Sponsors Link

9 Penyebab Penyakit Kepala Goyang Sendiri

Sponsors Link

Penyakit kepala goyang sendiri ini biasa dikenal dengan istilah medis Involunter atau ada juga yang menyebutnya dengan Essential Tremor. Yaitu suatu kondisi kepala bergerak sendiri tanpa bisa dikendalikan bergerak ke kanan-kiri atau atas-bawah. Dan penyakit kepala goyang sendiri ini, terjadi secara spontan saja tanpa disadari oleh penderitanya, dan ia biasa meningkat pada saat melakukan aktifitas fisik atau saat sedang stres.

ads

Peneliti menyatakan bahwa gerakan kepala goyang sendiri ini, karena adanya aktifitas saraf yang tidak normal di dalam otak yang memiliki fungsi mengatur semua aktifitas otot tubuh, yang disebut bagian otak talamus. Dan terdapat beberapa faktor yang berkaitan dengan penyakit kepala goyang sendiri, yaitu : alzheimer, parkinson, cedera kepala, stroke, tumor otak, gangguan tiroid, dan sifilis.

Penyebab penyakit kepala goyang sendiri

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya penyakit kepala goyang sendiri ini, diantaranya yaitu :

      1. Stres dan banyak pikiran

Seperti telah kita ketahui, bahwa pada saat stres tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol atau hormon yang memiliki sifat merusak jaringan atau organ tubuh. Sehingga hal ini mempengaruhi kerja saraf otak dan jaringan tubuh lainnya. Oleh karena itu dengan stres dapat merusak jaringan otak yang ada dalam tubuh, yang mana nantinya akan menimbulkan gangguan pada pada saraf otak sehingga dapat menimbulkan penyakit kepala goyang sendiri.

      2. Usia

Semakin bertambahnya usia, semakin lemah pula fungsi-fungsi pada jaringan saraf pada tubuh, serta otot-otot tubuh pun akan melemah semakin bertambahnya usia dan memasuki usia lanjut. Yaitu usia di atas 60 tahun, dimana kepala mulai bergoyang sendiri sebagai akibat dari melemahnya fungsi otak dan juga otot.

      3. Penyakit tremor

Melakukan olahraga berat atau mengangkat beban dan melakukan pekerjaan berat tanpa diawali dengan peregangan, akan membuat otot shock dan tegang. Sehingga nantinya akan menimbulkan rasa nyeri dan akhirnya timbullah gerakan – gerakan tak terkendali. Yang pada akhirnya akan menimbulkan penyakit kepala goyang sendiri.

      4. Kelelahan

Tubuh yang kelelahan nantinya akan berdampak pada tidak lancarnya aliran darah. Saat aliran darah mengalir tidak lancar, maka hal tersebut dapat membuat otot Anda mengalami kontraksi berulang atau gerakan berulang. Yang hal ini memicu timbulnya kepala goyang berulang kali.

      5. Tanda dan gejala parkinson

Parkinson ini merupakan penyakit yang biasa menyerang orang lanjut usia. Yaitu suatu kondisi dimana kekuatan serta fungsi saraf dan juga otot-otot tubuh menjadi semakin melemah. Sehingga membuat orang tersebut melemah daya ingatnya dan juga membuat kepala goyang sendiri. Dipercaya bahwa salah satu pemicu kepala goyang sendiri adalah kurangnya kalium dalam tubuh. Karena kalium ini mampu melancarkan aliran darah serta mencegah terjadinya ketegangan otot dan kepala bergoyang sendiri dan juga parkinson.

      6. Ketidakstabilan emosi

Pada seseorang yang memiliki kondisi emosi yang tidak stabil, akan membuat tekanan darah meningkat dan aliran darah mengalir tidak lancar, dengan kata lain dapat menghambat aliran darah. Pada kondisi seperti inilah, yang membuat otot-otot tubuh tertekan dan akan berakibat pada kepala goyang sendiri. Tidak hanya berakibat pada kepala goyng sendiri, namun juga akan mengakibatkan sakit kepala atau sebagai penyebab sakit kepala timbul.

      7. Konsumsi kafein berlebihan

Pasalnya kafein ini adalah zat yang mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh, namun jika dikonsumsi dalam batasan yang wajar. Karena jika kafein ini dikonsumsi secara berlebihan, akan menyebabkan terganggunya jaringan otot tubuh. Kafein dapat mengiritasi serabut otot dan menghalangi jalannya aliran darah yang ingin masuk ke jaringan otot halus. Kondisi inilah yang memicu terjadinya kepala goyang sendiri.

      8. Pergeseran tulang belakang

Suatu keadaan dimana tulang belakang mengalami pergeseran, dapat membuat timbulnya kondisi kepala goyang sendiri. Karena jika tulang belakang mengalami pergeseran, otomatis hal tersebut akan mempengaruhi fungsi dari tulang belakang itu sendiri, sehingga jika hal ini terjadi akan menyebabkan timbulnya kepala goyang sendiri.

      9. Cedera kepala

Cedera yang terjadi pada kepala akibat dari benturan keras atau sejenisnya, dapat membuat timbulnya cedera pada otot. Sedangkan pada otot yang cedera, akan mengalami gerakan kepala sendiri.

Itulah tadi beberapa penyebab penyakit kepala goyang sendiri. Semoga bermanfaat!

, ,