Sponsors Link

8 Makanan untuk Memperbaiki Saraf Otak yang Mengalami Kerusakan

Sponsors Link

Ada berbagai macam jenis penyakit kepala yang dapat terjadi pada salah satu organ penting dan vital bagi aktivitas dan proses di dalam tubuh manusia. Permasalahan kesehatan yang terjadi pada bagian bagian kepala baik kondisinya ringan sekalipun seperti pusing atau sakit kepala tetap harus diperhatikan mengingat adanya resiko dampak buruk yang dapat terjadi dan menganggu bagian bagian kepala yang penting dan berperan vital bagi tubuh. Salah satu organ terpenting yang harus diperhatikan dengan baik adalah otak sebagai pusat kendali dan sistem saraf.

ads

Bentuk permasalahan pada otak yang perlu diperhatikan dengan baik agar tidak menimbulkan dampak yang besar bagi kesehatan seseorang, salah satunya adalah penyakit saraf otak di bagian bagian kepala tertentu. Penyakit saraf di bagian kepala dapat disebabkan oleh berbagai hal yang akan menimbulkan gejala gejala gangguan fungsi saraf mulai dari gangguan pada pergerakan tubuh, gangguan fungsi kognitif, gangguan berpikir, dan lain sebagainya tergantung dari bagian saraf yang mengalami kerusakan.

Penyakit saraf tentu sangat menimbulkan dampak besar bagi kesehatan sehingga selain perlu dihindari penyebab penyakit saraf tersebut juga harus ada upaya atau cara menyembuhkan penyakit saraf otak bagi yang sudah mengalaminya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah penyakit pada saraf di otak yang paling bisa dilakukan secara mandiri adalah mengkonsusmi makanan tertentu. Berikut beberapa jenis makanan untuk memperbaiki syaraf otak yang perlu diperhatikan bagi penderita kerusakan otak.

  1. Sayuran berdaun hijau

Senyawa tertentu yang terdapat di dalam sayuran berdaun hijau dapat menjadi salah satu makanan yang sebaiknya masuk dalam menu prioritas bagi penderita kerusakan saraf otak. Beberapa sayuran hijau dapat dimanfaatkan untuk mencegah maupun membantu mengatasi penyakit kerusakan otak di kepala seperti alzheimer dan jenis penyakit lainnya yang merupakan bagian dari penyebab penyakit saraf otak . Beberapa contoh sayurang hijau yang bermanfaat positif bagi kesehatan saraf otak diantaranya seperti :

  • Bayam, kandungan antioksidan di dalam bayam memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh yang salah satunya dapat membantu mengatasi penuaan pada otak dan saraf sehingga mencegah kerusakannya.
  • Brokoli, sayur brokoli memiliiki manfaat positif bagi kesehatan saraf karena kandungan mineral dan proteinnya yang melimpah. Brokoli memang dikenal sejak lama bermanfaat bagi penyakit tertentu pada tubuh.
  1. Buah dengan kandungan vitamin neuropatik

Vitamin neuropatik seperti vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 dapat membantu menjaga kesehatan saraf dan mengurangi kerusakan yang terjadi pada saraf otak tepi. Vitamin neuropatik dapat diperoleh dari beberapa jenis buah tertentu. Beberapa buah yang memiliki kandungan vitamin B tinggi diantaranya seperti :

  • Melon, buah melon memiliki kandungan vitamin B yang cukup tinggi khusunya vitamin B1 dan B6 yang termasuk vitamin neuropatik.
  • Pisang, buah yang memiliki banyak jenis ini juga merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin B tinggi.
  • Buah kurma, buah yang identik dengan bulan ramadhan ini memiliki kandungan vitamin neuropatik yang juga cukup banyak. 
  • Buah lainnya seperti apel, blueberry, cherry, jeruk bali, anggur, jambu biji, sukun, mangga, dan srikaya.
  1. Kacang kacangan

Jenis makanan untuk memperbaiki saraf otak selanjutnya adalah kacang kacangan yang memiliki kandungan protein tinggi sehingga dapat membantu proses penyembuhan yang terjadi pada kerusakan saraf. Kacang kacangan seperti almond dan kenari adalah camilan yang tepat bagi para penderita penyakit saraf akibat kerusakan pada bagian saraf tertentu. Kandungan omega 3 didalam kacang kacangan tersebut berperan dalam menutrisi otak dan saraf.

  1. Cocoa atau dark coklat

Cocoa merupan buah yang dapat diolah menjadi dark coklat dan berbagai macam jenis produk coklat lainnya. Coklat hitam atau dark coklat memiliki ektrak cocoa yang lebih tinggi dibandingkan jenis coklat lainnya dan memiliki kanduangan antioksidan yang cukup tinggi. Adanya kandungan antioksidan pada coklat hitam tersebut dapat membantu menghindarikan saraf dari kerusakan dan meningkatkan kesehatan otak. Coklat juga memiliki efek relaksasi sehingga akan meredakan stres yang terjadi sebagai salah satu pemicu semakin parahnya penyakit saraf di otak.

  1. Gandum utuh

Makanan yang juga sering disarankan untuk menjadi menu utama bagi para penderita penyakit saraf di otak adalah gandum utuh. Gandum memiliki kandungan vitamin B6 yang cukup melimpah. Vitamin B6 tersebut termasuk dalam jenis vitamin neuropatik yang memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan kesehatan saraf dan mencegah terjadinya permasalahan fungsi kognitif. 

Sponsors Link

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mulai dari mengatasi kolesterol maupun infeksi. Bawang putih ternyata juga dapat membantu mengatasi masalah pada otak yang mengarah ke kondisi kerusakan saraf. Konsumsi bawang putih secara langsung mungkin sulit dilakukan karena rasanya yang kuat, sehingga penderita kerusakan otak dapat mengkonsumsi bawang putih dalam masakan tertentu.

  1.  Teh hijau

Teh menjadi salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi di masyarakat. Teh terutama teh hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu dalam mengatasi kondisi penuaan otak maupun kerusakan saraf. Teh hijau juga dapat membantu mempercepat penyembuhan trauma kepala.

  1. Ikan sarden

Lemak omega 3 bukan hanya terdapat di dalam kacang kenari namun juga dimiliki oleh ikan sarden serta beberapa ikan lain seperti tuna, makarel, dan salmon. Kandungan lemak omega 3 tersebut baik dalam membantu mengatasi masalah kerusakan otak.

Itulah beberapa contoh makanan untuk memperbaiki saraf otak yang perlu diperhatikan agar dapat menjadi makanan prioritas bagi para penderita penyakit saraf otak. Jenis makanan lain yang jua memiliki manfaat kurang lebih sama diantaranya seperti minyak zaitun dan buah delima.

, , , , ,



Oleh :