Sponsors Link

Penyebab Leher Belakang Sakit Kepala Pusing Yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Mengalami kondisi sakit atau penurunan kesehatan merupakan keadaan yang harus dihindari karena dapat menimbulkan kondisi yang tidak menyenangkan dan sering kali menganggu aktivitas keseharian. Salah satu bagian tubuh penting yang pastinya harus diperhatikan ketika mengalami sakit adalah daerah kepala. Kepala merupakan bagian tubuh yang terdiri dari beberapa bagian bagian kepala dan organ penting seperti otak serta 4 indera yakni perasa, penciuman, pendengaran, dan penglihatan.

ads

Setiap orang tentu pernah mengalami kondisi sakit kepala yang umum seperti pusing, pening, nyeri, dan sebagainya. Kondisi sakit yang muncul pada kepala tersebut tentu akan sangat menganggu dan menjadikan sesorang perlu melakukan istirahat dikarena kondisi sakit kepala sering kali menyebabkan kesulitan untuk berfikir. Beberapa jenis sakit kepala tertenut terkadang merupakan gejala yang tidak perlu dikhawatirkan namun ada beberapa jenis lainnya yang perlu diperhatikan karena dampak bruuk yang dapat diakibatkannya.

Dalam artikel kali ini, drsakitkepala.com akan mengulas mengenai salah satu kondisi sakit kepala yang perlu mendapatkan perhatian yakni terkait dengan keadaan dimana leher belakang sakit kepala pusing. Berikut ini beberapa ulasan mengenai keadaan leher belakang yang sakit serta kondisi kepala yang pusing, terdiri dari penjelasan mengenai penyebab terjadinya gejala tersebut, akibat atau bahaya yang dapat terjadi, serta cara mengatasinya dalam penjelasan di bawah ini.

Penyebab Leher Belakang Sakit Kepala Pusing

Kondisi keluahan leher belakang yang sakit disertai dengan kepala pusing tertama pada daerah belakang dapat diindikasikan sebagai kondisi yang secara medis disebut tension headache atau sakit kepala tegang. Sakit kepala tegang dapat ditunjukan dengan beberapa gejala lain seperti nyeri atau sakit kepala terus menerus, ketegangan atau sakit pada leher, tekanan bagian belakang mata, dan lainnya. Penyebab sakit kepala dengan kondisi leher belakang yang sakit dan kepala pusing tersebut dapat diantaranya sebagai berikut :

  • Stres psikis yang cukup berat dan terjadi dalam tempo yang cukup lama
  • Penderita sedang emosi atau marah
  • Munculnya kondisi cemas atau keadaan tegang
  • Hiplogikemia atau kondisi dimana kadar gula dalam darah rendah
  • Paparan sinar matahari siang yang terik dan panas
  • Serta terjadinya keadaan dehidrasi pada tubuh penderita.

Bahaya Sakit Kepala Tegang

Sakit kepala dengan kondisi leher belakang sakit selain merupakan gelaja sakit kepala tegang juga dapat merupakan tanda adanya kondisi penyakit berbahaya lain oleh karena itu perlu untuk diwaspadai. Berikut ini beberapa bahaya yang dapat terjadi dibalik kondisi sakit kepala tegang tersebut yang diantaranya sebagai berikut ini.

  • Migrain, sakit kepala pada salah satu sisi yang terasa seperti berdenyut.
  • Sinusitis, kondisi inflamasi atau peradangan pada daerah dinding sinus pada sistem pernafasan.
  • Glaukoma, penyakit kerusakan saraf mata dengan kondisi peningkatan tekanan pada mata dan terganggunya kelapanang penglihatan.
  • Kondisi berbahaya lain, seperti tumor otak, infeksi telinga, sakit kepala cluster, dan gangguan pembuluh darah otak.

Cara Mengatasi Leher Belakang Yang Sakit Disertai Kepala Pusing

Untuk membantu mengatasi kondisi sakit kepala tegang yang ditunjukan dengan keadaan leher belakang yang sakit disertai kepala pusing tersebut dapat dilakukan dengan melakukan beberapa cara yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Istirahat yang cukup selama beberapa hari setidaknya 7 – 8 jam sehari.
  • Lakukan pembatasan terhadap aktivitas fisik yang berat serta konsumsi makanan bergizi dalam jumlah cukup.
  • Mengkonsumsi obat sakit kepala dapat membantu meringankan sakit yang terjadi.
  • Makan secara teratur dan jangan sampai terlambat karena bisa jadi beresiko menimbulkan kondisi hiploglikemia yang merupakan salah satu penyebab sakit kepala tegang.
  • Lakukan pola hidup sehat dengan cara membatasi konsumsi MSG (monosodium glutamat), kafein, alkohol, dan rokok, serta lakukan olahraga yang teratur.
  • Konsumsi air putih dalam jumlah yang banyak serta sesuai dengan kebutuhan air putih harian yang setidaknya 2 – 3 liter sehari.
  • Pengelolaan stres dan emosi perlu dilakukan agar tidak menyebabkan sakit kepala tegang. Usahakan untuk selalu

Jika memang beberapa cara mengatasi sakit kepala tegang diatas tidak kunjung memberikan hasil yang baik maka sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan diagnosis dan tindakan medis yang tepat terutama jika kondisi sakit kepala tegang berlangsung cukup lama tanpa adanya perubahan kearah kondisi yang membaik.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kondisi dimana leher belakang sakit kepala pusing yang perlu diketahui oleh setiap orang agar jika keadaan tersebut dialami dapat mengetahui hal hal yang perlu dilakukan guna menghindari keadaan berbahaya di daerah kepala. Diagnosis secara medis menggunakan CT Scan mungkin akan dilakukan pada kondisi sakit pada bagian leher belakang disertai dengan kepala yang pusing tersebut jika penyebabnya tidak kunjung ditemukan. Dengan proses CT scan maka penyebab dapat segera ditemukan dan tindakan medis untuk mengatasi keadaan tersebut dapat dilakukan melalui cara uang tepat.

, , , ,