Sponsors Link

Mengapa Kepala Anak Sering Berkeringat? Ini Penyebabnya

Sponsors Link

Anak anak merupakan masa dimana proses pertumbuhan dan perkembangannya harus selalu diperhatikan dengan baik dan benar mengingat apa yang terjadi pada anak anak pastinya akan menentukan bagaimana kehidupan dewasa nantinya. Menjaga kondisi pertumbuhan dan perkembangan pada anak merupakan salah satu hal  yang menjadi bentuk tanggung jawab orang tua. Salah satu hal yang harus selalu diperhatikan dengan baik dan benar dan menjadi keadaan yang perlu dijaga adalah kesehatan anak termasuk kondisi perkembangan kepala bayi atau anak.

ads

Terkait dengan kondisi kesehatan anak anak, setiap orang tua perlu untuk memperhatikan perubahan perubahan yang terjadi pada tubuh anak mengingat pada usia usia tertentu, anak anak belum dapat berkomunikasi dengan baik dan menjelaskan kondisi yang terjadi pada tubuhnya. Ada beberapa kondisi yang perlu untuk diperhatikan terjadi pada tubuh anak untuk dapat diperhatikan penyebab yang mendasarinya apakah akan menyebabkan dampak yang besar serta cara cara yang membantu mengatasi keadaan itu terutama terkait kondisi kepala anak termasuk penyebab sakit kepala pada anak.

Salah satu kondisi tersebut adalah keadaan kepala anak sering berkeringat yang harus diperhatikan karena bisa jadi merupakan keadaan yang cukup berbahaya bagi kondisi kesehatan tubuh anak. Penyebab mengapa kepala anak sering berkeringat perlu untuk dipahami dengan baik dan benar agar dapat dipastikan apakah kondisi tersebut merupakan hal yang berbahaya dan perlu diketahui dalam kaitannya untuk mengatasi keadaan yang bisa jadi tidak normal dalam penjelasan di bawah ini.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai penyebab mengapa kepala anak sering berkeringat maka perlu dipahami terlebih dahulu apakah keadaan tersebut merupakan kondisi yang normal atau tidak. Anak memang akan mengeluarkan keringat lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa dan keringat tersebut dapat lebih banyak keluarnya pada saat tidur terutama ketika tidur terlalu nyenyak. Jika kondisi anak dengan kepala yang berkeringat banyak terjadi pada saat tidur nyenyak maka hal tersebut dapat dikatakan normal. Penyebab anak memiliki keringat yang banyak secara normal tersebut diantaranya seperti :

  • Anak kepanasan, kondisi lingkungan yang terlalu panas dapat menjadi salah satu penyebab yang normal menjadikan anak lebih banyak berkeringat. Keringat dapat keluar dari seluruh bagian tubuh terutama di leher dan kepala. Kondisi ini dapat diatasi dengan memberikan suhu yang lebih baik di sekitar anak. Penyebab kepala bayi sering berkeringat tersebut merupakan kondisi yang normal.
  • Sistem saraf  yang belum berkembang, pada anak yang masih memiliki usia cukup kecil atau ketika masuk masa bayi memiliki perkembangan sistem saraf yang belum sempurna. Kondisi sistem saraf yang kurang sempurna tersebut menyebabkan pengendalian suhu kurang baik sehingga bayi lebih banyak berkeringat meskipun lingkungan tidak terlalu panas.
  • Tahap tidur nyenyak, seperti yang disingung sebelumnya bahwa bayi akan lebih banyak berkeringat ketika tidur karena tahap tidur yang dimiliiki oleh bayi merupakan tidur nyenyak. Baik pada orang dewasa maupun anak anak, tidur nyenyak akan menyebabkan keringat keluar lebih banyak.

Kondisi penyebab yang disebutkan diatas merupakan keadaan yang normal dan bukan mengarah pada hal yang berbahaya bagi kesehatan anak. Keadaan yang tidak normal pada anak ketika mengeluarkan keringat pada kepala berlebihan dapat dikenal dengan mudah pada saat orang tua disekitarnya tidak mengeluarkan keringat berlebihan karena suhu dilingkungan sekitar. Anak yang berkeringat lebih di tempat yang suhunya dingin serta sejek tentu perlu menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Keringat pada kepala berlebihan yang tidak baisanya juga diikuti juga dengan gejala lain seperti nafas cepat, berat badan turun, dan nafsu makan berkurang. Keadaan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti :

  • Masalah jantung kongenital, kondisi bayi yang berkeringat berlebih pada saat tidur, duduk dengan santai, dan beraktivitas ringat dapat menjadi salah satu pertanda yang dapat disebabkan oleh masalah jantung bawaan termasuk ketika disertai dengan sakit kepala pada anak . Kondisi tersebut disebabkan oleh perkembangan jantung yang tidak sempurna selama masa kehamilan. Keringat berlebih pada penderita penyakit jantung bawaan terjadi akibat jantung yang bekerja lebih keras dari kondisi normalnya.
  • Hiperhidrosis, penyebab lain yang juga dapat menjadi penyebab mengapa kepala anak sering berkeringat adalah hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan kondisi ketika tubuh anak menghasilkan keringat berlebih dari yang seharusnya guna mempertahankan suhu tubuh. Kondisi ini mungkin tidak terlalu memberikan dampak yang berbahaya bagi kesehatan namun membutuhkan pengelolan keringat ketika dewasa untuk menghindari terjadinya kondisi masalah lainnya.
  • Sleep apnea, merupakan kondisi dimana terjadi gangguan tidur yang dapat menyebabkan nafas berhenti secara mendadak beberapa saat. Selain keringat berlebih, sleep apnea juga akan menimbulkan beberapa gejala lain seperti warna kulit berlebihan dan lebih banyak terjadi pada anak yang lahir secara prematur.
  • SIDS, atau sudden infant death syndrome merupakan sindrom kematian mendadak yang dapat terjadi pada usia usia awal bayi atau anak anak. Sindrom kematian mendadak atau SIDS dapat diawali dengan beberapa gejala termasuk keluarnya keringat yang terlalu berlebihan. Kondisi ini menjadi suatu hal yang tidak diinginkan terjadi tentunya oleh setiap orang tua. Bayi mengalami kondisi overheating yang menyebabkannya bayi akan jatuh kedalam tidurnya yang paling dalam sehingga tidak dapat dibangunkan kembali.

Itulah beberapa penjelasan mengenai mengapa kepala anak sering berkeringat secara berlebihan yang perlu diperhatikan dan diwaspadai oleh setiap orang tua karena adanya beberapa kondisi yang berbahaya. Jika anak mengalami keringat pada kepala secara berlebihan akibat aktivitas tinggi atau karena lingkungan yang panas maka ibu cukup memberikannya lingkungan yang lebih nyaman atau mengajak anak beristirahat. Namun ketika kondisi anak berkeringat tidak disebabkan oleh keadaan tersebut maka perlu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

, , ,