Sponsors Link

8 Penyebab Mata Kunang-kunang, Kepala Pusing dan Perut Mual

Sponsors Link

Mata kunang – kunang kepala pusing perut mual merupakan hal yang cukup banyak dialami oleh kalangan orang. Baik pada saat beraktifitas maupun saat istirahat gejala ini bisa muncul atau timbul kapan saja. Namun sebenarnya apakah indikasi atau penyebab dari mata berkunang – kunang sakit kepala atau kepala pusing dan perut mual tersebut? Mari kita simak pada pembahasan di bawah ini.

ads

Telah kita ketahui bahwa sakit kepala merupakan suatu gejala dari penyakit tertentu, dari mulai sakit kepala yang sifatnya sakit kepala terus menerus maupun sakit kepala yang sifatnya sakit kepala berdenyut hebat. Dan kita perlu mengetahui apa sebenarnya penyebab sakit kepala yang kita rasakan, karena hal tersebut bisa menjadi suatu pertanda adanya suatu penyakit tertentu, apalagi jika sakit kepala tersebut disertai dengan gejala lain sebagai penyertaannya.

Karena begitu pentingnya mengetahui penyebab dari gejala mata berkunang – kunang kepala pusing dan perut mual, disini akan kita bahas beberapa penyebab dari gejala tersebut, baik itu penyebab dari suatu keadaan tertentu maupun karena adanya penyakit tertentu. Dan berikut diantaranya beberapa penyebab tersebut :

1. Kurangnya waktu istirahat atau tidur

Penyebab yang pertama yaitu kurangnya waktu istirahat atau tidur. Jika Anda kurang istirahat atau kurang tidur maka hal tersebut dapat menjadi penyebab timbulnya mata berkunang – kunang sakit kepala dan juga perut mual. Hal ini dikarenkan pada saat Anda kurang istirahat atau kurang tidur, organ tubuh Anda mengalami kelelahan dan sistem organ tubuh pun menjadi kacau, sehingga hal tersebut menyebabkan pasokan oksigen yang kurang pada otak Anda, yang mana hal itu menyebabkan timbulnya mata kunang – kunang kepala pusing dan perut mual.

2. Dehidrasi

Penyebab selanjutnya yaitu dehidrasi. Seperti telah kita ketahui, bahwa tubuh manusia itu 60 persennya adalah air, oleh karena itu saat tubuh kekurangan cairan maka akan membawa dampak tertentu bagi tubuh. Dehidrasi dapat menimbulkan gejala – gejala di atas, karena ketika dehidrasi otak Anda akan kekurangan cairan yang menyebabkan menyusutnya jumlah plasma darah, sehingga otak selain kekurangan cairan juga akan kekurangan darah saat dehidrasi, dan dapat menimbulkan kunang – kunang, pusing dan juga perut mual.

3. Lapar atau terlambat makan

Saat terlambat makan atau kelaparan tubuh menjadi kekurangan sumber energi dan juga mengalami penurunan glukosa. Dan orang yang dalam tubuhnya mengalami kekurangan glukosa tubuh tersebut akan menimbulkan efek kunang – kunang sakit kepala dan juga perut mual.

4. Tekanan darah rendah atau hipotensi

Hipotensi atau tekanan darah rendah itu adalah suatu kondisi dimana tekanan darah di dalam pembuluh darah arteri lebih rendah dari normalnya, dan hal tersebut menyebabkan darah yang mengalir ke otak menjadi terhambat sehingga menimbulkan pusing kunang – kunang dan juga mual.

5. Aliran darah yang cepat atau hipotensi ortostatik

Pada hipotensi ortostatik ini terjadi saat Anda merubah posisi tubuh Anda secara tiba – tiba, entah itu dari jongkok langsung berdiri cepat tiba – tiba atau dari duduk langsung berdiri atau bisa juga saat berbaring lalu langsung bangkit tiba – tiba. Hal ini menyebabkan adanya aliran darah yang menurun drastis karena adanya perubahan posisi mendadak pada tubuh Anda. Sehingga hal tersebut menyebabkan kurangnya pasokan darah di otak yang menjadi penyebab timbulnya gejala kunang – kunang, pusing dan juga mual.

Sponsors Link

6. Kadar gula dalam darah rendah atau hipoglikemik

Hipoglikemi atau kadar gula darah rendah ini merupakan suatu kondisi dimana kadar gula yang terdapat dalam tubuh kurang dari jumlah normalnya. Kadar gula darah yang rendah ini menyebabkan tubuh dan juga otak mengalami kekacauan dalam sistem kerjanya. Terutama pada otak, otak yang kekurangan glukosa yang merupakan sumber energi utama untuk berfikir dan juga untuk menjalankan fungsinya, tentunya saat kadar glukosa menurun hal ini menyebabkan timbulnya kekacauan dalam sistem otak dalam menjalankan fungsinya, sehingga dapat menimbulkan gejala pusing, kunang – kunang dan juga mual.

7. Anemia

Anemia ini merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Yang mana sel darah merah ini mempunyai fungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak. Sehingga pada saat tubuh kekurangan jumlah sel darah merah, hal ini dapat menyebabkan otak dan juga bagian tubuh lainnya kekurangan pasokan oksigen, sehingga timbullah gejala pusing, mata berkunang – kunang dan mual.

8. Tumor otak

Saat otak terdapat tumor di dalamnya, otak tersebut menjadi terganggu dalam menjalankan kinerja atau fungsinya. Sehingga hal ini dapat menyebabkan timbulnya pusing, berkunang – kunang dan juga perut mual.

Itulah tadi beberapa penyebab dari timbulnya gejala mata kunang – kunang kepala pusing perut mual. Semoga bermanfaat!

, ,