Sponsors Link

Pandangan Berputar Tapi Tidak Pusing

Sponsors Link

Kepala merupakan organ tubuh yang paling penting perannya dalam kehidupan manusia. Disana terdapat berbagai macam bagian bagian kepala dan organ tubuh lain dengan fungsi yang sangat mendukung aktivitas manusia dalam kehidupannya. Organ penting tersebut seperti otak sebagai pusat sistem syarat yang mengatur aktivitas syaraf disemua bagian tubuh, berbagai macam indera mulai mata sebagai indera penglihatan, telinga sebagai indera pendengaran, hidung sebagai indera penciuman, lidah sebagai indera perasa, dan lain sebagainya.

ads

Dengan berbagai fungsi yang disebutkan diatas maka ketika mulai muncul berbagai macam masalah pada daerah kepala tentu dapat menyebabkan gangguan yang cukup singnifikan. Berbagai macam jenis sakit kepala dapat terjadi pada setiap orang dengan penyebab yang berbeda beda dan tentunya menghasilkan gejala yang berbeda pula. Jenis sakit kepala yang umum dan banyak diketahui diantaranya seperti sakit kepala cluster, sakit kepala karena penyakit tertentu, vertigo, migrain, sakit kepala karena kelelahan dan stres, serta berbagai macam jenis lainnya.

Diantara kondisi sakit kepala yang disebutkan diatas, ada beberapa keadaan yang tentu juga menjadi perhatian banyak orang dikarena kondisi tersebut dapat menimbulkan gangguan yang sangat nyata dalam setiap aktivitas harian. Salah satu keadaan yang dapat muncul tersebut adalah kondisi dimana seseorang mengalami pandangan berputar tapi tidak pusing. Berikut ini beberapa ulasan mengenai kondisi pandangan yang berputar namun tidak menyebabkan pusing tersebut dalam ulasan dibawah ini.

Penyebab Pandangan Berputar Tapi Tidak Pusing

Kondisi pandangan mata yang terasa beputar namun tidak menunjukan gejala sakit kepala atau pusing tentu perlu pemeriksaan medis lebih lanjut melalui proses anamnesis atau tanya jawab antara pasien dengan dokter serta berbagai bentuk cara diagnosis lainnya. Keadaan pandangan yang berputar tersebut kemungkinan dapat disebabkan oleh beberapa hal yang diantaranya sebagai berikut ini :

  • Vertigo

Vertigo merupakan gejala yang dapat menimbulkan sensasi bahwa dirinya atau lingkungan sekitar terasa berputar secara tiba tiba. Kondisi vertigo dapat terjadi dengan serangan yang bervariasi mulai dari ringan sampai berat dan bahkan membuat sesorang tidak dapat melakukan aktivitas apapun. Penyebab vertigo diantaranya seperti infeksi baik virus maupun bakteri, akibat penyakit tertentu, migrain, serta kondisi cedera atau trauma kepala yang pernah dialami sebelumnya.

  • Hipotensi Ortostatik

Penyebab kondisi seseorang mengalami pandangan yang berputar namun tidak pusing lainnya adalah keadaan yang disebut sebagai hipotensi ortostatik. Hipotensi ortostatik secara awam dapat dijelaskan sebagai sebuah kondisi penurunan tekanan darah akibat perubahan posisi dari yang awalnya duduk atau tidur menjadi berdiri. Kondisi penurunan tekanan darah ini juga seringkali disebut sebagai hipotensi postural. Hipotensi ortostatik dapat terjadi ketika muncul hambatan dalam pengaturan tubuh terhadap kondisi penurunan tekanan darah.

  • Anemia

Anemia juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya pandangan berputar pada seseorang baik disertai pusing maupun tidak. Anemia yang sering kali terjadi pada seseorang di masyarakat adalah anemia defisiensi besi. Anemia defisiensi besi tersebut terjadi akibat tubuh kekuran kandungan zat besi. Kondisi kekurangan besi yang terjadi pada seseorang dapat menyebabkan pembentukan hemoglobin terhambat sehingga fungsinya sebagai pengikat oksigen dalam darah tidak tercapai dan tentunya bagian kepala juga tidak mendapatkan pasokan oksigen yang normal. Kondisi anemia biasanya juga akan diikuti dengan keadaan kepala pusing saat melihat kebawah.

  • Hipoglikemi

Penyebab lain yang juga dapat menjadikan seseorang mengalami masalah pada pandangannya yang kabur dan berputar adalah keadaan yang disebut sebagai hipoglikemia. Hipoglikemi merupakan kondisi dimana jumlah gula di dalam darah lebih rendah dibandingkan dengan keadaan normalnya. Kondisi hiplogikemi dapat menyebabkan berbagai macam sel kekurangan gula sebagai sumber energi sehingga menjadikan tubuh tampak lebih lemas.

Cara Mengurangi Keluhan Pandangan Yang Beputar

Untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan tentu keadaan munculnya pandangan berputar tanpa pusing tersebut perlu diperhatikan dan menjadi bahan pembelajaran. Untuk dapat mengurangi keluhan yang muncul maka ada beberapa kegiatan yang dapat diikuti :

  1. Selalu perhatikan makanan yang dikonsumsi dan pilihlah menu makanan sehat dan sempurna.
  2. Ajari anak untuk memperhatikan kebersihannya dan selalu jaga kebersihan anak.
  3. Jangan berikan anak minuman maupun makanan yang mengandung kafein.
  4. Lakukan pola hidup sehat dan bebas dari rokok maupun narkoba.
  5. Kelola stres dengan baik dan banyak berolah raga.
  6. Hindari perubahan posisi yang terlalu cepat dari duduk atau tidur ke posisi berdiri.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab pandangan berputar tapi tidak pusing yang dapat diketahui dan diperhatikan. Melakukan pola hidup sehat dan tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu berbahaya serta kotor menjadi sebuah kunci untuk mencegah terjadinya kondisi yang tidak diinginkan tersebut. Jika memang keadaan pandangan yang beputar semakin parah dan menunjukan kondisi berbahaya lainnya maka membawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis dan diagnosisi medis yang tepat.

 

, , , , ,