Sponsors Link

Penyebab dan Pengobatan Migrain pada Anak Kecil

Sponsors Link

Migrain pada anak adalah penyakit yang terhitung jarang dialami, namun jika sudah diderita oleh anak maka mungkin saja besar bahayanya untuk seseorang. Seperti diketahui, migran adalah jenis sakit kepala berupa rasa nyeri yang sering menyerang kepala hanya di satu sisi saja. Bisa sakit kepala sebelah kanan saja atau juga sebelah kiri saja. Bahasa lainnya juga dikenal sebagai sakit kepala sebelah. Sakit kepala sebelah ini menimbulkan rasa berdenyut di sebelah kepala terus menerus.

ads

Identifikasi dan diagnosa dari penyakit migrain ini dilakukan dengan mempelajari ciri-ciri yang sering dikeluhkan oleh penderita itu sendiri. Umumnya penderita akan merasakan gejala seperti mual dan muntah. Gejala mual dan muntah diketahui merupakan ciri ciri yang pasti dirasakan oleh penderita migrain. Selain itu, migrain juga dapat lebih mudah kambuh karena pengaruh cahaya yang terlalu terik ataupun suara yang terlalu bising.

Ternyata migrain pun dapat  menyerang anak-anak. Migrain pada anak ini akan sangat mengganggu aktivitas anak anda. Bisa saja penyakit sakit kepala sebelah tersebut mengganggu pertumbuhan anak dan kecerdasannya. Karena migrain tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga anak-anak maka penting untuk diketahui apa saja yang dapat menyebabkan migrain pada anak. Perlu diketahui juga bahwa penyakit migran yang menyerang anak-anak adalah jenis yang intensitasnya hambuh dalam jangka waktu 1 minggu. Sehingga ada banyak gangguan yang akan dialami oleh anak sebagai penderita.

Mengenal 5 Faktor Penyebab Migrain pada Anak

Seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya, ada beberapa informasi mengenai penyebab migrain pada anak yang perlu disampaikan pada orang tua. Mengetahui informasi ini, orang tua dapat semakin mudah untuk menentukan cara mengobati migrain yang menyerang anak-anak. Sebelumnya, simaklah penjelasan mengenai 5 faktor penyebab migrain pada anak berikut.

  • Faktor Hormon

Faktor hormon adalah penyebab utama mengapa migrain dapat menyerang. Biasanya terjadi pada wanita di masa-masa sebelum dan saat menstruasi sedang datang. Jadi anak perempuan yang sudah menstruasi, biasanya akan memiliki perkembangan hormon yang tidak stabil dan menimbulkan sakit kepala sebelah.

  • Faktor Genetik

Penyebab selanjutnya migrain pada anak anak adalah karena genetis. Jika terdapat riwayat keluarga yang memiliki penyakit migrain akut, khususnya kerabat dekat seperti orang tua dan kakek nenek, maka anak anda pun mungkin saja mengidap migrain.

  • Faktor Pola Tidur

Anak-anak juga dapat terkena sakit kepala sebelah jika pola tidurnya tidak baik. Pola tidur yang tidak baik ini ditunjukkan dengan kebiasaan tidur terlalu malam untuk usianya. Sehingga dibutuhkan pola tidur yang baik untuk tetap sehat.

  • Faktor Makan Tidak Sehat

Makanan tidak sehat yang sering dikonsumsi anak anda pun dapat menjadi penyebab anak anda dapat terkenan penyakit migrain. Diketahui makanan yang paling sering memicu sakit kepala pada anak adalah makanan yang tinggi gula dan berlemak.

Sponsors Link

  • Faktor Pemicu Lain

Terakhir, ada juga faktor lain yang dapat menyebabkan sakit kepala sebelah pada anak. Faktor tersebut antara lain adalah stress yang dialami anak anda, ataupun kelelahan beraktivitas yang berlebihan untuk diterima oleh anak anda.

Mengetahui berbagai faktor penyebab migrain pada anak anda, maka pastinya anda juga ingin mengetahui apa saja cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati migrain pada anak. Berikut ini informasi mengenai berbagai cara untuk dapat mengobati penyakit migraine pada anak anda.

Langkah-langkah Mengobati Migrain yang Menyerang Anak-anak

Tidak lengkap rasanya setelah mengetahui berbagai faktor penyebab migrain pada anak, tetapi tidak mengetahui bagaimana anda dapat menghindari bahaya migrain berkepanjangan pada anak anda. Oleh sebab itu, simaklah beberapa langkah untuk dapat memberikan pertolongan pada anak anda yang mengalami sakit kepala sebelah.

  1. Langkah Pertama: Pemberian Obat dan Pertolongan Pertama Lain

Saat anak anda mengalami migrain, pertama-tama mulailah dengan memberi obat. Obat pertama yang dapat anda gunakan adalah paracetamol yang bermanfaat untuk mengobati nyeri kepala, seperti migrain ini. Selanjutnya anda juga dapat mengompres dahi anak anda dengan air dingin atau es batu. Anda juga dapat membantu anak anda mengatasi migrain dengan mengatur pengambilan nafas dalam dalam. Biasakan untuk menidurkan anak anda di ruang yang redup untuk menghilangkan sakit kepalanya. Mintalah anak anda untuk mengonsumsi air putih yang banyak.

  1. Langkah Kedua: Periksa Ke Dokter

Cara mengatasi sakit kepala pada anak juga dapat dilakukan melalui pemeriksaan ke dokter. Biasanya jika sudah kambuh, migrain akan dirasakan sakitnya selama lebih dari 12 jam.  Ada banyak gejala yang muncul yang pastinya akan mengkhawatirkan orang tua. Oleh sebab itu, anda akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan dokter. Pemeriksaan ini akan menghasilkan penyebab dari migrain pada anak anda sebelum dilakukan upaya pengobatan yang tepat. Tidak jarang dokter pun akan meresepkan beberapa obat untuk mengatasi sakit kepala sebelah tersebut. Misalnya dengan menggunakan manfaat paracetamol untuk sakit kepala yang aman dikonsumsi oleh anak.

Sponsors Link

  1. Langkah Ketiga: Pertolongan Medis

Cara terakhir untuk mengobati sakit kepala pada anak adalah dengan meminta pertolongan medis. Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan dokter di tahap kedua, biasanya aka nada rekomendasi tindakan medis yang harus dilakukan. Jika memang anda sudah mengerti resiko dan manfaat dari tindakan medis tersebut, maka tenanglah dan lakukanlah dengan penuh percaya diri untuk mendapatkan anak yang kembali sehat dan tidak sakit lagi. Sebagai informasi ada juga beberapa obat sakit kepala untuk anak 9 tahun ke atas yang dapat dijadikan rekomendasi.

Demikianlah informasi mengenai penyebab migrain pada anak dan bagaimana cara mengobati sakit kepala tersebut. Semoga informasi ini sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Selamat membaca!

, , ,