Sponsors Link

Mengapa Vertigo Menyebabkan Mual Muntah?

Sponsors Link

Vertigo merupakan kondisi dimana penderita vertigo merasa bahwa lingkungan sekitar dan badannya merasa berputar dan melayang-layang. Kondisi vertigo tersebut, membuat penderita vertigo akan kehilangan keseimbangan tubuh, sehingga ia akan merasa kesulitan untuk berdiri sendiri ataupun berjalan. Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menggambarkan bagaimana kondisi vertigo itu terjadi adalah dengan memutar tubuh anda beberapa kali dan rasakan sendiri, dampak apa yang dihasilkan.

ads

Pada saat vertigo menyerang, secara fisik penderita akan merasakan lemah dan tidak stabil. Beberapa Gejala vertigo pun, dapat muncul dalam kondisi ringan hingga berat dengan durasi waktu yang cukup lama. Ada beberapa gejala yang menandakan vertigo terjadi pada seseorang yang perlu diperhatikan diantaranya seperti merasakan sakit kepala yang sangat, tubuh menjadi berkeringat dingin, gerakan mata yang tidak normal seperti biasanya, telinga seakan berdengung dan pendengaran terganggu, dan lain sebagainya.

Penyakit vertigo terjadi dalam dua jenis kelompok, yaitu vertigo periferal dan sentral. Vertigo periferal biasanya disebabkan karena permasalahan pada organ keseimbangan di telinga bagian dalam. Selain itu adapula klasifikasi vertigo, yaitu vertigo sentral, dimana gangguan vertigo sentral ini disebabkan oleh gangguan pada satu atau lebih di bagian otak yang dikenal sebagai jalur saraf sensorik, sebelum menuju arah ke saraf otak. Gejala vertigo perifer dan vertigo sentral sulit untuk dibedakan karena hampir sama.

Penyebab muntah biasanya terjadi dikarenakan saat isi yang ada didalam perut bergerak kembali menuju ke arah atas, yaitu kerongkongkongan kemudian keluar melewati mulut. Sebagai informasi, apabila penderita mengalami muntah, lapisan kerongkongan, mulut dan gigi bisa berpotensi menjadi rusak. Mengapa demikian? Isi yang ada dalam perut kita, terutama yang terdapat pada lambung terdapat zat asam yang berpotensi bisa merusak sel sel aktif yang berada pada lapisan gigi dan mulut. Gejala vertigo dengan disertai muntah ini bisa terjadi pada vertigo periferal ataupun vertigo sentral. Berikut beberapa penyebab mengapa vertigo menyebabkan mual dan muntah dalam ulasan di bawah ini.

  • Gangguan kecemasan, yang sering terjadi pada diri sendiri juga dapat menyebabkan gejala fisik lain yang berdampak pada vertigo ataupun muntah.
  • Tumor Acoustic neuroma, merupakan sebuah tumor jinak namun sama sekali tidak mempunyai potensi untuk dapat berkembang menjadi kanker. Biasanya, ia akan tumbuh pada saraf wajah yang biasa disebut dengan vestibulocochlear. Saraf ini menghubungkan antara bagian dalam telinga dan otak yang memiliki dua bagian yaitu bagian yang merangsang suara yang disaring oleh telinga bagian dalam telinga yang kemudian disambungkan pada otak untuk menjaga. Biasanya penderita akan mengalami vertigo, muntah, bahkan yang lebih parah adalah kehilangan pendengaran.
  • Kondisi Epidural hematoma, merupakan sebuah gejala pendarahan yang terjadi pada otak.
  • Penggunaan obat-obatan dengan jenis tertentu, terutama obat-obatan dengan kandungan untuk kemoterapi,  anti kejang, dapat menyebabkan vertigo yang diikuti dengan gejala muntah mual yang menjadi tanda adanya penyakit berbahaya yang ada dalam tubuh.
  • Permasalahan jantung, dimana jantung tidak dapat memompa darah dengan baik ke dalam tubuh, sehingga membuat tekanan darah yang ada dalam tubuh menjadi rendah. Tekanan darah rendah ini yang memberikan dampak gejala muntah dan pusing.
  • Penyakit meniere, yang merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan karena kelainan pada telinga bagian dalam. Sehingga dampak yang dihasilkan adalaha munculnya gejala vertigo, kehilangan pendengaran, dan telinga terasa penuh.
  • Sakit kepala Migrain, yang merupakan salah satu penyakit sakit kepala juga dapat menyebabkan gejala seperti vertigo, mual, muntah, dan rasa yang sensitif terhadap cahaya dan suara. Ada beberapa jenis jenis migrain yang perlu diperhatikan.
  • Peradangan pada telinga, terutama telinga bagian dalam yang dimana tugas utamanya adalah untuk bertanggung jawab membantu menjaga keseimbangan dalam tubuh. Peradangan di telinga bagian dalam dapat menyebabkan pusing berputar yang disertai dengan mual dan muntah.
  • Mabuk dalam kendaraan dan dehidrasi, juga  dapat menyebabkan gejala muntah dan vertigo. Selain itu, kekurangan cairan pada tubuh atau juga memicu dan menyebabkan kondisi serupa.
Sponsors Link

Untuk dapat menghindari munculnya kondisi mual dan muntah, penderita vertigo juga harus menghindari penyebab umum terjadinya vertigo. Gejala vertigo biasanya disebabkan karena cara kerja bagian telinga sedikit bermasalah dalam upaya mengatur keseimbangan dalam tubuh. Biasanya juga disebabkan pada bagian otak, ataupun gerak kepala yang bisa menimbulkan gejala vertigo. Beberapa penyebab vertigo secara umum adalah

  • Terjadinya sakit kepala sebelah
  • Labyrinthitis merupakan gejala infeksi yang terjadi pada bagian organ dalam telinga.
  • Benign Paroxysmal Positional Vertigo yang merupakan gangguan keseimbangan yang menyebabkan gejala vertigo saat posisi kepala berubah.
  • Penyakit maniere adalah gangguan yang terjadi pada telinga yang disebabkan oleh cairan yang menumpuk serta perubahan tekanan pada bagian dalm organ telinga.
  • Labirintis adalah gangguan yang terjadi pada bagian telinga dalam yang disebabkan oleh virus disekitar saraf yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh manusia.
  • Dehidrasi mengakibatkan munculnya gejala vertigo. Usahakan untuk mengkonsumsi air yang cukup agar tubuh terhindar dari dehidrasi
  • Vertigo juga disebabkan karena kurangnya konsumsi vitamin D. Perbanyak makanan makanan yang mengandung vitamin D seperti kuning telur juga dapat membantu meningkatkan asupan kadar vitamin D.
  • Terlalu banyak meminum alkohol juga membuat tubuh semakin dehidrasi. Tentu hal tersebut sangat berpengaruh pada keseimbangan tubuh bahkan ketika anda sadar.

Demikian penjelasan mengenai mengapa vertigo menyebabkan mual muntah yang perlu diperhatikan dengan baik oleh para penderitanya agar dapat membantu mengatasinya.

, , , ,