4 Jenis Obat Saraf Otak di Apotik yang Biasanya Diresepkan Dokter

Kondisi permasalahan kesehatan yang terjadi pada tubuh harus dapat dihindari karena dampaknya tertuama pada organ orang vital seperti kepala. Kepala menjadi organ vital bagi tubuh karena adanya beberapa bagian bagian kepala dengan fungsi yang sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan, aktivitas, maupun proses yang terjadi di dalam tubuh. Gangguan atau permasalahan pada kepala dapat menyebabkan bagian penting bagi tubuh menjadi terganggu fungsinya.

Salah bagian penting di kepala yang harus dihindarkan dari kondisi dan jenis sakit kepala apapun adalah otak yang merupakan pusat dari sistem saraf dan kendali tubuh. Ada berbagai macam bentuk permasalahan pada otak yang berdampak buruk, salah satunya penyakit saraf atau kerusakan saraf. Penyebab penyakit saraf ada berbagai macam seperti faktor genetik atau keturunan, cedera atau trauma kepala, kematian saraf otak, masalah pada aliran darah ke otak, dan beberapa hal lainnya.

Kondisi permasalahan atau penyakit saraf otak tentu harus diatasi dengan baik agar dampak dan gejalanya segera teratasi dan menjadikan penderitanya dapat beraktivitas secara normal. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah penyakit saraf adalah mengkonsumi obat obatan tertentu berdasarkan rekomendasi dari dokter yang harus ditebus di apotek. Berikut penjelasan mengenai jenis obat saraf otak di apotik berdasarkan rekomendasi dari dokter dan jenis penyakit saraf dalam ulasan di bawah ini.

1. Obat medis untuk alzheimer

Obat saraf otak di apotik yang pertama adalah obat obatan yang digunakan untuk mencegah munculnya gejala penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer merupakan salah satu penyebab penyakit saraf otak akibat kerusakan saraf. Beberapa obat yang dapat digunakan diantaranya seperti :

• Donepezil

Merupakan jenis obat yang digunakan untuk mencegah munculnya gejala penyakit pada penderita alzheimer. Donepezil juga dapat digunakan untuk mengatasi cedera otak maupun penyakit parkinson akibat demensia. Donepezil merupakan jenis obat golongan penghambat enzim asetilkolinesterase yang penggunaannya hanya dapat dilakukan jika ada rekomendasi dari dokter untuk menghindari kesalahan penggunaan maupun efek samping dari obat tersebut.

• Rivastigmin

Rivastigmin merupakan obat untuk mencegah gejala penyakit alzheimer yang lebih banyak diberikan secara transdermal ketimbang oral. Penggunaan obat ini perlu perhatikan khusus dan harus ada pertimbangan sesuai rekomendari dokter karena dapat menyebabkan penurunan berat badan sehingga sangat tidak direkomendasikan bagi penderita alzheimer yang memiliki berat badan kurang.

• Galantamin

Galantamin merupakan obat untuk mengatasi gangguan berfikir dan kebigungan ringan hingga sedang pada penyakit alzheimer. Penggunaan galantamin harus diperhatikan dengan khusus dan baru bisa digunakan tujuh hari setelah penggunaan donepezil untuk memastikan hilangnya efek samping obat sebelumnya. Obat ini tidak menyembuhkan penyakit alzheimer namun dapat membantu meningkatkan kesadaran, memori, dan kemampuan fungsi tubuh sehari hari sehingga dapat menjadi salah satu obat dalam cara menyembuhkan penyakit saraf otak.

1. Obat untuk penyakit huntington

Baru baru ini ada satu obat yang mendapatkan ijin edar untuk mengatasi penyakit huntington yang merupakan salah satu jenis penyakit saraf otak akibat faktor genetik dan keturunan. Obat yang telah diklasifikasikan oleh FDA atau badan pengawas obat dan makanan di Amerika adalah tetrabenazine. Tetrabenazine mungkin cukup sulit ditemukan di Indonesia namun sudah banyak digunakan di beberapa belahan dunia seperti eropa, Australia, dan Amerika tentunya.

1. Obat untuk epilepsi

Kerusakan pada saraf di otak dapat disebabkan oleh beberapa kondisi yang salah satu penyebab penyakit saraf tersebut adalah karena epilepsi. Ada beberapa obat saraf otak di apotek yang dapat digunakan untuk mengatasi epilepsi sebagai penyebab kerusakan saraf diantaranya seperti :

• Obat anti kejang, obat anti kejang harus selalu disiapkan oleh para penderita epilepsi agar dapat menghindari kambuhnya penyakit epilepsi tersebut yang akan memperparah kondisi kerusakan otak. Contoh obat anti kejang atau anticonvulsan bagi penderita epilepsi diantaranya seperti gabapentin (merk dagang alpentin, nepatic, gabexal,), valproic acid (merk dagang depakene syrup), oxcarbazepin (merk dagang prolepsi)

• Antihistamin dan kortikosteroid seperti procelles syrup yang juga banyak diserepkan oleh dokter untuk mengatasi epilepsi. Pada procelles syrup terkandungan betametason yang merupakan kortikosteroid dan deksklorfeniramin maleat yang merupakan obat golongan antihistamin.
  1. Obat untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah

Jenis obat lain yang juga diperlukan dalam mengatasi masalah pada saraf otak adalah obat obatan yang digunakan untuk mengatasi penyumbatan pada pembuluh darah sebagai penyebab terhambatnya aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke otak. Contoh obat yang digunakan untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah ke otak diantaranya seperti :

• Clopidorel, merupakan obat anti platelet yang dapat mencegah terjadinya gumpalan darah akibat tombosit yang menempel satu sama lain.
  • Cilostazol, merupakan obat dengan nama merk pletaal yang termasuk dalam kategori obat antiplatelet dan vasodilator untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah.
  • Obat anti tekanan darah tinggi, jenis obat lainnya yang juga digunakan dalam mengatasi penyumbatan pembuluh darah adalah obat anti hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi perlu dicegah terjadi agar tidak menimbulkan kondisi pecahnya pembuluh darah yang dapat menyebabkan terjadinya stroke.

Itulah beberapa contoh jenis obat saraf otak di apotik yang perlu diperhatikan berdasarkan penyebab penyakit saraf pada otak. Contoh obat yang diberikan diatas merupakan bahan untuk menambah pengetahuan saja dan penggunaan obat tersebut tidaklah boleh digunakan sembarangan tanpa adanya rekomendasi dari dokter yang ditulis dalam resep obat. Pengobatan medis menggunakan obat obatan merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah sakit saraf otak. Selain obat diatas, beberapa obat lain juga dapat digunakan seperti obat anti nyeri, obat anti infeksi, maupun obat anti depresan. Konsumsi makanan untuk memperbaiki saraf otak akan membantu dalam proses penyembuhan penyakit tersebut.

Kategori : Pengobatan