Sponsors Link

Cara Pengobatan Kepala Terbentur untuk Anak

Sponsors Link

Anak-anak, terutama yang berada di usia bayi hingga 4 tahun memang sedang berada dalam usia dimana mereka bergerak cukup aktif. Dan karena inilah tak jarang anak bisa mengalami berbagai cedera yang bisa diakibatkan oleh jatuh saat berjalan, jatuh dari tempat tidur, terbentur meja, kejatuhan barang dan lainnya. Tentu saja ini membuat orang tua sangat khawatir mengingat kepala dan tengkorak pada anak-anak tentu belumlah sekuat orang dewasa.

ads

Saat kepala anak terbentur, anda jangan terburu buru merasakan panik dan khawatir. Tenang, cedera yang terjadi pada kepala balita dan bayi dapat sembuh dengan sendirinya tanpa menyebabkan permasalahan jangka panjang. Karena biasanya kasus benturan kepala yang dialami anak tidak bersifat serius. Luka yang dialami hanya terdapat pada kulit kepala maupun wajah.

Namun meskipun begitu, perlu anda ketahui jika kondisi kepala bayi masih lunak dan pada tahap perkembangan. Sehingga benturan sedikit saja memang dapat menyebabkan cedera yang berbahaya. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa penanganan dan obat kepala terbentur untuk anak.

Penanganan Cedera Luar

Ketika anak jatuh dan terbentur, maka hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua adalah memperhatikan kondisi kepala anak, apakah terdapat luka, memar, benjolan, atau tidak. Salah satu akibat benturan kepala sebelah kiri yang mungkin terjadi adalah terdapat cedera luar pada kepala anak. Dan jika ini terjadi pada anak, maka hal-hal di bawah ini dapat menjadi cara mengobati kepala anak yang mengalami luka ringan.

1. Berikan Minum Dan Biarkan Anak Tertidur

Ketika anak terkejut dan menahan rasa sakit, maka sebagai orang tua anda wajib untuk menenangkan anak. Jika masih bayi, anda dapat memberikannya susu atau air dewasa jika anak sudah lebih besar. Anak biasanya akan mudah mengantuk karena lelah menangis. Sehingga tak ada salahnya untuk mengajak anak tidur sehingga dia beristirahat. Namun tetap, anda harus memeriksa kondisinya beberapa menit sekali untuk memastikan jika anak memang tidur dengan nyaman. Jika anak kecil dipaksa untuk tetap terbangun meskipun sangat mengantuk, maka tak jarang ini akan membuatnya rewel dan sulit untuk diketahui kondisinya. Pastikan jika anak tidur nyeyak setelah terjatuh. Tidur nyenyak bisa membantu proses sel-sel di dalam tubuh yang sedang memperbaiki diri.

2. Kompres Dan Berikan Salep

Jika anak mengalami luka dan memar yang diakibatkan benturan tersebut, maka anda bisa segera memberikannya penanganan pertama. Menurut Dr. Bill Sears, yang meru[akan ahli kesehatan anak dari University of Toronto menjelaskan jika tengkorak kepala berfungsi sebagai pelindung bagian otak anak yang lunak. Tengkorak dilapisi dengan kulit kepala yang dipenuhi dengan pembuluh darah. Kebanyakan cedera pada anak biasanya tidak akan sampai gegar otak ringan. Karena benturan tersebut, melukai kepala entah itu memar, lecet maupun bejolan mengakibatkan pembuluh darah pecah.

Dan untuk obat alami menghilangkan benjolan di kepala ini anda bisa mencoba mengkompres kepala anak dengan menggunakan es batu yang dibalut dengan kain. Lakukan cara ini selama kurang lebih 20 menit. Ulangi langkah ini 3-4 jam sekali agar luka dan memar cepat sembuh. Namun jika luka yang diakibatkan hingga memar kebiruan, anda bisa memberikannya salep yang dapat membantu memecah kebekuan darah. Ada banyak salep untuk bayi yang bisa anda mudah temukan di apotek. Selain itu penggunaan salep ini juga akan mencegah terjadinya infeksi.

Jika terjadi lecet ataupun berdarah sedikit, anda bisa bersihkan dengan air dan kemudian keringkan menggunakan kain. Jangan lupa untuk menutup luka menggunakan plester ataupun kain lembut. Rutinlah mengganti plester sekaligus memeriksa jika luka pada kulit kepala sudah membaik atau semakin parah. Tak perlu menggunakan obat antiseptik. Memar, bejolan, maupun luka bisa hilang cepat dalam beberapa hari.

3. Berikan Obat Anti Nyeri

Terkadang anak-anak belum dapat menggambarkan tentang yang dirasakannya, apakah rasa sakit yang diakibatkan benturan tersebut ringan, sedang, ataupun parah. Namun jika anak merasa sangat kesakitan, anda bisa membantunya untuk mengurangi rasa sakit dengan cara memberikan obat analgesik (pereda nyeri), penurun demam, atau pencegah peradangan semisal parasetamol ataupun acetaminophen. Berikan obat tersebut sesuai dengan dosis untuk anak.

Sponsors Link

Penanganan Cedera Berat Atau Internal

Namun lain halnya jika anda menunjukkan tanda-tanda yang tidak biasa setelah mengalami jatuh atau terbentur. Bisa jadi ini cedera berat atau terdapat luka di dalam bahkan bisa menjadi penyebab kepala bayi lembek setelah jatuh. Segera bawa anak ke rumah sakit jika menunjukkan gejala-gejala di bawah ini:

  • Kehilangan kesadaran, jika anak tidak bernapas maka segeralah minta bantuan ke rumah sakit dan jangan lupa untuk memberikan nafas buatan kepada anak hingga bantuan tiba. Jika anda sedang sendiria, maka berikan nafas buatan selama 2 menit dan kemudian segera hubungi rumah sakit.
  • Terjadi pendarahan yang tidak dapat dihentikan baik menggunakan metode tekanan sekalipun. Segera hubungi bantuan karena bahaya pendarahan otak bisa sangat fatal
  • Tidak ada respon sama sekali. Saat anak bernafas namun tidak merespon maka sadarkan anak setelah terjatuh. Ataupun anda tidak dapat membangunkan anak setelah tertidur.
  • Mengalami kejang-kejang
  • Terdapat luka yang cukup serius dan jelas
  • Leher terasa kaku dan sakit
  • Pendarahan maupun keluarnya cairan bening yang berasal dari telinga, hidung, dan mulut
  • Mengalami gangguan penglihatan dan bicara
  • Lemah atau lumpuh, hilangnya keseimbangan

Segera bawa ke dokter atau rumah sakit jika anak mengalami gejala-gejala di atas. Meskipun kepala anak terbentur dan jatuh memang hal yang biasa, namun anda juga jangan menyepelekannya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan