Sponsors Link

Mengapa Kulit Kepala Gampang Bau? Ini Penyebabnya

Sponsors Link

Kesehatan menjadi salah satu harta berharga yang dimiliki oleh seorang manusia sehingga perlu untuk selalu dijaga. Dengan kesehatan yang baik maka seseorang dapat menjalani aktivitas dengan baik dan maksimal sehari hari. Permasalahan kesehatan dapat terjadi dan terdampak pada beberapa bagian tubuh dengan efeknya masing masing. Salah satu bagian tubuh yang perlu diperhatikan ketika mengalam permasalahan kesehatan adalah sakit kepala dan bagian bagiannya.

ads

Kepala merupakan bagian yang penting dan vital bagi keberlangsungan aktivitas dan proses yang terjadi di dalam tubuh. Bagian bagian kepala sendiri memiliki fungsi yang berbeda beda dengan peran yang penting diantaranya seperti mata sebagai indera penglihatan, hidung sebagai indera penciuman dan awal pernafasan, kuping sebagai indera pendengaran, mulut sebagai awal masuknya makanan dan tempat dimana lidah yang merupakan indera perasa berada, serta yang terpenting otak sebagai pusa kendali dan pusat sistem saraf.

Banyak bagian kepala yang dapat mengalami kondisi permasalahan baik yang sifatnya merupakan jenis sakit kepala ringan maupun sakit kepala berdampak besar. Permasalahan pada kepala juga dapat terjadi pada bagian kulit kepalanya termasuk kondisi ketika kulit kepala menjadi gampang bau. Berikut penjelasan mengenai mengapa kulit kepala gampang bau yang perlu diperhatikan dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Jarang Dibersihkan

Penyebab pertama yang menjadikan mengatap kulit kepala gampang bau adalah karena aktivitas pembersihan yang jarang dilakukan sehingga banyak kotoran yang mengendap di kepala. Membersihkan rambut sebaiknya dilakukan secara berkala mengingat bentuk rambut yang cukup banyak dapat menjadikan kotoran terperangkap di dalamnya terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas di luar ruangan. Membersihkan rambut bukan hanya akan menghilangkan kotoran namun juga minyak yang dihasilkan oleh kulit kepala sebagai salah satu penyebab bau dan juga merupakan penyebab kulit kepala berjerawat dan rambut rontok.

  1. Kulit kepala yang berminyak

Seseorang yang memiliki kondisi kulit kepala berminyak tentu akan menyebabkan gampangnya bau muncul pada kepala tersebut. Kondisi minyak yang berlebih menjadi salah satu tempat dimana bakteri akan sangat mudah berkembang dan menyebabkan munculnya bau. Kulit kepala yang sangat berminyak dapat disebabkan oleh kondisi pengaruh hormonal dimana adanya perubahan hormonal pada tubuh dapat menyebabkan kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak sehingga dapat menimbulkan bau yang dapat dikatakan tidak sedap.

  1. Produksi keringat berlebihan

Beberapa orang memang secara genetik dapat memiliki produksi keringat yang sangat berlebihan dibandingkan lainnya. Kondisi keringat yang berlebihan yang terjadi pada kulit kepala juga menjadi salah satu pemicu mengapa kulit kepala gampang bau yang perlu diperhatikan. Kondisi keringat yang berlebihan tersebut selain menyebabkan munculnya bau pada kulit kepala juga akan memicu keadaan dimana rambut mudah lepek dan kusut serta mudah rontok. Produksi keringat berlebihan pada kulit kepala dapat dipicu oleh beberapa kondisi seperti :

  • Aktivitas berlebihan, seseorang yang memiliki aktivitas berlebihan dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat berlebih dibanding biasanya termasuk pada bagian kepala. Keringat yang berlebih tersebut terjadi karena tubuh bekerja dengan keras dan menghasilkan panas yang dinetralisir dengan adanya keringat.
  • Panas matahari dan polusi, aktivitas diluar ruangan yang terlalu lama dilakukan juga dapat memicu terjadinya produksi keringat berlebihan. Kondisi keringat berlebihan tersebut terjadi akibat suasana yang terik disertau polusi udara sehingga menyebabkan tubuh harus mampu mengontrol suhu di dalam dengan cara mengeluarkan keringat lebih banyak. Beraktivitas di bawah terik matahari juga akan menyebabkan tubuh bekerja lebih keras dari biasanya.
  • Penggunaan penutup kepala, penyebab lainnya yang juga dapat menjadikan seseorang mengeluarkan keringat berlebihan dan dapat memicu kondisi bau pada kulit kepala adalah karena penggunaan penutup kepala baik helm, kerudung, topi, dan lain sebagainya. Kondisi tersebut malah akan menyebakan bau lebih tajam karena adanya udara yang terperangkap di dalam bagian penutup kepala tersebut.
  • Penyebab lainnya, selain karena terik matahari yang kuat, suhu ruangan yang panas juga dapat memicu terjadinya keringat berlebih pada kulit kepala akibat aktivitas tubuh untuk mengatur suhu. Penyebab lainnya yang juga menjadi pemicu keringat berlebih adalah saat tidur terlalu nyenyak, berpikir lebih keras, dan fokus dalam tempo yang lama, serta sedang grogi.
Sponsors Link

  1. Permasalahan medis pada kulit kepala

Penyebab lainnya yang dapat menjadi pemicu kondisi kulit kepala gampang bau adalah karena adanya permasalahan medis tertentu seperti dermatitis seboroik , psoriasis dengan gejala awal kulit kepala mengelupas dan berdarah, ketombe maupun kondisi alergi. Kondisi permasalahan medis tersebut harus diatasi dengan baik sesuai dengan keadaannya sehingga dapat menjadikan kulit kepala tidak gampang bau lagi.

Itulah beberapa penyebab mengapa kulit kepala gampang bau yang perlu diperhatikan jika keadaan tersebut sudah dialami. Kondisi bau pada kulit kepala tentu sangat mengganggu dan menyebabkan malu ketika berhadapan atau berkumpul dengan orang lain sehingga harus diatasi. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi kondisi kulit kepala yang gampang bau tersebut diantaranya seperti :

  • Rajin membersihkan kepala, dengan rajin membersihkan kepala maka kondisi kulit kepala yang berminyak, banyak kotoran, dan berkeringan sebagai salah satu pemicu munculnya bau dapat diatasi dengan baik. Membersihkan kepala dan rambut dengan cara keramas harus dilakukan dengan benar dan baik.
  • Mengobati masalah medis, beberapa kondisi medis juga dapat menjadi penyebab terjadinya bau pada kulit kepala sehingga dengan mengatai masalah medis tersebut maka bau dapat juga diatasi.
  • Menggunakan produk perawatan rambut, salah satu cara lain yang juga dapat dilakukan adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut yang tidak menyebabkan alergi atau iritasi.

Beberapa penjelasan diatas dapat dijadikan penjelasan mengenai kondisi kenapa kulit kepala menjadi mudah bau seperti yang dijelaskan. Beberapa cara mengatasinya juga disebutkan dalam bahasan diatas.

, ,