Sponsors Link

Leher Tegang, Kepala Pusing, Perut Mual : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Seringkali saat sakit kepala kita mengalami pula leher yang tegang dan juga perut mual. Hal ini biasa terjadi pada orang yang lama duduk dalam posisi yang salah atau stres atau bisa juga kelelahan dan berbagai faktor pemicu lainnya, dari mulai yang bisa ditangani sendiri di rumah sampai yang harus dibawa ke rumah sakit ditangani oleh dokter ahli. Apalagi jika sakit kepala terus menerus dan tak kunjung hilang, maka pastinya hal tersebut sangat mengganggu aktifitas Anda. Hal tersebut harus diketahui penyebabnya agar bisa dicari bagaimana cara mengatasinya.

ads

Sakit kepala berdenyut hebat juga kadang muncul pada sakit kepala jenis ini. Penyebab sakit kepala ini banyak hal, yang menjadi pemicu utamanya biasanya adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurangnya berolahraga, stres, mengkonsumsi alkohol dan minuman keras.  Dan berikut yang lebih lengkapnya penyebab serta cara mengatasinya :

      1. Postur tubuh yang buruk

Saat sedang mengetik di depan layar komputer seringkali posisi badan kita tidak tegap dan agak membungkuk. Selain itu juga saat kita melihat layar hp, kadang kala seringkali kita asyik dengan posisi bungkuk dan leher diturunkan ke bawah. Hal seperti ini ternyata dapat membawa dampak kepada leher tegang, kepala pusing dan perut mual. Sakit kepala disertai mual tidak hanya disebabkan oleh hal – hal khusus, bahkan hal yang dianggap sepele seperti inipun dapat memicu sakit kepala jenis tersebut. Adapun cara mengatasinya yaitu, Anda dapat mencoba untuk memulai duduk dengan posisi yang baik dan benar.

      2. Motion sickness atau mabuk perjalanan 

Pada saat anda berada di perjalanan dan tiba – tiba Anda merasa mual kemudian kepala pusing dan leher tegang, maka kemunkinan Anda mengalami mabuk perjalanan. Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi motion sickness ini adalah, Anda dapat memberikan minyak angin pada bagian badan Anda depan belakang, kemudian hirup minyak angin tersebut dan minumlah air hangat. Sebelumnya, jika Anda tahu bahwa Anda suka mabuk saat perjalanan, maka cobalah untuk minum antimo terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

      3. Efek samping obat – obatan

Seringkali ada obat – obatan yang menyebabkan efek samping sakit kepala dan mual. Oleh karena itu jika kita ingin agar tidak terjadi hal tersebut sesaat setelah mengkonsumsi obat, maka coba bacalah terlebih dahulu efek sampingnya.

      4. Trauma atau benturan pada kepala

Trauma atau benturan yang terjadi pada kepala Anda, dapat menyebabkan timbulnya kepala pusing, leher kaku dan perut mual. Cobalah mengatasinya dengan segera mengompres kepala yang terkena benturan dengan air es yang dibalut kain.

      5. Dehidrasi

Suatu kondisi dimana tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, dapat menyebabkan aliran darah yang menuju ke otak tidak lancar, yang berakibat pada kurangnya pasokan oksigen di otak. Hal tersebut memicu timbulnya sakit kepala disertai dengan mual dan juga leher tegang. Mengatasinya, yaitu dengan minum air putih yang cukup, buah buahan dan juga sayuran. Namun jika sudah dehidrasi sedang, minumlah larutan oralit.

      6. Peradangan di dalam telinga

Saat Anda merasakan sakit di bagian telinga yang disertai peradangan , maka hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya kepala pusing dan juga mual. Saat Anda mengalami hal ini yang disertai dengan demam, maka Anda harus segera membawanya ke dokter.

Kapan harus dibawa ke dokter

Leher tegang, kepala pusing dan perut mual, memang terkadang bukan merupakan suatu pertanda adanya penyakit serius tertentu. Namun, suatu ketika dapat menjadi suatu gejala kondisi penyakit serius tertentu jika disertai dengan gejala lain. Dan berikut ini beberapa tanda dan gejala yang menyertainya, yang mengharuskan Anda untuk membawanya ke dokter :

  • Demam
  • Cara berbicara menjadi cadel
  • Muntah lebih dari 3 kali dalam sehari
  • Tidak BAK selama hampir 8 jam atau bahkan lebih

Itulah tadi beberapa penyebab leher tegang, kepala pusing dan perut mual, serta cara mengatasinya. Jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat dengan olahraga secara rutin, menghindari alkohol, rokok dan juga stres. Dan juga selalu jaga pola makan Anda dengan selalu makan pada jam nya dan mengkonsumsi makanan bergizi dan sehat. Semoga bermanfaat!

 

, , ,