Sponsors Link

4 Penyebab Bisul di Kepala Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Bisul merupakan infeksi yang terjadi pada kulit, khususnya yang menyerang kelenjar minyak yang ada di bawah kulit atau folikel rambut. Awalnya bisul ini akan tampak seperti ruam yang berwarna kemerahan pada kulit dan sakit ketika disentuh. Lama kelamaan, kemerahan pada kulit tersebut akan berubah dan membentuk benjolan keras. Nantinya akan penuh terisi oleh nanah dan akan kembali lunak ketika disentuh. Bahkan benjolan tersebut juga bisa membesar seukuran bola ping pong.

ads

Bisul dapat muncul di bagian punggung atau badan, ketiak, leher, selangkangan, bokong, bahkan hingga kulit kepala. Bisul yang muncul di kulit kepala tentunya akan terasa sakit, dikarenakan daerah ini memiliki serabut syaraf yang cukup banyak sehingga sedikit saja peradangan akan sangat terasa. Tak heran sakit kepala yang berkepanjangan dan berpindah-pindah, maupun berpengaruh pada daya fokus seseorang.

Untuk itu bisul tentunya menjadi hal yang harus segera ditangani agar jangan sampai mengganggu aktivitas sehari harinya. Namun tentunya, anda harus mengetahui penyebab bisul di kepala orang dewasa terlebih dahulu dan kemudian menanganinya dengan cara yang tepat.

1. Infeksi Bakteri

Salah satu penyebab utama mengapa bisul dapat muncul di kulit kepala adalah karena bakteri Staphylococcus aureus yang biasanya hidup di kulit, tenggorakan, dan di dalam hidung. Perlu anda ketahui jika kulit menjadi organ yang cukup penting dalam sistem pertahanan kekebalan tubuh terhadap kuman dan benda asing yang bisa menyebabkan penyakit.

Karena itu lah, kulit yang rusak, seperti tertusuk, tergores dan lainnya bisa menjadi pintu masuk bagi bakteri yang dapat menginfeksi kulit di sekitarnya. Dan selain itu, pada beberapa kasus lainnya bisul juga dapat disebabkan karena infeksi yang berasal dari pertumbuhan rambut yang arahnya ke dalam. Kulit yang terinfeksi dapat mengacaukan sistem imun di dalam tubuh sehingga membuat luka menjadi bernanah.

2. Jenis Kulit Tertentu

Tak semua orang memiliki jenis kulit yang normal, beberapa diantaranya ada yang memiliki kulit yang rentan sekali terkena masalah kulit seperti bisul. Untuk itu lah, orang-orang yang terlahir dengan kondisi kulit seperti ini diharapkan dapat melakukan pengobatan pada tubuh, seperti pembersihan sistem pencernaan, pembersihan darah, dan tentunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mengkonsumsi Obat-Obat Tertentu

Siapapun dapat mengalami bisulan, namun jika kondisinya sedang mengalami penyakit tertentu maupun mengkonsumsi obat-obat tertentu yang dapat melemahkan daya tahan tubuh akan sangat rentan untuk terserang penyakit bisul. Misalnya saja seperti terkena penyakit gagal ginjal atau diabetes, kedua penyakit ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Ataupun jika orang tersebut memiliki kondisi dengan sistem kekebalan tubuh yang cukup lemah, maka juga rentan mengalami bisulan.

4. Stress

Tak hanya masalah pada kesehatan, namun penyebab bisul di kepala juga bisa terjadi dan dipicu akibat stress. Dan untuk penyebab yang satu ini tidak dapat diatasi sepenuhnya oleh dokter. Solusinya adalah kontrol stress yang ada di dalam diri anda sendiri, anda bisa mengurangi atau bahkan mengusir rasa stress tersebut sepenuhnya.

Cara Mengobati Bisul Di Kepala

Kebanyakan bisul, bahkan termasuk jenis bisul yang ada di kepala bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan apapun. Biasanya bisul dapat sembuh dalam waktu 1-2 minggu. Sehingga anda tak perlu khawatir jika mengalami bisul di kulit kepala. Hanya saja pada beberapa kasus, bisul tidak dapat hilang dengan sendirinya dan bahkan bisa memicu rasa sakit yang parah dan sangat membutuhkan penanganan dokter.

Untuk penanganan bisul, Dokter akan mungkin akan memutuskan menoreh serta mengeringkan bisul ataupun menusuknya menggunakan pisau bedah dan jarum steril. Namun tentu saja dengan bantuan anestesi lokal yang dapat meredamkan rasa sakit pada area tersebut sehingga prosedur yang dijalani tidak akan menyakitkan bagi pasien. Jangan sesekali mencoba untuk memecahkan bisul tersebut sendiri, jika sampai ditangani dengan cara yang salah malah akan menyebabkan infeksi semakin memburuk. Dan tentu saja, penanganan yang salah bisa menyebabkan sakit yang dirasa semakin banyak dan akan semakin bengkak juga.

Pada beberapa kondisi seperti bisul sangat besar dan menyakitkan, memiliki beberapa bisul, maupun harus disayat dan didrainase, mungkin dokter akan memberikan resep antibiotik agar dapat membantu mengobati infeksi. Dan jika dokter sudah meresepkan antibiotik, maka sudah sewajibnya jika anda meminum obat secara teratur sampai habis, meskipun bisul yang dialami sudah sembuh total sebelum obat habis diminum.

Sponsors Link

Tips Menangani Rasa Sakit Bisul Di Kepala

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bisul bisa sembuh dengan sendirinya namun jangan sampai anda memecahkannya. Namun jika rasa sakit yang dialami cukup menganggu, anda bisa melakukan tips di bawah ini untuk sedikit mengurasi rasa sakit akibat peyebab bisul di kepala.

1. Kompres Menggunakan Air Hangat

Cara ini sangat efektif bagi anda untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan bisul di kepala serta mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan sebagai obat alami menghilangkan benjolan di kepala. Bisul yang muncul di kepala  memang dapat hilang dan sembuh dengan sendirinya saat aliran darah yang menuju ke daerah tersebut dapat diperbanyak.

Di dalam darah mengandung berbagai sel dan zat-zat kekebalan tubuh lainnya yang dapat membantu membasmi bakteri yang menjadi penyebab bisul di kepala. Meskipun sistem daya tahan tubuh pun akan mengarahkan aliran darah menuju tempat bisul, namun agar kerjanya lebih maksimal bisa dilakukan dengan mengkompres air hangat.

  • Gunakan handuk atau kain lap dan rendam ke dalam air panas
  • Setelah itu peras kain dan kompres di atas bisul
  • Tahan selama beberapa waktu dan kemudian panasi lagi kain saat sudah terasa dingin
  • Lakukan hal ini berulang kali kurang lebih selama 20 menit

Alternatif lainnya bisa menggunakan plastik yang sudah diisi dengan air hangat dan kemudian tempelkan pada area yang terdapat bisul. Cara ini sebenarnya sangat ampuh bagi bisul yang baru muncul agar cepat kempes dan untuk yang terlanjur besar bisa matang lebih cepat. Lakukan kompres air hangat 2-3 kali sehari dalam jangka waktu 2 hari.

2. Cuci Menggunakan Sabun Antibakteri

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah mencuci area bisul menggunakan sabun antibakteri. Saat bisul mulai mengering, cuci dengan menggunakan sabun antibakteri hingga semua nanah habis terkuras. Setelah itu lap dengan menggunakan alkohol. Anda bisa mengoleskan salep antibiotik dan menutup luka menggunakan perban. Lakukan cara ini rutin 2-3 kali sehari agar membantu mempercepat penyembuhan bisul di kulit kepala.

Nah itu tadi penyebab bisul di kepala orang dewasa serta cara untuk mengatasi permasalahan ini dengan cepat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

, , ,