Sponsors Link

15 Makanan Pemicu Vertigo dan Minuman yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Tahukah anda bahwa penyakit vertigo dapat lebih mudah kambuh karena pengaruh dari kandungan suatu makanan? Hal ini pasti tidak banyak anda ketahui, apalagi jenis makanannya itu sendiri. Tidak banyak juga orang yang mengetahui bahwa penyakit vertigo ini wajib menghindari beberapa kandungan makanan. Apa sajakah kandungan makanan tersebut?

ads

Kandungan makanan yang harus dihindari oleh penderita vertigo agar vertigo yang diidapnya tidak mudah kambuh terdapat pada beberapa jenis makanan. Permasalahannya sekarang adalah apa sajakah jenis makanan tersebut untuk dihindari? Berikut ini ada 15 jenis makanan pemicu vertigo yang harus dihindari dalam keseharian penderita vertigo. Penjelasan mendetail mengenai masing-masing jenis makanan akan disampaikan pada bagian berikut ini:

  1. Makanan yang Diolah dengan Digoreng

Penderita vertigo sangat disarankan untuk menghindari makanan yang diolah dengan digoreng. Alasannya adalah karena makanan yang digoreng diketahui mengandung kolesterol jahat yang berbahaya untuk tubuh. Kolesterol jahat ini akan memicu tubuh menjadi lebih mudah sakit kepala karena efek tekanan darah yang juga meningkat. Oleh sebab itu, pastikanlah untuk menghindari berbagai makanan yang diolah dengan digoreng, apalagi digoreng dengan minyak yang telah dipakai berulang kali. Contohnya seperti gorengan yang dijual di banyak pinggir kota dan menggunakan minyak yang sama.

  1. Makanan Mengandung Santan

Penderita vertigo juga disarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung santan. Seperti diketahui, santan seringkali digunakan dalam beberapa pengolahan makanan di Indonesia. Misalnya gulai, soto, dan rending diketahui menggunakan santan yang sangat banyak. Penggunaan santan ini sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita vertigo. Pasalnya santan dapat memicu tekanan darah tinggi dan membuat vertigo mudah kambuh pada penderitanya. Itulah mengapa para penderita vertigo harus berhati hati dalam memilih konsumsi makanannya sebagai obat vertigo alami agar penyakitnya tidak mudah kambuh kembali seperti pada orang lain.

  1. Makanan yang Terbuat dari Organ Dalam Hewan (Jeroan)

Jeroan adalah makanan yang diolah dari berbagai organ dalam pada hewan. Organ dalam ini bisa berupa ati, ampela, usus, dan masih banyak lagi. Pengolahan makanan ini banyak ditemukan di Indonesia dan beberapa negara Asia lain. Permasalahannya adalah kandungan dalam jeroan ini sangat berbahaya untuk memicu penyakit tekanan darah tinggi. Jika penyakit tekanan darah tinggi telah menyerang, maka tidak butuh waktu lama bahaya penyakit vertigo pun kambuh pada diri seseorang. Dengan demikian, sebisa mungkin janganlah konsumsi makanan yang terbuat dari organ dalam hewan (jeroan).

  1. Makanan dengan Berbagai Macam Bumbu Instan

Makanan dengan bumbu instan merupakan makanan yang banyak dinikmati masyarakat modern kini. Seperti diketahui ada banyak bumbu instan yang tinggal digunakan dapat menghasilkan berbagai makanan. Bumbu instan ini dapat digunakan untuk membuat mie rebus, mie goreng, nasi goreng, dan banyak jenis lainnya. Kandungan dalam bumbu instan ini diketahui tidak baik untuk kesehatan penderita vertigo. Pasalnya penderita vertigo akan lebih mudah sakit dan kambuh penyakitnya. Jadi untuk menghindari kambuh yang terllau sering dan mengganggu aktivitas, maka hindarilah konsumsi makanan dengan berbagai bumbu instan.

  1. Makanan Cepat Saji

Cepat saji adalah cara pengolahan makanan yang mengedepankan kualitas lezat dalam waktu singkat. Makanan yang diolah dengan cepat dikenal juga dengan istilah fast food. Berbagai makanan cepat saji ini dapat anda temukan di sekitar anda. Misalnya ayam goreng, hamburger, pizza, dan banyak lagi jenisnya. Berbagai makanan cepat saji ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita vertigo. Alasannya karena berbagai makanan cepat saji memiliki kandungan yang memicu sakit kepala lebih mudah terjadi. Oleh sebab itu, olahlah makanan anda sendiri dan hindari makanan cepat saji.

  1. Makanan yang Mengandung Berbagai Jenis Daging (Sapi, Ayam, Ikan Laut)

Seperti diketahui penggunaan daging dalam masakan di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Berbagai olahan daging ini disebut sebagai lauk untuk melengkapi konsumsi nasi sehari-hari masyarakat. Permasalahan timbul ketika penderita vertigo disarankan untuk tidak mengonsumsi berbagai macam daging. Beberapa jenis daging yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita vertigo adalah daging merah (sapi, kambing, babi, dsb), daging ayam, dan juga daging ikan laut. Hanya daging ikan tawar yang aman dikonsumsi oleh penderita vertigo. Oleh sebab itu, konsumsilah daging ikan tawar untuk mengganti konsumsi daging anda.

Sponsors Link

  1. Makanan yang Mengandung Berbagai Jenis Telur

Konsumsi telur oleh penderita vertigo diketahui pun dapat memicu kambuhnya penyakit vertigo yang diidapnya. Hal ini perlu menjadi perhatian, karena kebanyakan masyarakat hanya mengetahui bahwa telur memiliki kandungan nutrisi yang tinggi tanpa mengetahui efek sampingnya pada kesempatan tertentu. Anda dapat mengonsumsi telur secara berkala dan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Namun, jika berlebihan kandungan telur dapat meningkatkan kolesterol anda dan memicu vertigo untuk menyerang kesehatan anda kembali. Jadi sebisa mungkin hindarilah konsumsi telur sehari hari anda.

  1. Makanan dengan Bahan Dasar Mentega dan Susu

Berbagai makanan dengan berbahan dasar mentega dan susu merupakan banyak jenis kue kue. Ternyata penderita vertigo disarankan untuk tidak mengonsumsi berbagai jenis kue itu. Alasannya adalah kue kue yang diolah dari mentega dan susu mengandung kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan. Kadar kolesterol yang meningkat pun dapat menyebabkan vertigo lebih mudah kambuh. Oleh sebab itu, hindarilah konsumsi berbagai makanan yang berbahan dasar mentega dan susu, seperti kue tart dan banyak jenis lainnya.

  1. Makanan Beku (Nugget, Bakso, Keju, Kornet)

Makanan beku yang diawetkan seperti nugget, bakso, keju, dan kornet merupakan satu lagi jenis makanan penyebab vertigo yang wajib dihindari oleh penderitanya. Jenis makanan ini diketahui memiliki kandungan natrium yang tinggi juga natrium benzoate. Penderita vertigo harus terbebas dari kandungan natrium benzoate ini. Alasannya adalah vertigo sangat mudah kambuh jika penderitanya terlalu banyak mengonsumsi makanan beku. Jadi hindarilah beberapa jenis makanan diatas, untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan vertigo tidak kambuh lagi.

ads
  1. Makanan seperti Keripik/ Snack dengan MSG Tinggi

Ada juga banyak jenis makanan seperti keripik dan snack yang mengandung MSG tinggi. ternyata berbagai makanan ini termasuk dalam penyebab vertigo yang harus dihindari. Kandungan MSG dalam makanan diketahui merupakan salah satu pemicu seseorang menjadi lebih mudah sakit kepala. Hal ini berlaku untuk penderita vertigo karena vertigo akan menjadi lebih mudah menyerang atau kambuh istilahnya. Oleh sebab itu, hindarilah konsumsi snack dan berbagai macam keripik yang diketahui kandungan MSGnya sangat tinggi. Tubuh anda pun kemudian dapat lebih mudah terhindar dari efek vertigo yang berbahaya.

  1. Makanan dari Biji Bijian

Biji bijian merupakan bahan makanan yang sering diolah sebagai pelengkap suatu makanan. Ternyata makanan yang mengandung biji bijian juga dikategorikan sebagai makanan penyebab vertigo kambuh. Sebisa mungkin hindarilah beberapa biji bijian seperti biji kenari, biji wijen, dan juga biji labu. Jenis biji bijian tersebut memiliki kandungan tyramine yang menurunkan kadar serotonin. Sehingga peredaran darah menuju otak pun menjadi tidak lancar. Hal ini pastinya juga dapat membuat sakit kepala lebih mudah muncul. Oleh sebab itu, hindarilah berbagai macam jenis biji bijian dalam konsumsi makanan anda.

  1. Makanan seperti Buah dan Sayur Kaleng

Buah dan sayur kaleng merupakan makanan yang dapat anda temukan dengan mudah dipasaran. Ternyata makanan yang menawarkan kemudahan ini tidak seperti buah dan sayur segar. Buah dan sayur kaleng merupakan makanan yang mengandung bahan pengawet dan tergolong penyebab vertigo pada anak. Pasalnya makanan ini mengandung bahan pengawet dan bahan penambah rasa yang berbahaya. Kandungannya dapat menghambat peredaran darah kemudian membuat sakit kepala menjadi lebih mudah kambuh, termasuk juga sakit kepala jenis vertigo.

  1. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol merupakan satu lagi jenis konsumsi yang harus dihindari oleh para penderita vertigo. Tidak hanya minuman keras saja, beberapa makanan yang diolah menggunakan alkohol pun lebih baik tidak dikonsumsi karena termasuk makanan penyebab vertigo. Tahukah anda apa saja jenis makanan yang diolah dengan menggunakan alkohol? Tiramisu dan beberapa jenis pasta diolah menggunakan wine, jadi baiknya anda pun menghindari makanan tersebut untuk kesehatan anda. Vertigo pun kemudian tidak mudah kambuh lagi seperti sebelumnya.

  1. Minuman yang Mengandung Kafein

Kafein seringkali terkandung dalam beberapa jenis minuman seperti kopi, teh, dan masih banyak lagi. Berbagai jenis minuman tersebut diketahui pun sangat berbahaya untuk anda penderita vertigo. Alasannya adalah karena kafein dapat memperlambat aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, khususnya ke bagian kepala. Sehingga vertigo pun menjadi lebih mudah kambuh. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindarilah konsumsi minuman yang mengandung kafein di sekitar anda.

  1. Minuman Bersoda

Satu lagi penyebab vertigo yang harus anda hindari. Akan tetapi, bentuk ini lebih banyak muncul sebagai minuman. Minuman bersoda adalah nama konsumsi yang harus anda hindari agar sakit kepala anda tidak semakin berbahaya. Anda dapat menghindari konsumsi soda dengan menghindari minuman ringan. Beberapa jenis minuman ini mengandung banyak sekali gula dan sodanya dapat membuat sakit kepala anda menjadi lebih mudah kambuh. Jadi mulai sekarang hindarilah konsumsi minuman ringan tersebut.

Demikianlah informasi mengenai 15 jenis makanan pemicu vertigo yang tidak boleh dikonsumsi lagi oleh para penderita vertigo. Tentunya informasi ini sangat dibutuhkan oleh para penderita vertigo untuk mencegah vertigo yang dialaminya mudah kambuh dan menyiksa kesehariannya. Oleh sebab itu, semoga anda dapat memanfaatkan informasi ini untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

, , ,
Oleh :