Sponsors Link

10 Makanan Penyebab Tumor Otak yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Permasalahan kesehatan pada daerah kepala menjadi salah satu kondisi yang paling dikhawatirkan terjadi karena dapat menyebabkan gangguan yang cukup buruk terutama juga bisa berpengaruh langsung pada bagian bagian kepala penting yang tentunya berdampak berbahaya. Beberapa bagian bagian kepala tersebut yang penting diantaranya organ indera tubuh seperti mata untuk melihat, kuping untuk mendengar, lidah untuk merasa, hidung untuk membau, dan tentunya otak sebagai pusat sistem syaraf tubuh.

ads

Diantara jenis sakit kepala yang dapat menyebabkan permasalahan kesehatan pada kepala, tumor otak merupakan salah satu kondisi jenis sakit kepala paling berbahaya dan pastinya memiliki tingkat peluang resiko kematian tinggi. Tumor otak secara definisi medis merupakan pertumbuhan sel sel di dalam tempurung kepala yang tidak normal. Kondisi tumor otak tentu akan langsung berefek pada fungsi fungsi otak yang pada awalnya hanya pada satu fungsi saja tergantung lokasi tumor dan berlanjut secara menyeluruh terhadap keseluruhan otak.

Tumor otak dapat disebabkan oleh beberapa hal yang belum di ketahui secara pasti namun dapat diprediksi melalui faktor faktor yang dapat menyebabkan terjadinya tumor pada otak. Faktor tersebut seperti keturunan keluarga yang pernah mengalami tumor otak, efek samping radioterapi, dan tekadang ada beberapa makanan tertentu yang juga dihubungkan sebagai salah satu penyebab terjadinya tumor pada otak tersebut. Tumor juga merupakan salah satu penyebab benjolan keras di kepala bagian belakang. Berikut ini beberapa makanan penyebab tumor otak yang perlu dihindari.

  1. Gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat karena memang rasa dan harganya yang cukup murah. Gorengan merupakan salah satu jenis makanan istan berlemak dan berminyak yang dapat dengan mudah di temui di berbagai penjuru kota dan pedesaan. Kandungan lemak dan minyaknya tersebut menjadikan gorengan merupakan salah satu makanan penyebab tumor otak apalagi jika dikonsumsi terlalu sering.

  1. Makanan dalam kemasan

Era modern ini banyak sekali makanan yang dituntut untuk dapat dibuat secara simple dan konsumsi dengan mudah. Melalui berbagai macam inovasi terciptalah makanan dalam kemasan yang menjadi salah satu makanan paling diminati saat ini karena kepraktisannya. Makanan dalam kemasan tentu cukup berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan terjadinya tumor karena adanya banyak kandungan zat kimia berbahaya termasuk pengawet.

  1. Daging merah

Daging merah menjadi salah satu makanan penyebab tumor otak yang sebaiknya konsumsinya dikontrol agar tidak terlalu sering. Daging merah seperti ayam, sapi, kambing dapat meningkatkan jumlah sel kanker di dalam tubuh apabila terlalu sering dikonsumsi. Selain tumor, daging merah dapat menyebabkan munculnya sakit kepala akibat peningkatan tekanan darah.

  1. Sate

Sate menjadi salah satu jenis olahan daging yang banyak digemari baik oleh anak anak maupun orang dewasa. Proses pembakaran dalam sate dapat menciptakan daging yang goreng dan ternyata tidak cukup mematangkan semua bagian daging sehingga masih ada yang mentah sebagian karena memang tidak dimasak secara langsung. Sate memiliki kandungan zat karsinogenik yang dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya tumor otak apabila tidak dikontrol frekuensi makannya.

  1. Makanan dengan pemanis buatan

Mengkonsumsi banyak gula dapat menyebabkan munculnya berbagai macam masalah kesehatan dikemudian hari terutama jika gula yang dikonsumsi adalah pemanis buata. Makanan dengan pemanis buatan yang tinggi juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya tumor otak.

Sponsors Link

  1. Makanan yang diawetkan tidak secara alami

Hampir sama dengan makanan instan, makanan yang diawetkan tidak secara alami atau menggunakan bahan kimia juga dapat menjadi salah satu makanan penyebab tumor. Hindari makanan dengan pengawet buatan merupakan salah satu bentuk pola hidup dan makan yang menyehatkan.

  1. Buah Durian

Durian menjadi salah satu buah yang banyak digemari karena rasa dan baunya yang khas namun memiliki nilai yang tinggi sehingga sering disebut sebagai raja buah. Beberapa kandungan di dalam durian dapat menjadi salah satu faktor penyebab munculnya tumor otak jika dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Buah Duku

Selain buah durian, duku yang merupakan salah satu buah khas dari sumatera selatan tersebut juga dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya tumor otak jika dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan di dalam buah duku dapat mengaktifkan sel kanker di dalam tubuh.

  1. Seafood

Makanan laut atau seafood merupakan salah satu jenis makanan yang sebenarnya sangat menyehatkan. Namun belakangan ini, beberapa jenis makanan luat yang salah satunya adalah kerang dapat menjadi salah satu penyeram logam berat laut yang sangat tinggi. Konsumsi makanan laut yang tidak dibersihkan dan dimasak dengan benar dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya tumor otak.

  1. Kentang goreng

Salah satu camilan favorit yang sering dikonsumsi saat nongkrong bersama di cafe ini termasuk juga kedalam salah satu makanan yang dapat menyebabkan terjadinya tumor otak. Kentang goreng dengan pengawet dan kandungan msg dapat memicu aktifnya sel sel kanker di dalam tubuh sehingga konsumsinya harus di batasi.

Itulah beberapa makanan penyebab tumor otak yang perlu diperhatikan oleh setiap orang agar dapat mengindarinya untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan bahkan tidak dikonsumsi sama sekali demi kesehatan tubuh yang terjaga. Selain makanan, sebenarnya masih ada banyak faktor lain yang dapat menjadi penyebab terjadinya tumor otak. Tumor baisanya akan diatasi  secara umum dengan cara melakukan operasi kepala.

, , , ,



Oleh :