Sponsors Link

5 Obat Mimisan Disertai Sakit Kepala Yang Ampuh

Sponsors Link

Kesehatan tubuh merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh setiap individu manusia. Kondisi kesehatan yang terjaga dengan baik dapat membantu menjadikan seseorang akan mampu menjalani aktivitas harian dengan lancar dan normal tanpa kendala berarti. Salah satu bagian tubuh yang kerap memberikan dampak besar ketika mengalami kondisi permasalahan kesehatan adalah bagian bagian kepala dengan fungi vitalnya.

ads

Ada banyak permasalahan yang dapat terjadi pada kepala dengan berbagai jenis sakit kepala. Kondisi permasalahan tersebut dapat dirasakan oleh sebagaian besar orang terutama keadaan pusing. Sakit kepala tentunya bukanlah sebuah penyakit utama melainkan hanya sebagai gejala dari beberapa penyebab yang mendasari kemunculannya. Sakit kepala juga dapat disertai dengan beberapa gejala lain yang salah satunya adalah mimisan.

Penyebab tertentu pada tubuh yang menjadikan seseorang mengalami kondisi mimisan disertai dengan sakit kepala tentu harus diperhatikan dan dhindari. Ketika muncul kondisi tersebut maka perlu ada langkah untuk dapat mengatasinya dengan baik melalui obat obatan tertentu. Berikut ini beberapa bentuk obat mimisan diserta sakit kepala yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap orang yang memang mengalaminya dalam penjelasan di bawah ini.

Sebelum memahami dengan baik apa saja yang dapat menjadi penyebab mimisan dan sakit kepala maka perlu adanya pengetahuan terhadap segala penyebab yang mendasari kondisi tersebut terjadi. Mimisan dan sakit kepala dapat disebabkan oleh karena beberapa hal yang sangat umum menjadi penyebabnya. Penyebab mimisan disertai sakit kepala pada remaja dan usia lainnya diantaranya seperti dibawah ini :

  • Tekanan darah tinggi, tingginya tekanan darah dapat menyebabkan terjadinya mimisan yang berkepanjangan pada penderita hipertensi. Selain itu, kondisi hipertensi juga dapat menyebabkan sakit kepala.
  • Cedera hidung, keadaan yang paling umum terjadi pada penderita mimisan dan sakit kepala adalah akibat adanya kondisi cedera hidung yang disebabkan oleh karena benturan.
  • Anemia, penyakit kekurangan sel darah merah ini juga dapat menjadi pemicu terjadinya kondisi mimisan yang disertai dengan sakit kepala yang cukup kuat.
  • Sinusitis dan rhinitis, keadaan lainnya yang juga dapat menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami mimisan disertai dengan sakit kepala adalah sinusitis dan rhinitis. Kedua radang pada bagian hidung tersebut dapat melebarkan pembuluh darah yang menyebabkan mudah atau rentan mengalami pecah.
  • Penyebab lainnya, selain kondisi yang disebutkan diatas tersebut, ada beberapa penyebab lain yang juga dapat menjadikan seseorang mengalami kondisi mimisan disertai dengan sakit kepala. Beberapa penyebab lain tersebut diantaranya kanker atau tumor, kelainan genetik, dan lain sebagainya.

Untuk dapat mengatasi kondisi sakit kepala disertai mimisan tersebut maka diperlukan obat yang memang tepat dalam membantu menghentikan terjadinya pendarahan dan juga meringankan rasa pusing atau sakit kepala yang terjadi. Berikut ini beberapa jenis obat obatan yang dapat membantu mengatasi kondisi mimisan disertai dengan sakit kepala.

  1. Obat pereda nyeri

Jenis obat pertama yang kerap dikonsumsi untuk secara efektif meringankan gejala sakit kepala adalah obat obatan pereda nyeri. Penggunaan obat pereda nyeri hanya akan membantu mengurangi gejala pusing namun tidak membantu mengatasi kondisi mimisan. Obat pereda nyeri dapat dibeli di apotek terdekat dengan beberapa pilihannya. Penggunaan obat bebas untuk pereda nyeri dapat dibeli secara lansung namun untuk obat keras harus menggunakan resep.

  1. Kompres dengan air es

Untuk dapat membantu dalam mengtasi kondisi pembuluh darah yang pecah dan meyebabkan mimisan, maka langkah yang tepat adalah mengkompres bagian hidung menggunakan air es. Pengkompresan tersebut akan membantu dalam mempercepat pembuluh darah yang pecah tertutup melalui proses pembekuan darah. Kompres dengan air es hanya akan membantu mengatasi pendarahan secara alami namun tidak mengatasi penyebab yang menjadikan gejala mimisan disertai sakit kepala tersebut terjadi.

  1. Beberapa jenis dedaunan

Obat mimisan disertai sakit kepala lainnya adalah beberapa jenis dedaunan. Daun ketumbar dan daun sirih kerap menjadi obat alami untuk membantu mengatasi mimisan yang sudah dikenal dan sangat familiar di masyarakat. Penggunaan kedua daun tersebut untuk membantu mengatasi mimisan sangatlah sederhana yakni hanya dengan memasukan satu lembar daun yang sudah digulung ke dalam hidung dan biarkan.

  1. Bawang merah

Jenis obat alami lainnya yang juga dapat membantu mengatasi mimisan disertai dengan sakit kepala adalah bawang merah. Salah satu bumbu wajib dalam masakan tersebut memiliki kandungan senyawa belerang yang dapat membantu meningkatkan proses pembekuan darah secara alami. Kondisi tersebut akan membantu mimisan menjadi berkurang. Penggunaan bawang merah untuk mengatasi mimisan disertai sakit kepala tersebut cukup mudah yakni hanya dengan memotong bawang tipis dan meletakannya di bawah hidung atau menghirupnya sesekali.

  1. Air garam

Selain beberapa obat mimisan disertai sakit kepala yang disebutkan diatas tersebut, air garam juga dapat digunakan untuk secara alami membantu mengatasi kondisi pendarahan yang terjadi pada hidung. Air garam membantu mengatasi mimisan yang disebabkan oleh karena udara dingin dan kering. Untuk dapat menggunakan air garam cukup lah mudah yakni hanya dengan melarutkan daram di dalam air hangat lalu gunakan kapas untuk mengusapkannya di hidung luar maupun dalam.

Itulah beberapa penjelasan yang perlu diperhatikan terkait dengan obat mimisan disertai sakit kepala. Kondisi pengobatan yang disebutkan diatas, jika tidak kunjung membantu mengatasi keadaan yang terjadi maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan tindakan medis yang tepat. Konsultasi dibutuhkan mengingat adanya penyakti berbahaya dibalik kondisi mimisan yang terjadi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan