Sponsors Link

Migrain Basilar: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Migrain basilar adalah adalah satu dari jenis jenis migrain yang mungkin menyerang seseorang dalam berbagai rentang usia. Tentu anda sendiri sudah tidak asing dengan istilah migrain. Tapi bagaimana dengan jenis migrain basilar yang satu ini? Migrain merupakan jenis sakit kepala yang menimbulkan nyeri hanya di beberapa bagian kepala saja. Jenis migrain ini diketahui ada banyak jenisnya. Salah satunya adalah migrain jenis basilar. Tahukah anda apa itu migrain jenis basilar?

ads

Penyakit sakit kepala berjenis migrain basilar diketahui adalah penyakit sakit kepala sebelah yang banyak menyerang manusia. Walau mungkin dapat terjadi pada setiap orang di segala usia, diketahui bahwa jenis migrain yang satu ini lebih besar peluangnya menyerang wanita daripada pria. Lebih lanjut diketahui juga bahwa migrain jenis ini banyak menyerang wanita di usia remaja hingga akhir 30 tahun saja. Tahukah anda apa kondisi kepala yang menyebabkan jenis migrain ini terjadi? Berbagai sumber menyebutkan bahwa kondisi kepala saat migrain basilar terjadi adalah ditemukannya penyempitan beberapa pembuluh darah yang menghambat aliran oksigen ke otak anda.

Namun, penjelasan mengenai apa saja yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah tersebut kurang terpublikasi dengan baik. Setidaknya ada 11 penyebab migrain basilar yang memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah yang perlu anda ketahui. Berikut ini akan disampaikan apa saja jenis penyebab tersebut.

11 Penyebab Migrain Basilar pada Masyarakat

Bagian di atas sudah menyebutkan bahwa ada banyak hal yang memicu penyempitan pembuluh darah. Kondisi pembuluh darah yang menyempit inilah yang menyebabkan migrain jenis basilar dapat terjadi pada anda. Berikut ini penjelasan mengenai masing-masing penyebabnya tersebut.

  1. Pengaruh Alkohol

Alkohol diketahui merupakan penyebab sakit kepala jenis migrain basilar yang paling umum menyerang. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan alkohol yang menyebabkan pembuluh darah membengkak dan menjadi sempit untuk mengalirkan darah dan oksigen seperti pada normalnya.

  1. Pengaruh Kafein

Kafein adalah kandungan yang pasti ada di beberapa jenis minuman yang dikonsumsi oleh masyarakat. Sebut saja kopi dan teh sebagai  minuman yang mengandung kafein. Terlalu banyak mengonsumsi kafein diketahui dapat membahayakan kesehatan pembuluh darah anda juga memicu terjadinya efek sakit kepala.

  1. Pengaruh Kelaparan

Anda yang sering membiarkan lapar dan tidak langsung mengisi perut dengan makanan diketahui memiliki resiko terkena sakit kepala migrain yang lebih tinggi. Anda dapat merasakan migrain akibat kelaparan karena lapar menyebabkan pembengkakan  pembuluh dari juga terjadi dan mengganggu kesehatan anda dan memicu sakit kepala terus menerus.

  1. Pengaruh Kelelahan

Anda yang sering mengalami kelelahan pun mulai dari sekarang harus mulai mengatur jadwal dengan baik. Tahukah anda bahwa tubuh yang lelah paling sering menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Jika sudah terjadi penyempitan, maka gangguan penyebaran oksigen pun menjadi lebih sulit dilakukan.

  1. Pengaruh Kurang Tidur

Kekurangan tidur diketahui juga memiliki bahaya yang harus anda hindari. Hal ini berkaitan dengan bagaimana anda seringkali memilih untuk mengurangi jam tidur anda untuk menyelesaikan tanggung jawab atau pekerjaan anda. Padahal ada suatu masalah yang akan terjadi pada kesehatan anda sebagai hasilnya.

  1. Pengaruh Obat-obatan

Anda juga perlu memperhatikan obat-obatan yang anda konsumsi. Jika anda sedang mengonsumsi obat-obatan, maka biasanya anda akan mengalami masalah seperti detak jantung yang semakin cepat padahal pembuluh darah tidak dapat menampung dan memfasilitasi aliran darah terus menerus tersebut. Jadi pastikanlah hanya mengonsumsi obat obatan sesuai dengan resep dokter. Waspadai juga efek terlalu banyak minum obat sakit kepala yang mungkin menyerang anda.

  1. Pengaruh Perubahan Cuaca

Pengaruh cuaca di lingkungan sehari-hari diketahui sangat dapat dipengaruhi oleh bagaimana anda menyiapkan stamina tubuh. Jika daya tahan tubuh anda kurang baik, maka anda akan mudah mengalami efek samping dari perubahan cuaca. Akhirnya, cuaca seperti sinar matahari ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti sakit kepala karena panas matahari.

  1. Pengaruh Perubahan Hormon pada Wanita

Seperti dijelaskan sebelumnya, diketahui bahwa migrain basilar banyak menyerang wanita di usia remaja hingga akhir dua tahunan. Pasalnya di usia tersebut, wanita memiliki perubahan hormon yang belum stabil. Hasilnya, wanita menjadi lebih mudah mengalami masalah kesehatan seperti sakit kepala dan lain sebagainya. Misalnya saja seperti pada penyebab sakit kepala saat haid, yang juga dipengaruhi oleh hormon.

Sponsors Link

  1. Pengaruh Pewarna Makanan

Anda pun dapat mengalami efek samping dari konsumsi makanan yang tidak sehat. Anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa jenis pewarna makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi. Misalnya pewarna makanan tersebut terbuat dari bahan kimia dan menyebabkan terjadinya sumbatan di pembuluh darah menuju ke otak. Akhirnya, anda pun lebih mudah terkena migrain. Jadi pastikanlah menghindari makanan penyebab sakit kepala yang sering menyerang seseorang.

  1. Pengaruh Sinar Cahaya yang Menusuk

Waspadai juga sinar cahaya yang terlalu terik dan menusuk. Sinar ini akan membuat anda lebih mudah pusing atau sakit kepala. Pasalnya sinar akan membuat kepala anda menjadi panas dan lebih cepat mengeluarkan keringat serta memompa darah. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindarilah sinar yang tidak baik efeknya untuk tubuh anda.

  1. Pengaruh Tekanan Pikiran

Tekanan pikiran dikenal juga sebagai stress. Tidak dapat dipungkiri, stress merupakan salah satu penyebab paling utama perubahan hormon menjadi tidak stabil. Jika sudah seperti ini, maka berbagai gangguan kesehatan pun seringkali dapat mengganggu kesehatan tubuh anda. Jadi pastikan untuk selalu mengelola stress anda dengan baik.

Demikianlah tadi informasi mengenai 11 penyebab migrain basilar yang harus anda ketahui. Pasalnya keadaan ini akan menyebabkan pembuluh darah di kepala anda tidak maksimal dalam mengirimkan pasokan oksigen lagi ke otak. Jika dibiarkan terus menerus, maka keadaan ini akan menyebabkan banyak gejala migrain basilar yang merugikan anda.

Berbagai Gejala yang Ditimbulkan Migrain Basilar

Seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya, diketahui bahwa berbagai penyebab migrain jenis basilar akan menimbulkan gejala berupa gangguan kesehatan. Pada bagian di bawah ini akan disebutkan beberapa jenis gejala tersebut. Waspadailah jika gejala ini terjadi pada anda. Jangan sampai anda mengalami bahaya kesehatan karena kewaspadaan yang kurang.

  • Kehilangan Kesadaran
  • Kehilangan Keseimbangan
  • Kehilangan Pendengaran
  • Mengalami Kesulitan Berbicara
  • Mengalami Penglihatan Ganda
  • Mengalami Penglihatan Gelap
  • Mual dan Muntah
  • Mudah Bingung
  • Sakit Kepala Berlebihan
  • Sensitif pada Cahaya dan Suara

Setelah mengetahui berbagai gejala tersebut, tentunya kemudian anda ingin mengetahui apakah ada cara mencegah migrain jenis basilar ini atau sekaligus juga bisa menjadi cara mengatasinya. Bagian selanjutnya akan memaparkan beberapa cara yang dapat anda lakukan baik untuk mencegah ataupun mengatasi migrain jenis basilar yang mengganggu kesehatan anda. Selamat mencoba.

Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Migrain Basilar yang Menyerang Kesehatan

Anda dapat segera menanggulangi berbagai gejala di atas jika anda mengetahui 6 cara mengobati sakit kepala tersebut. Berikut ini daftar keenam cara tersebut untuk anda coba lakukan, khususnya ketika migrain basilar sedang kambuh dan menyerang anda.

  1. Berolahraga Setiap Hari
  2. Memberikan Tubuh Waktu Istirahat yang Cukup
  3. Mengatur Konsumsi Makanan
  4. Menghindari Konsumsi Alkohol
  5. Menghindari Stress dan Mengelolanya dengan Baik
  6. Mengurang Konsumsi Kafein
  7. Tidak Terlambat Makan

Demikianlah tadi informasi lengkap mengenai migrain basilar, mulai dari penyebabnya, gejalanya, hingga cara mengatasinya. Semoga setelah mengetahui informasi ini, berbagai penderita migrain jenis basilar dapat lebih tenang dan sigap dalam mengatasi permasalahan kesehatannya. Semoga anda dapat kembali pulih seperti semula.

, , ,