Sponsors Link

6 Makanan Penyebab Meningitis Yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Meningitis adalah penyakit yang cukup berbahaya dan menakutkan untuk semua orang. Meksipun jenis meningitis yang disebabkan oleh virus biasanya bisa diobati dan kondisi penderita bisa pulih normal. Hanya saja jika terkena meningitis akibat bakteri maka bisa menjadi kondisi yang sangat berbahaya dan sulit untuk diobati.

ads

Meningitis sendiri adalah peradangan pada selaput meninges yang melindungi otak dan sum sum tulang belakang. Ketika bakteri atau virus masuk ke dalam tubuh maka akhirnya menyebar lewat pembuluh darah yang kemudian sampai ke bagian meninges. Saat infeksi terjadi maka penderita akan merasakan beberapa gejala radang selaput otak pada anak dan orang dewasa. Masuknya bakteri atau virus ternyata bisa juga berasal dari makanan atau minuman yang kurang sehat dan masuk ke dalam tubuh. Agar Anda juga bisa menjaga kesehatan tubuh maka perhatikan makanan penyebab meningitis yang harus diwaspadai, seperti berikut ini.

  • Makanan yang terkontaminasi bakteri shigella

Bakteri shigella adalah jenis bakteri yang akan menyebabkan keracunan pada tubuh manusia. Biasanya bakteri berkembang pada makanan yang sudah terkontaminasi atau makanan yang sudah dimasak beberapa hari. Keracunan shigella bisa menyebabkan meningitis yang ditandai dengan sakit kepala terus menerus sampai penderita sangat lemah. Kemudian jika bakteri menyebar sampai ke otak maka inilah yang menyebabkan meningitis yang paling tepat.

Keracunan makanan ini bisa ditandai dengan munculnya beberapa gejala seperti demam yang sangat tinggi, kram pada perut, perut sakit saat ditekan, mual dan muntah, diare berdarah atau berlendir.

  • Makanan terkontaminasi oleh penderita meningitis

Jenis makanan lain yang bisa menyebabkan meningitis adalah ketika makanan disentuh oleh orang yang sudah terkena infeksi meningitis. Kondisi ini juga disebabkan oleh bakteri shigella yang kemudian sudah masuk ke otak dan menyebabkan infeksi di dalamnya. Jenis makanan ini paling sering dijumpai di kawasan rumah makan yang ramai, rumah makan yang ada di lingkungan yang kurang bersih dan sehat atau bahkan kontaminasi yang tidak sengaja. Akhirnya setelah terkena demam sebagai tanda masuknya infeksi maka penderita akan mengalami sakit kepala berdenyut hebat.

  • Produk makanan olahan yang tidak dipasteurisasi

Pada dasarnya semua jenis makanan atau minuman kemasan yang tidak dipasteurisasi bisa menyebabkan meningitis. Pasteurisasi adalah proses pemanasan untuk membunuh berbagai jenis bakteri termasuk bakteri shigella yang bisa menyebabkan infeksi. Berbagai jenis makanan olahan tradisional yang sering tidak dipasteurisasi seperti susu, keju, yogurt, dan jenis makanan lain. Karena itu penting untuk memilih makanan kemasan yang memang sudah dipasteurisasi.

  • Air dari sumber yang tidak bersih

Konsumsi air tanah seperti air sumur, air danau atau air dari saluran irigasi secara langsung juga akan menyebabkan meningitis. Hal ini karena air ini mengandung banyak jenis bakteri sehingga akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan aliran darah sampai akhirnya menyerang otak. Karena itu ketika terkena sakit kepala akibat dehidrasi maka harus waspada pada air yang dikonsumsi. Usahakan mengonsumsi air mineral yang sudah diolah dan dikemas dengan aman.

  • Makanan tidak bersih dan dihinggapi lalat

Penyebab lain dari meningitis adalah ketika Anda mengonsumsi makanan yang sudah dihinggapi lalat. Ini sumber makanan yang sangat buruk karena kemungkinan lalat menyebarkan sumber bakteri shigella yang berpotensi menyebabkan meningitis. Biasanya sumber makanan ini didapatkan dari lingkungan tempat tinggal yang kurang bersih dan juga makanan yang dijual di tepi jalan namun tidak dijaga kebersihannya. Jika sudah sering mengonsumsi makanan seperti ini maka perhatikan dengan munculnya ciri ciri meningitis pada orang dewasa.

  • Makanan sisa 24 jam lebih

Kebiasaan mengonsumsi makanan sisa kemarin memang sering dilakukan untuk menghemat biaya makanan. Hanya saja jika makanan sudah disimpan selama lebih dari 24 jam maka itu artinya makanan sebenarnya sudah tidak sehat. Makanan ini sudah mengandung berbagai jenis bakteri yang muncul dari bumbu atau jenis bahan dalam makanan tersebut. Termasuk juga untuk makanan yang sudah disimpan di dalam kulkas lebih dari 24 jam. Jadi hindari mengonsumsi makanan ini ya.

Langkah Mencegah Meningitis

  • Melakukan vaksinasi meningitis

Saat ini sudah ada vaksinasi untuk mencegah meningitis. Ini sangat penting dilakukan terutama jika Anda akan bepergian ke wilayah yang terkena viral meningitis, misalnya Arab Saudi. Karena itulah bagi yang mau berangkat haji atau umroh biasanya ada kewajiban untuk vaksinasi. Namun agar lebih aman maka anak-anak usia 11 sampai usia 18 tahun perlu mendapatkan vaksinasi ini.

  • Tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain

Penularan meningitis memang bisa dilakukan dengan kontak langsung dari penderita. Termasuk juga lewat saluran pernafasan dan udara seperti batuk dan lendir hidung. Karena itu sebaiknya Anda juga tidak bertukar atau berbagi barang pribadi dengan orang lain. Misalnya seperti handuk, sikat gigi, botol minum, lipstik, rokok dan gelas minum.

  • Perhatikan jarak dengan orang yang sedang terinfeksi

Bakteri yang menyebarkan meningitis bisa berkembang pada cairan hidung dan tenggorokan. Kemudian penyebaran lebih lanjut akan melalui batuk dan bersin. Karena itu ketika Anda berdekatan dengan orang yang terkena meningitis maka harus menjaga jarak. Anda sebaiknya selalu menggunakan masker penutup hidung. Ketika Anda baru bersentuhan dengan penderita maka segera cuci tangan Anda. Perhatikan aturan ini jika Anda tinggal dalam keluarga yang terkena meningitis.

  • Biasakan jaga kebersihan tubuh

Anda juga harus terbiasa untuk menjaga kebersihan tubuh. Banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti berganti pakaian secara teratur, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau menyentuh binatang peliharaan, mencuci tangan setelah mengganti popok bayi dan tutup hidung atau mulut ketika bersin atau batuk.

  • Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Anda juga harus terbiasa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena tubuh paling rentan dengan meningitis ketika lemah atau mudah sakit. Langkah ini juga sangat baik untuk mencegah penyakit infeksi lain. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti dengan olahraga teratur, konsumsi buah-buahan dan sayur. Dan dapatkan asupan protein untuk tubuh secara rutin.

Itulah makanan penyebab meningitis yang harus diwaspadai agar tubuh tetap sehat. Karena penyakit meningitis sangat berbahaya maka langkah pencegahan harus dilakukan sejak dini.

, ,



Oleh :