Sponsors Link

5 Merk Shampo untuk Psoriasis dan Permasalahan Kulit Kepala Lainnya

Sponsors Link

Kepala terdiri dari berbagai macam bagian yang memiliki peran dan fungsi berbeda bagi proses yang terjadi di dalam tubuh maupun untuk mendukung setiap aktivitas yang dijalani oleh manusia. Bagian bagian kepala memiliki peran vital dan tentunya sangat penting sehingga harus selalu dijaga agar tidak mengalami kondisi permasalahan serius. Beberapa bagian kepala tersebut diantaranya seperti rambut, tulang tengkorak, beberapa indera seperti mata, hidung, lidah, dan kuping, serta yang paling pening adalah otak yang merupakan pusat kendali dan sistem saraf tubuh.

ads

Kondisi permasalahan pada kepala memang yang paling sering dirasakan adalah keadaan pusing atau sakit kepala. Namun ternyata setiap bagian kepala dapat mengalami kondisi permasalahan yang tentunya dapat berdampak buruk bagi kesehatan salah satunya bagian rambut dan kulit kepala. Contoh permasalahan yang cukup serius pada bagian kulti kepala tersebut adalah psoriasis yang merupakan kondisi dimana kulit kepala akan mengalam peradangan, iritasi, ruam, dan gatal gatal.

Psoriasis menjadi salah satu jenis penyakti autoimun yang dapat muncul dan kambuh kembali sehingga bagi yang pernah mengalaminya tentu mencegah terjadinya kondisi psoriasis pada bagian kulit kepala perlu untuk dilakukan. Menggunakan shampo tertentu pada saat membersihkan rambut dan bagian kulit kepala menjadi upaya untuk mencegah terjadinya psoriasis maupun membantu proses pengatasannya. Berikut penjelasan beberapa contoh merk shampo untuk psoriasis kulit kepala dalam ulasan di bawah ini.

  1. MG 217

Merk shampo untuk psoriasis yang pertama adalah MG 217. MG 217 merupakan merk shampo yang diproduksi oleh pharmacal company dari negara kanada. MG 217 sudah dikenal cukup lama di kanada dan belahan dunia lain sebagai salah satu shampo yang efektif dalam membantu mengatasi beberapa kondisi permasalahan kulit kepala seperti psoriasis, dermatitis seborik, ketombe, dan scalp. Shampo tersebut dapat digunakan dalam mengatasi kondisi psoriasis dan mencegahnya terjadi karena adanya kandungan bahan aktif coal tar atau tar batu bara.

Penggunaan tar batu bara dalam mengatasi kondisi psoriasis sudah dikenal sejak lama karena manfaatnya yang dapat membantu mengurangi perkembangan sel sel kulit berlebihan yang salah satunya akibat kondisi psoriasis. Shampo tersebut jika digunakan secara rutin dan benar dapat membantu mengurangi beberapa gejala psoriasis seperti gatal gatal, penebalan pada kulit kepala, nyeri, serta kulit yang ruam atau mengalami peradangan.

  1. Neutrogena T/Gel

Neutrogena T/Gel merupakan shampo khusus psoriasis yang juga memiliiki kandungan tar batu bara atau coal tar sama seperti MG 217. Brand Neutrogena sendiri merupakan salah satu produksi dari perusahaan consumer good ternama di dunia yakni Johnson & Johnson. Neutrogena merupakan salah satu jenis shampo yang memang telah banyak direkomendasikan oleh para dokter spesialis kulit atau dermatologist sehingga cukup ampun untuk mengatasi psoriasis, seborrheic dermatitis, ketombe, dan scalp yang sangat parah dan ditandai dengan kondisi kulit kepala mengelupas dan berdarah.

Cara menggunakan shampo tar batu bara dengan merk Neutragena T/Gel ini sama halnya dengan penggunakan shampo dengan kandungan tar batu bara lainnya yakni dengan menekan nekan kulit kepala saat keramas dengan shampo tersebut selama beberapa saat. Rambut yang telah dikeramas menggunakan shampo yang mengandung tar batu bara akan lebih sensitif terhadap cahaya sehingga sebaiknya lindungi rambut dari sinar matahari langsung saat beraktivitas selama satu hari penuh karena tar batu bara dapat berada di rambut selama 24 jam. Tar batu bara juga memiliki aroma yang tidak disukai banyak orang serta dapat meninggalkan noda pada pakaian.

  1. Dermarest Shampoo & Conditioner

Merk shampo untuk psoriasis lainnya adalah Dermarest shampo yang memiliki kandungan asam salisilat 3 %. Dermarest ini bukan hanya diformulasi sebagai shampo namun juga sekaligus sebagai conditioner. Asam salisilat dalam shampo yang diproduksi oleh Prestige Consumer Healthcare memiliki fungsi mampu bekerja untuk melunakkan plak psoriasis sehingga kulit mati yang banyak muncul pada penderita psoriasis dapat lepas dari kulit kepala.

Sponsors Link

Penggunaan shampo yang mengandung asam salisilat ini sama halnya dengan jenis shampo lainnya hanya saja jangan terlalu sering dan sebaiknya dianjurkan untuk hanya menggunakan shampo tersebut sebanyak dua kali seminggu. Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan resiko terjadinya efek samping diantaranya seperti iritasi kulit dan bagian tubuh lain, mual hingga muntah, dan masalah kulit lainnya. Salisilat juga memiliki fungsi antiinfeksi jamur sehingga mencegah kondisi psoriasis lebih parah.

  1.  Clobex Shampoo

Clobex shampoo merupakan salah satu jenis merk shampo lain yang juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi kondisi psoriasis. Clobex memiliki kandungan clobetasol yang merupakan steroid. Clobetasol tersebut digunakan untuk mengatasi gejala psoriasis yang cukup menyiksa penderitanya yakni gatal dan peradangan. Penggunaan shampo steroid ini perlu untuk dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar sesuai indikasi dan terhindar dari efek samping.

  1. Merk Shampoo Lainnya

Selain merk shampo yang dijelaskan diatas, ada beberapa merk lainnya yang juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi kondisi psoriasis pada kulit kepala. Merk shampo tersebut diantaranya seperti Sebamed yang cukup lama dikenal sebagai shampo medis untuk mengatasi ketombe parah dan ketomed dengan bahan aktif ketoconazole yang bertindak sebagai antiinfeksi sehingga dapat digunakan juga untuk mengatasi kulit kepala gatal.

Itulah beberapa jenis merk shampo untuk psoriasis yang membantu dalam mengatasinya maupun mengurangi gejala yang ada. Penggunaan shampo psoriasis tersebut perlu untuk mendapatkan rekomendasi dari dokter agar sesuai dengan indikasi mengingat ada banyak jenis shampo yang dapat digunakan serta untuk membantu penggunanya agar terhindar dari resiko efek samping penggunaan shampo yang disebutkan diatas. Beberapa shampo mungkin tidak secara reguler terjual di Indonesia dan hanya dapat dibeli melalui toko online.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan