadilah kesemutan.

ads

Penyebab

Lalu bagaimana dengan kesemutan pada kepala? Kulit kepala seperti ada yang bergerak bisa terjadi karena keadaan otot kepala yang tegang yang menyebabkan saraf tepi tertekan. Hal tersebut dapat memicu terjadinya kesemutan di kepala. Biasanya kesemutan dirasakan pada kepala bagian belakang. Selain karena penyebab tersebut, kesemutan pada kepala juga bisa jadi merupakan gejala dari suatu penyakit. Berikut ini adalah beberapa penyebab kesemutan pada kepala:

  • Migrain

Migrain biasa dikenal dengan sakit kepala sebelah kanan maupun kiri, merupakan nyeri di kepala yang biasanya dirasakan pada salah satu sisi kepala saja. Migrain biasanya diikuti dengan rasa mual dan muntah. Selain itu, migrain juga dapat menyebabkan kesemutan pada kepala, serta kepekaan yang lebih terhadap cahaya dan suara. Meski belum diketahui penyebab utamanya, namun diyakini migrain dapat timbul karena pengaruh lingkungan dan genetik, seperti perubahan hormon dan pola makan.

  • Hiperkalemia

Hiperkalemia adalah kondisi dimana kadar kalium dalam darah sangat tinggi. Hiperkalemia bisa terjadi karena fungsi ginjal ataupun karena efek samping obat-obatan. Gejala-gejala dari hiperkalemia ini adalah kesemutan, mual, serta kelelahan.

  • Sinusitis

Sinusitis adalah pembengkakan yang terjadi pada sinus. Sinusitis dapat terjadi karena infeksi ataupun alergi. Sinusitis biasanya akan sembuh dalam beberapa hari, sedangkan untuk sinusitis yang lebih parah bisa berlangsung hingga 3 bulan. Gejala sinusitis antara lain rasa nyeri pada wajah, hidung tersumbat, sakit kepala, serta terganggunya indra penciuman. Sakit kepala karena sinusitis ini juga bisa menyebabkan kesemutan pada kepala.

  • Herpes Zoster

Herpes zoster adalah suatu penyakit yang ditandai dengan adanya infeksi atau ruam pada kulit. Penyakit ini disebabkan oleh  virus varicella zoster. Virus varicella zoster merupakan virus yang juga menyebabkan cacar air. Ketika anda sembuh dari cacar air, virus ini akan menetap dalam jaringan saraf dalam kondisi tidak aktif. Apabila virus ini aktif kembali, maka akan menyebabkan herpes zoster. Virus ini akan membuat infeksi pada kulit yang terdapat disekitar jalur saraf. Nah, herpes zoster ini bisa menjadi salah satu penyebab kepala kesemutan.

  • Stress

Stress merupakan kondisi yang biasanya dialami seseorang yang sedang mengalami tekanan baik dari dalam maupun luar dirinya. Stress yang berlebih bisa menyebabkan ketegangan saraf dan otot pada kepala sehingga bisa menyebabkan kepala kesemutan. Selain itu, gejala sakit kepala karena stress lainnya antara lain emosi tidak stabil, kehilangan nafsu makan, susah tidur, serta tubuh mudah lelah.

  • Tumor Otak

Tumor otak adalah tumbuhnya sel-sel abnormal di dalam otak. Gejala-gejala yang mungkin disebabkan oleh tumor otak salah satunya adalah kesemutan pada kepala. Gejala lainnya yang umum terjadi adalah sakit kepala berulang, kejang, mual dan muntah. Penyebab pasti tumor otak belum diketahui, namun diduga disebabkan oleh masalah genetik, bahan kimia, serta radiasi.

Sponsors Link

  • Stroke ringan

Stroke ringan adalah gangguan fungsi otak yang terjadi sementara. Penyebabnya adalah adanya gangguan aliran darah ke otak. Gejala-gejala yang mungkin terjadi pada stroke ringan adalah kesemutan, kelemahan pada otot wajah, serta gangguan keseimbangan. Meskipun gejalanya hanya terjadi sementara, namun penyakit ini dapat beresiko menyebabkan stroke berat bila dibiarkan.

Kulit kepala seperti ada yang bergerak yang anda alami bisa jadi disebabkan oleh trauma di kepala. Trauma pada kepala bisa disebabkan karena anda pernah mengalami benturan kepala, baik karena kecelakaan atau penyebab lain. Trauma di kepala bisa menyebabkan anda mengalami sakit kepala serta kesemutan di daerah kepala.

Penyebab lain kepala kesemutan selain yang telah disebutkan di atas adalah jantung iskemik, neuropati kranial, radang otak, dan lain-lain. Meskipun begitu, bisa jadi kesemutan yang anda rasakan di kepala hanya merupakan gejala sementara yang karena leher yang tegang ataupun saraf yang tertekan, jadi anda tidak perlu terlalu khawatir. Namun, bukan berarti anda bisa mengabaikannya begitu saja. Konsultasi dengan dokter merupakan hal yang sangat disarankan, supaya anda bisa tahu penyebab pastinya.

Cara Mengatasi

Terlepas dari penyebab-penyebab yang membuat anda mengalami kulit kepala seperti ada yang bergerak atau kesemutan di kepala, berikut ini adalah hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah serta mengatasinya:

  • Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Asupan makanan merupakan faktor penting yang mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Asupan makanan yang baik, akan membuat tubuh anda selalu fit dan lebih tahan terhadap serangan penyakit. Sementara, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan membuat anda lebih rentan terhadap resiko penyakit tertentu. Oleh karena itu, memilih makanan yang sehat untuk konsumsi anda sehari-hari akan membantu anda terhindar dari resiko kesemutan di kepala.

Sponsors Link

  • Olahraga Secara Rutin

Olahraga merupakan aktifitas yang menyehatkan bagi tubuh. Olahraga rutin dapat membantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan fungsi jantung, mengurangi timbunan lemak, mengurangi stress, serta masih banyak lagi manfaat lainnya. Anda bisa berolahraga secara rutin dua sampai tiga kali seminggu untuk membantu menjaga kesehatan tubuh anda.

  • Minum Air Putih

Tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan terganggunya kinerja tubuh, termasuk kinerja pembuluh darah. Kekurangan cairan akan mengganggu kinerja pembuluh darah untuk mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh termasuk kepala. Hal ini menjadi salah satu penyebab kesemutan di kepala. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya kesemutan di kepala, biasakan untuk memenuhi kebutuhan cairan anda dengan rajin mengkonsumsi air putih, sesuai kebutuhan tubuh anda.

  • Istirahat yang Cukup

Banyak orang yang sakit disebabkan karena kurangnya istirahat. Oleh karena itu perhatikan waktu istirahat anda. Meskipun aktivitas anda sangat padat, bukan berarti anda boleh mengabaikan waktu untuk istirahat. Kurangnya istirahat mungkin menjadi salah satu penyebab kepala kesemutan yang anda alami. Jadi pastikan anda untuk melakukan istirahat yang cukup setiap harinya.

Demikian adalah hal-hal yang anda bisa lakukan untuk mengurangi terjadinya kemungkinan kesemutan di kepala. Pada dasarnya, hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh anda adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat yang baik akan berdampak baik pula bagi kesehatan tubuh anda.

, , ,