Sponsors Link

7 Makanan untuk Penderita Meningitis dan Pantangannya

Sponsors Link

Radang selaput otak atau meningitis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang jika tidak ditangani segera akan menyebabkan kematian. Bagi anda yang memiliki gejala-gejala meningitis atau mungkin anak anda yang memiliki gejala radang selaput otak pada anak harus segera memeriksakannya ke dokter. Untuk anda yang saat ini sedang menjalani pengobatan radang selaput otak atau meningitis sebaiknya menghindari makanan – makanan yang menjadi pantangan untuk penderita penyakit radang selaput otak. Karena hal tersebut juga dapat membantu pengobatan anda menjadi lebih optimal.

ads

Lantas, apa saja makanan yang diperbolehkan untuk penderita radang selaput otak? Kali ini kami akan membagikan informasi tentang pantangan makanan dan makanan yang diperbolehkan untuk penderita radang selaput otak.

Pantangan Makanan untuk Penderita Radang Selaput Otak

Sangat penting bagi penderita radang selaput otak untuk mengetahui pantangan – pantangan makanan untuk penderita penyakit ini. Karena dengan anda menghindari pantangan – pantangan makanan tersebut nantinya dapat membantu kesembuhan anda. berikut makanan – makanan yang menjadi pantangan bagi penderita radang selaput otak :

  1. Makanan Mentah

Makanan mentah sangat tidak dianjurkan untuk penderita meningitis, karena di dalam makanan yang mentah atau setengah matang terkandung banyak bakteri yang nantinya akan semakin memperparah penyakit anda. beberapa makanan mentah atau setengah matang yang umumnya dijual di masyarakat seperti sushi dan steak. Sebaiknya masak dengan benar makanan anda sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

  1. Minuman Berakohol

Alkohol sudah terbukti sangat tidak baik untuk tubuh terutama bagi anda penderita radang selaput otak, hal itu disebabkan karena alkohol ini dapat merusak sel – sel saraf. Tentu saja dengan sel – sel saraf yang rusak akan semakin memperparah penyakit radang selaput otak anda.

  1. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi tinggi ini bersifat karsinogen yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker menjadi semakin cepat. Untuk itu bagi penderita radang selaput otak harap untuk menghindari minuman berkarbonasi seperti minuman bersoda dan minuman penambah energy.

  1. Makanan cepat saji

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau makanan cepat saji sangat  tidak sehat terutama bagi anda yang mengidap suatu penyakit karena akan semakin memperparah penyakit anda. Makanan cepat saji memiliki kandungan pengawet cukup tinggi dan zat kimia lainnya yang berbahaya untuk tubuh. Sebaiknya anda menghindari makanan cepat saji seperti sosis, sarden, kornet, dan minuman kaleng.

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Radang Selaput Otak

Selain menghindari makanan yang menjadi pantangan untuk penderita radang selaput otak kita juga perlu mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita penyakit ini. Makanan baik untuk penderita radang selaput otak tentunya akan membantu kesembuhan penyakit ini. Berikut makanan- makanan yang baik untuk penderita radang selaput otak yang perlu anda ketahui :

  1. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas serta membantu memperkuat system imun anda. hal ini sangat membantu bagi penderita radang selaput otak karena dapat membantu tubuh anda melawan bakteri atau virus penyebab radang selaput otak. Selain itu vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, zat kolagen inilah yang berperan penting terhadap pembuatan sel – sel baru pada tubuh.

Sebaiknya anda mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C tinggi, seperti :

  • Jeruk

Dibalik rasanya yang manis dan segar, jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. anda dapat mengkonsumsi buah jeruk ini secara langsung ataupun dibuat jus dengan campuran buah laninnya, namun yang perlu diingat adalah untuk tidak menggunakan banyak gula.

  • Jambu Biji

Tidak banyak orang tahu bahwa ternyata jambu biji juga kaya akan vitamin C. didalam 100 gr jambu biji terkandung 108 mg vitamin C. jambu biji bisa menjadi opsi buah lainnya apabila anda bosan dengan buah jeruk.

  • Wortel

Selain mengandung vitamin A yang tinggi ternyata wortel juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Anda dapat mengkonsumsi wortel dengan cara dimasak sayur seperti biasa ataupun di jus.

  1. Asam Lemak Omega 3

Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 menurut penelitian Maryland Medical Center dapat mengurangi peradangan karena radang selaput otak. Selain itu asam lemak omega 3 juga bisa membantu memperkuat system kekebalan pada tubuh. Berikut beberapa makanan yang

mengandung asam lemak omega 3 tinggi :

  • Ikan Salmon

Ikan salmon ini memiliki kandungan omega 3 sebesar 1,9 gr per 75 gr daging salmon. Ikan salmon merupakan ikan yang memiliki kandungan omega 3 tertinggi. Anda dapat memasaknya dengan cara merebusnya agar kandungan gizinya tidak hilang.

  • Telur

Jika salmon sulit didapatkan dan dirasa mahal, anda dapat mencoba alternative makanan lain berupa telur. Telur juga memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Anda dapat mengolahnya dengan direbus atau digoreng dengan margarin.

  • Susu Segar

Gunakan susu yang segar, jangan mengkonsumsi susu olahan seperti dalam bentuk bubuk dan susu kental manis. Susu UHT atau susu segar kandungan gizinya lebih baik karena tidak rusak dalam proses pengolahan.

  1. Makanan Mengandung Probiotik

Makanan yang mengandung Probiotik ini dapat membantu untuk memperkuat system kekebalan pada tubuh kita, sehingga dapat membantu mengoptimalkan pengobatan bagi anda yang mengidap radangselaput otak. Berikut ini beberapa makanan mengandung Probiotik yang dapat anda coba :

  • Yoghurt

Salah satu makanan dengan kandungan probiotik tinggi yang dapat anda temukan dengan mudah adalah yoghurt. Yoghurt ini merupakan olahan susu yang telah ditambahkan probiotik seperti lactobacillus. Namun, anda perlu memeperhatikan kandungan – kandungan tambahan pada yoghurt yang anda beli di supermarket.

  • Tempe

Jika anda ingin mencari makanan mengandung probiotik tinggi dengan harga terjangkau, tempe adalah solusinya. Anda dapat memasak tempe ini dengan diolah bersama sayur lainnya, usahakan untuk tidak menggorengnya dengan minyak.

  • Kefir

Kefir merupakan minuman yang diolah dari fermentasi susu kambing. Selain mengandung probiotik tinggi, kefir juga memiliki antioksidan yang mampu memperkuat system kekebalan tubuh.

Itu tadi beberapa informasi mengenai makanan yang menjadi pantangan dan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita radang selaput otak atau meningitis. Konsumsi makanan yang sehat dengan diimbangi olahraga ringan tentunya akan membantu pengobatan anda menjadi optimal, semoga membantu.

, , ,