Sponsors Link

9 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Vertigo agar Tidak Kambuh

Sponsors Link

Meskipun terdengar sepele, sakit kepala nyatanya merupakan penyakit yang dapat menggangu aktivitas Anda sehari-hari. Jika sakit kepala hanya berlangsung sebentar, mungkin Anda bisa mengobatinya dengan beristirahat sejenak atau minum obat. Namun jika sakit kepala yang menyerang adalah jenis sakit kepala cukup serius seperti vertigo, tentu Anda memerlukan penanganan yang khusus.

ads

Vertigo sendiri merupakan keadaan yang ditandai dengan ciri merasa hal-hal di sekeliling penderita berputar. Sensasi yang dirasakan oleh penderita vertigo adalah melihat seolah-olah semua hal bergoyang atau berputar dengan drastis seperti saat menaiki wahana bermain.

Hal itu sesuai dengan definisi kata vertigo sendiri yang berasal dari bahasa Yunani “Vetere” yang berarti berputar. Pada setiap orang, sensasi berputar yang dirasakan akan berbeda-beda. Beberapa orang bisa merasakan pusing mendadak setelah bangun tidur atau baru kambuh saat telah menjalani aktivitas.

Di sisi lain penyebab vertigo sendiri bisa diakibatkan oleh dua hal yaitu:

  1. Vertigo Sentral: Jenis vertigo yang pertama ini diakibatkan oleh adanya gangguan atau masalah pada bagian otak kecil atau serebelum, yang terletak di dekat batang otak dan bagian bawah otak besar.
  2. Vertigo Periferal: Bagi Anda yang mengalami jenis vertigo yang satu ini, penyebab utamanya adalah adanya gangguan pada telinga bagian dalam yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh.

Gangguan pada telinga bagian dalam sendiri bisa diakibatkan oleh virus. Telinga yang terinfeksi virus biasanya akan meradang sehingga fungsi telinga bagian dalam untuk mengatur keseimbangan jadi terganggu. Jika sudah begini maka Anda akan merasakan sakit dan pusing sehingga hal itulah yang menyebabkan vertigo.

Sementara itu untuk pengobatan, para penderita vertigo sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik. Bukan tanpa sebab, jika vertigo sedang kambuh aktivitas seseorang bisa saja terganggu karena umumnya vertigo baru bisa mereda setelah beberapa jam. Jika Anda pergi ke dokter, biasanya dokter akan memberikan obat seperti antihistamin, betahistine, dan prochlorperazine. Tidak hanya itu, sesuai dengan tingkat keparahan vertigo, dokter juga bisa memberikan saran untuk melakukan terapi.

Namun selain mengonsumsi obat-obatan dan terapi, sebaiknya Anda para penderita vertigo mulai menjaga pola makan dengan menghindari makanan yang dilarang bagi penderita vertigo. Apa saja makanan yang dilarang? Berikut ulasan selengkapnya:

1. Makanan Asin

Makanan yang dilarang untuk penderita vertigo yang pertama adalah makanan dengan tambahan garam. Bukan rahasia umum lagi garam merupakan salah satu bumbu masakan paling populer dan selalu digunakan untuk memberi rasa serta menyedapkan makanan. Namun tahukah Anda, bahwa dibalik rasa gurih tersebut, garam bisa menjadi satu hal yang membuat vertigo semakin parah.

Bukan tanpa alasan, menambahkan sepermpat garam pada makanan sama saja Anda telah menambah 600 miligram sodium. Terdengar kecil memang, namun makanan sendiri sebenarnya telah memiliki kandungan sodium yang cukup, sehingga menambahkan sodium lagi sangat tidak dianjurkan.

Terlebih dengan beredarnya makanan cepat saji, serta makanan beku dan kaleng yang mengandung banyak garam tambahan sangat tidak dianjurkan untuk Anda para penderita vertigo. Untuk itu mulai sekarang, coba kurangi konsumsi garam Anda untuk keadaan vertigo yang lebih baik.

2. Jeroan

Makanan dengan bahan baku daging seperti rawon dan soto memang sangat nikmat untuk disantap terlebih jika menggunakan daging jeroan di dalamnya. Sayang, kenikmatan tersebut justru bisa menjadi masalah sendiri bagi vertigo Anda.

Jika Anda termasuk orang yang sangat senang mengonsumsi jeroan dan memiliki vertigo, berusahalah untuk mengurangi atau tidak lagi mengonsumsinya. Bukan tanpa alasan, kelebihan lemak akibat kolesterol akan membuat aliran darah di dalam otak jadi kental. Jika darah di otak sudah mengental, maka akan timbul keluhan seperti sakit kepala, pusing yang akhirnya akan menyebabkan vertigo Anda kambuh kembali.

Sponsors Link

3. Buah Berkulit Tebal

Buah-buahan memang sangat baik untuk menambah asupan vitamin dan dapat membuat kulit lebih segar. Sayangnya bagi Anda penderita vertigo, beberapa buah seperti durian dan nangka rupanya sangat tidak dianjurkan. Memiliki rasa yang sangat khas dan sedap pastinya membuat Anda sulit untuk melewatkan dua jenis buat tersebut.

Tapi faktanya, konsumsi buah berkulit tebal dengan kandungan gula yang cukup tinggi dapat membuat asam lambung Anda naik sehingga menyebabkan mual dan pusing. Karena hal itulah mengonsumsi dua jenis buah-buahan tersebut secara berlebihan dapat membuat vertigo Anda kambuh. Untuk itu mulai kurangi konsumsi buah berkulit tebal agar vertigo tidak kambuh.

4. Makanan Manis

Siapa yang bisa menolak rasa manis dari cokelat dan permen? Makanan manis seperti itu tentu sangat nikmat dimakan saat waktu luang atau setelah makan makanan berat dengan rasa gurih. Namun sayang sekali,  makanan manis rupanya masuk dalam 11 makanan yang dilarang bagi penderita vertigo. Sama seperti buah dengan kandungan gula yang tinggi, makanan manis sangat rentan membuat Anda mual yang akhirnya dapat memicu rasa pusing dan kambuhnya vertigo.

5. Makanan Bersantan

Selain jeroan, makanan bersantan seperti opor memang terasa sangat nikmat di lidah. Tapi memiliki efek yang sama pula, makanan bersantan juga jadi makanan yang harus dihindari para penderita vertigo. Kandungan lemak yang tinggi pada makanan bersantan dapat memicu kolesterol di tubuh Anda sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Terlebih tubuh penderita vertigo yang lebih sensitif membuat konsumsi makanan bersantan akan memicu Anda pusing dan vertigo jadi kambuh.

Sponsors Link

6. Daging

Menderita vertigo memang mengharuskan Anda untuk menghindari banyak pantangan makanan seperti daging. Yup, meskipun bukan jeroan, sayang sekali daging juga harus masuk dalam daftar makanan yang dilarang bagi penderita vertigo.

Bukan hanya daging merah seperti sapi dan kerbau, daging putih seperti ayam juga tidak dianjurkan bagi penderita vertigo. Jika vertigo yang Anda miliki masih tergolong ringan, maka mengurangi konsumsi daging sudah cukup. Namun jika sudah tergolong berat, Anda harus menghentikan konsumsi daging.

Namun jangan sedih, agar asupan gizi Anda tetap tercukupi gantilah konsumsi daging dengan telur dan mengganti menu makanan dengan memperbanyak makan sayur serta buah untuk penderita vertigo. Anda juga bisa mengonsumsi susu agar tetap bugar dan sehat.

7. Kopi

Aroma harum secangkir kopi, siapa yang bisa menolaknya? Kopi memang dapat membuat Anda merasa lebih bersemangat di pagi hari dengan aromanya yang kuat, tapi siapa sangka minuman ini justru sangat tidak disarankan bagi Anda penderita vertigo.

Kopi memiliki kandungan kafein tinggi yang dapat membuat asam lambung Anda naik. Terlebih jika Anda juga memiliki penyakit maag, minum kopi dapat meningkatkan asam lambung secara drastis, menyebabkan mual dan pusing yang akhirnya membuat vertigo kambuh.

8. Gorengan

Bakwan dan tahu goreng tentu sangat sedap disantap sebagai camilan atau dimakan dengan nasi hangat. Anda pasti kecewa, sebab makanan nikmat yang satu ini juga harus masuk dalam daftar makanan yang dilarang bagi penderita vertigo. Gorengan yang banyak dijual di pinggir jalan umumnya menggunakan minyak jelantah atau minyak yang digunakan berkali-kali selama memasak. Dari situ sudah jelas gorengan sangat tidak sehat karena dalam jangka waktu panjang bisa membuat Anda terserang kolesterol.

ads

Kolesterol yang sudah timbul di tubuh akan membuat peredaran darah jadi tidak lancar sehingga menimbulkan efek samping pusing yang akan memicu vertigo Anda kambuh kembali. Sebagai langkah pencegahan vertigo, sebaiknya Anda membuat gorengan sendiri dengan minyak zaitun yang tentu lebih sehat. Selain berhemat, Anda juga bisa mengontrol kualitas minyak dan bahan yang digunakan. Jika tidak sempat membuatnya, sebaiknya kurangi konsumsi gorengan ya.

9. Nasi Olahan

Makanan pemicu vertigo yang terakhir adalah nasi olahan. Sekilas makanan pantangan yang satu ini aman dan sangat tidak masuk akal jika tergolong makanan yang dilarang bagi penderita vertigo. Tapi sebelum Anda protes, nasi yang dimaksudkan di sini bukanlah nasi putih atau nasi merah yang biasanya dikonsumsi, melainkan nasi olahan seperti nasi uduk dan juga nasi kuning.

Bagi penderita vertigo, nasi olahan seperti nasi uduk dan nasi kuning sebaiknya dikurangi atau bahkan Anda hindari. Bukan tak beralasan, nasi uduk dan nasi kuning biasanya menggunakan bahan dan bumbu-bumbu tambahan seperti santan, garam, dan penyedap lainnya.

Makanan ini jelas terasa sangat nikmat di lidah, namun bahan-bahan tambahan tadi dapat membuat penderita vertigo merasa pusing hingga akhirnya membuat vertigo tiba-tiba kambuh. Untuk itu sebagai langkah pencegahan vertigo, sebaiknya Anda mengonsumsi nasi putih biasa dengan tambahan sayur mayur dan lauk pauk yang tidak dilarang agar lebih sehat.

Kebiasaan yang Dilarang dilakukan Penderita Vertigo

Selain 9 makanan yang dilarang untuk penderita vertigo di atas, berikut dua kebiasaan yang juga tidak boleh dilakukan agar vertigo tidak kambuh:

  • Alkohol dan Rokok

Tidak hanya berlaku bagi Anda penderita vertigo, alkohol dan rokok sejatinya juga sangat tidak dianjurkan bagi mereka yang sehat. Seperti yang diketahui bersama, kedua kebiasaan ini hanya memberikan efek buruk bagi tubuh dan menimbulkan banyak penyakit lainnya seperti penyakit paru-paru dan kanker.

Sementara untuk penderita vertigo sendiri, kebiasaan minum minuman beralkohol dan merokok dapat menyerang lambung Anda. Lambung yang terserang akan membuat penderita vertigo merasa mual sehingga akhirnya membuat vertigo harus kambuh lagi.

Jadi jika Anda benar-benar menyayangi tubuh, coba secara bertahap hentikan konsumsi minuman beralkohol dan kebiasaan merokok. Jagalah tubuh Anda agar tetap sehat sampai masa tua nanti. Anda tentu tidak mau kan menderita karena vertigo dan masih harus ditambah dengan penyakit lain akibat rokok dan alkohol?

  • Minuman Dingin

Meskipun bukan termasuk makanan, hal yang satu ini sebaiknya juga Anda hindari dan kurangi guna meredakan vertigo. Minuman dingin memang sangat menyegarkan dan sangat sedap diminum saat cuaca sedang panas. Namun siapa sangka dibalik rasanya yang manis, minuman dingin dapat menyebabkan vertigo Anda kambuh.

Mengapa demikian? Saat meminum minuman dingin, seseorang biasanya akan langsung menenggaknya dengan cepat. Terlalu cepat atau buru-buru minum minuman dingin akan menyebabkan sakit kepala mendadak yang akhirnya justru bisa memicu vertigo kambuh. Jadi jika tidak ingin vertigo Anda kambuh saat beraktivitas coba kurangi konsumsi minuman dingin ya.

Demikian penjelasan mengenai kebiasaan dan makanan yang dilarang untuk penderita vertigo. Semoga bermanfaat dab jaga selalu kesehatan Anda.

, , , , ,