Sponsors Link

6 Makanan Penyebab Rambut Rontok Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Makanan merupakan salah satu komponen penting yang harus dipenuhi oleh setiap manusia dalam kehidupannya. Jumlah konsumsi makanan yang cukup dapat membantu seluruh organ tubuh ternutrisi dengan baik sehingga semua bentuk peran dan fungsinya dapat berjalan secara oprimal. Kondisi sebaliknya juga dapat terjadi ketika seseorang kekurangan nutrisi akibat konsumsi makanan yang kurang sehingga berbagai macam bentuk aktivitas yang seharusnya dijalani oleh setiap individu manusia dapat menjadi terhambat dan tidak berjalan sebagai mana mestinya.

ads

Makanan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh ketika dikonsumsi dengan cara benar dan dalam jumlah yang tepat. Konsumsi makanan tertentu juga bisa mendatangkan dampak negatif terhadap kesehatan seseorang akibat terlalu berlebihan dikonsumsi atau karena kandungan senyawa di dalam makanan tersebut. Beberapa jenis makanan dapat memberikan dampak negatif juga terhadap beberapa bagian bagian kepala, salah satunya rambut. Karena hal tersebut, perlu adanya pengaturan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi demi mendukung kondisi kesehatan.

Seperti yang disinggung dalam ulasan diatas, ada beberapa kondisi permasalahan pada rambut yang dapat disebabkan oleh makanan salah satunya adalah kerontokan pada rambut. Kondisi kerontokan rambut tersebut tentu akan memberikan pengaruh yang kurang baik terhadap kesehatan dan penampilan. Berikut beberapa jenis makanan penyebab rambut rontok sebagai salah satu jenis sakit kepala yang perlu diketahui dan sudah seharunya dihindari terutama dalam jumlah konsumsi berlebihan.

  1. Makanan yang manis

Jenis makanan pertama yang dapat menyebabkan rambut rontok adalah makanan dengan rasa manis. Makanan tersebut memilii nilai indeks glikemik yang tinggi. Makanan yang terlalu manis seperti permen, kue, roti, pasta, margarin hingga nasi dapat memicu terjadinya kerontokan rambut yang tentunya patut untuk dihindari. Jumlah glukosa yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan pengingkatan kadar hormon androgen yang akan memberikan pengaruh pada foliker atau kantung kelenjar kulit kepala. Pengaruh tersebut salah satunya menjadikan rambut mudah rusak dan rontok. Makanan manis memang sangat tidak disarankan untuk banyak dikonsumsi mengingat dampak buruk berbahayanya.

  1. Makanan laut dengan kandungan merkuri tinggi

Selain makanan yang memiliki rasa terlalu manid dan kandungan glikemik tinggi seperti dijelaskan diatas, agar tidak mengalami kerontokan pada rambut maka sebaiknya hindari makanan laut yang memiliki kandungan merkuri tinggi. Adanya merkuri tinggi di dalam ikan dan makanan laut lainnya memang sangat memberikan dampak negatif besar terhadap kesehatan bukan hanya kerontokan rambut. Merkuri dapat dirubah menjadi methylmercuri yang merupakan senyawa racun bagi tubuh dengan banyak dampak negatif berbahaya, salah satunya memicu terjadinya kerontokan pada rambut. Makanan laut dan ikan memang menjadi jenis makanan yang berpotensi mengandung mercuri tinggi.

  1. Makanan dengan kandungan protein tinggi

Konsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi memang dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Namun terlalu banyak makan makanan dengan kandungan protein tinggi secara berlebihan akan memberikan efek buruk terhadap tubuh yang salah satunya menyebabkan kerontokan rambut. Makanan dengan kandungan protein tinggi dapat menjadi salah satu dari daftar makanan penyebab rambut rontok karena kandungan protein tinggi malah menyebabkan over nutrisi pada rambut yang menjadikannya mudah mengalami kerusakan. Makanan berprotein tinggi ini menjadi contoh dimanan makanan sehat dan berdampak positif dapat berubah memberikam dampak negatif ketika dikonsumsi secara salah.

  1. Makanan cepat saji

Perkembangan gaya hidup yang semakin tidak sehat dapat menyebabkan seseorang lebih banyak mengkonsumsi makanan cepat saji. Makanan tersebut sudah dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan dampak postif bagi kesehatan tubuh. Salah satu bentuk dampak buruk yang dapat terjadi ketika terlalu banyak mengkonsumis makanan cepat saji adalah kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan adanya kandungan lemak jenuh di dalam makanan cepat saji yang dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan rambut. Lemak jenuh di dalam makanan cepat saji dapat menyebabkan sumbatan pada pori pori yang memicu terjadinya kerontokan rambut. Rambut yang rontok bisa jadi memicu kondisi kulit kepala mengelupas dan berdarah.

  1. Makanan dengan kandungan selenium tinggi

Jenis makanan penyebab rambut rontok lainnya yang perlu dihindari atau setidaknya dikurangi jumlah konsumsinya adalah makanan dengan kandungan selenium tinggi. Selenium merupakan salah satu kandungan makanan yang memiliki sifat antioksidan dan tentunya sangat diperlukan tubuh dalam mencegah berbagai macam penyakit berbahaya. Kandungan selenium tinggi meskipun dibutuhkan oleh tubuh ternyata ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan dampak buruk terhadap kesehatan. Tingginya kadar selenium di dalam darah dapat menyebabkan terjadinya kondisi kerontokan rambut yang semakin mudah. Beberapa makanan dengan kandungan selenium tinggi diantaranya seperti ikan tuna, daging sapi, nasi putih, kerang, dan lainnya.

  1. Makanan yang diolah dengan menggorengnya

Makanan yang pengolahannya melalui aktifitas menggoreng juga merupakan salah satu jenis makanan yang sepatutnya dihindari karena dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut. Penggunaan minyak pada proses penggorengan yang menyebabkan resiko terjadinya kerontokan pada rambut. Minyak tersebut dapat menyebabkan peningkatan hormon testosteron di dalam tubuh yang salah satu efeknya adalah meningkatkan terjadinya kerontokan rambut.

Itulah beberapa jenis makanan penyebab rambut rontok dengan penjelasan mekanisme efeknya yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap orang agar kondisi kesehatan rambut selalu terjaga dan tidak memberikan pengaruh negatif pada penampilan. Setiap jenis makanan yang disebutkan diatas, kebanyakan memang dibutuhkan oleh tubuh dan sebenarnya memberikan dampak positif pada kesehatan. Namun, ketika makanan yang disebutkan diatas tersebut dikonsumsi secara berlebihan maka efek buruk dapat terjadi yang salah satunya adalah kerontokan rambut. Selain makanan, sebenarnya ada penyakit yang menyebabkan rambut rontok dan sakit kepala.

, , ,



Oleh :